Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Wisata Jogja Viral TikTok 2024 yang Populer dan Hits

Banyak spot Instagramable

Nafi' Khoiriyah

Wisata di Jogja seolah tiada habisnya. Sebab, ada banyak sekali destinasi yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, mulai dari wisata yang ada di dalam Kota Jogja hingga di kawasan sekitarnya. 

Salah satu platform yang selalu update tentang wisata yang keren di Jogja antara lain adalah TikTok. Tak heran jika ada banyak wisata Jogja viral TikTok yang menarik untuk dikunjungi. 

Untuk menjawab rasa penasaranmu, kunjungi deretan wisata Jogja yang populer di TikTok berikut ini, ya. 

1. Tamansari

wikipedia.org

Wisata Jogja viral TikTok yang pertama adalah Tamansari. Lokasinya tak jauh dari pusat Kota Jogja, yakni berada di kawasan keraton. Tamansari sebenarnya merupakan situs bekas istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang dibangun pada masa Sultan Hamengku Buwono I.  

Saat berkunjung ke Tamansari, kamu akan melihat bangunan dengan gaya arsitektur Jawa dan Portugis yang megah. Bangunan yang tinggi seperti kolam dibangun khusus digunakan oleh Sultan dan keluarganya untuk mandi. Bukan sekadar taman yang indah saja, tetapi kawasan ini juga digunakan untuk tempat perlindungan.

Lokasi Tamansari: Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, DIY 55133. 

2. Malioboro

terasmalioboro.jogjaprov.go.id

Belum lengkap rasanya berlibur ke Jogja tanpa berkunjung ke Malioboro. Malioboro sebenarnya merupakan nama salah satu jalan di pusat kota Jogja yang menjadi kawasan wisata. 

Di sepanjang jalan Malioboro, wisatawan akan melihat banyaknya pedagang kaki lima dan penjaja kuliner yang ramai pembeli. Berbagai suvenir dan pakaian khas Jogja pun bisa ditemukan di toko yang ada di sekitar Jalan Malioboro. 

Lokasi Malioboro: Jl. Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

3. Gamplong Studio Alam

wonderfulimages.kemenparekraf.go.id

Wisata Jogja viral TikTok selanjutnya ini cukup jauh jaraknya dari pusat Kota Jogja. Namun, Gamplong Studio Alam tak boleh dilewatkan jika kamu ingin berburu foto estetik dengan suasana khas Jogja zaman dulu. 

Gamplong Studio Alam sebenarnya merupakan tempat pengambilan gambar untuk beberapa film milik sutradara Hanung Bramantyo. Namun setelah film selesai, set itu kemudian diberikan kepada bupati Sleman untuk dijadikan tempat wisata baru. 

Lokasi Gamplong Studio Alam: Gamplong 1, Dukuh, Sumberrahayu, Kec. Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55563. 

4. Heha Ocean View

instagram.com/hehaoceanview

Berlokasi di tepi tebing dengan pemandangan laut lepas menjadi daya tarik utama dari Heha Ocean View. Di sini, pengunjung bisa berfoto di banyak spot yang tersedia. 

Selain itu, kamu juga bisa bersantai sambil menikmati penampilan live music dan pemandangan pantai yang indah. Angin sepoi-sepoi pantai pun akan dirasakan saat berkunjung ke destinasi satu ini. 

Lokasi Heha Ocean View: Bolang, Girikarto, Panggang, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872. 

5. Jiwa Jawi

instagram.com/jiwajawijogja

Jiwa Jawi merupakan wisata Jogja viral TikTok untuk para pencinta kuliner. Tempat ini merupakan restoran yang memiliki keunikan tersendiri daripada kebanyakan restoran lainnya. Sebab, Jiwa Jawi berada di tengah hutan dengan suasana yang rimbun. 

Selain suasananya yang menenangkan, Jiwa Jawi juga menyajikan berbagai hidangan yang lezat dan unik. Banyak menu baik makanan atau minuman khas jogja yang akan kamu temukan di sini. 

Lokasi Jiwa Jawi:  Jl. Tugu Gentong Jl. Fasco Village, Salakan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184. 

6. Alun-Alun Kidul

visitingjogja.jogjaprov.go.id

Alun-Alun Kidul di malam hari menjadi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sebenarnya, Alun-Alun Kidul merupakan tanah lapang yang luas dengan ciri khas dua beringin di tengahnya. 

Saat malam hari, di sekeliling Alun-Alun Kidul ada banyak penjaja makanan yang bisa dipilih. Selain itu, wisatawan biasanya juga tertarik untuk mencoba berjalan di antara dua beringin dengan penutup mata atau disebut Masangin. 

Lokasi Alun-Alun Kidul: Patehan, Kraton, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55133. 

7. Pasar Prawirotaman

pariwisata.jogjakota.go.id

Kalau kamu ingin berwisata di satu kawasan, Prawirotaman adalah tujuan yang tepat. Ada berbagai tempat yang bisa dikunjungi di kawasan Prawirotaman, salah satunya adalah Pasar Prawirotaman.

Wisata Jogja viral TikTok ini mulanya merupakan sebuah pasar tradisional yang legendaris. Namun, kini bangunannya sudah direnovasi lebih modern dengan banyak kuliner menarik di dalamnya.

Lokasi Pasar Prawirotaman: Jl. Parangtritis No.103, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153. 

8. Gumuk Pasir Parangtritis

visitingjogja.jogjaprov.go.id

Di kawasan Pantai Parangtritis, ada Gumuk Pasir yang merupakan salah satu destinasi wisata unik di Jogja. Kawasan ini juga menjadi salah satu world heritage karena merupakan salah satu fenomena alam yang jarang terjadi. 

Pengunjung bisa bermain pasir maupun sekadar mengabadikan foto di Gumuk Pasir Parangtritis. Tak jarang, banyak pula orang yang menjadikan Gumuk Pasir sebagai lokasi prewedding maupun foto-foto lainnya.

Lokasi Gumuk Pasir Parangtritis: Jl. Gumuk Pasir, Depok, Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772. 

9. Museum Sonobudoyo

kebudayaan.jogjakota.go.id

Bagi pencinta sejarah, Museum Sonobudoyo menjadi wisata Jogja viral TikTok yang tak boleh dilewatkan. Museum ini menyimpan koleksi arkeologi, filologi, hingga seni rupa yang menarik untuk dijelajahi. 

Bukan hanya itu saja, Museum Sonobudoyo juga kerap menyelenggarakan pertunjukan seperti Pertunjukan Wayang Digital maupun Pagelaran Wayang Kulit di waktu-waktu tertentu.

Lokasi Museum Sonobudoyo: Jl. Pangurakan No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122.

10. Kotagede

wikipedia.org

Destinasi terakhir adalah Kotagede yang merupakan kawasan kota lama bekas ibukota Kerajaan Mataram Islam. Kawasan ini tentunya memiliki banyak peninggalan sejarah dan arsitektur bangunan yang menarik. 

Pengunjung bisa mengunjungi Masjid Besar Mataram yang tampak seperti lingkungan keraton. Selain itu, ada pula makam raja-raja Mataram dan kawasan sentra kerajinan perak. Tak ketinggalan, kamu juga bisa berkunjung ke Pasar Legi untuk mencari kuliner khasnya. 

Lokasi Kotagede: Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55173. 

Kumpulan wisata Jogja viral TikTok di atas memang benar-benar menawarkan wisata yang keren dan Instagramable. Namun, kamu perlu memperhatikan jaraknya satu sama lain supaya tidak terlalu jauh ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Travel