Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Wisata Alam Posong: Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tariknya

Pemandangannya indah

Nafi' Khoiriyah

Tak banyak yang tahu kalau di Jawa Tengah ada wisata alam yang indah di bawah lereng gunung bernama Wisata Alam Posong. Tempat ini menjadi destinasi favorit para wisatawan yang ingin berburu sunset dan sunrise

Lokasinya yang berada di ketinggian juga membuat udara di kawasan Wisata Alam Posong sangat menyejukkan. Sebelum berkunjung bersama keluarga atau sahabat, simak dulu informasi mengenai Wisata Alam Posong di bawah ini. 

1. Lokasi dan rute menuju Wisata Alam Posong

instagram.com/tamanwisata_posong

Wisata Alam Posong berlokasi di Jalan Posong, Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Jika kamu berangkat dari Jogja, maka waktu tempuh untuk sampai di destinasi ini kurang lebih 3 jam. 

Adapun rute menuju Wisata Alam Posong jika dari pusat Kota Temanggung bisa mengarahkan kendaraan ke jalan raya menuju Wonosobo. Wisata Alam Posong akan berada di sisi kanan setelah jembatan Sigandul. 

Namun jika berangkat dari arah Wonosobo, maka Wisata Alam Posong akan berada di sebelah kiri setelah SPBU Kledung. Di sekitar Wisata Alam Posong sudah ada papan petunjuk yang mengarahkan wisatawan ke lokasi wisata sehingga bisa diikuti. 

2. Harga tiket dan jam buka Wisata Alam Posong

instagram.com/tamanwisata_posong

Memasuki Wisata Alam Posong, wisatawan perlu membayar HTM seharga Rp20 ribu per orang. Sementara untuk parkir motor akan dikenai biaya Rp5 ribu dan mobil Rp10 ribu. Pengunjung juga bisa menggunakan transportasi perjalanan naik yang disediakan dengan membayar Rp15 ribu sampai Rp20 ribu. 

Dikarenakan lokasinya yang menjadi tempat berburu sunrise, Wisata Alam Posong buka sangat pagi mulai dari pukul 04.00 - 16.00 WIB. Jadi, kamu bisa memilih untuk berangkat pagi supaya mendapatkan pemandangan yang lebih memukau. 

3. Daya tarik Wisata Alam Posong

instagram.com/tamanwisata_posong

Dengan harga tiket masuk yang masih terjangkau, pengunjung ditawarkan berbagai daya tarik wisata yang menarik. Berikut ini adalah beberapa di antara daya tarik Wisata Alam Posong. 

1. Golden sunrise

Kawasan Posong memang menjadi lokasi terbaik di Temanggung untuk melihat terbitnya matahari atau sunrise. Pesona golden sunrise dengan latar belakang tujuh puncak gunung bisa kamu lihat saat berada di Wisata Alam Posong.

Tujuh gunung tersebut antara lain adalah Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Andong, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran, dan Gunung Lawu. 

2. Pemandangan perkebunan kopi dan tembakau

Lokasi Wisata Alam Posong juga berada di tengah hamparan hijau tembakau dan kopi yang begitu luas. Jadi, pengunjung bisa berfoto dan mengabadikan pemandangan hijau perkebunan tersebut sebagai latarnya. 

3. Posong Camp Site 

Areanya yang sejuk dan nyaman membuat Wisata Alam Posong cocok digunakan sebagai area perkemahan. Pengunjung bisa membawa tenda sendiri maupun menyewa tenda di lokasi jika ingin merasakan keseruannya. 

4. Wahana rekreasi

Jika berkunjung ke Wisata Alam Posong bersama anak, jangan khawatir karena ada wahana rekreasi yang akan menghibur mereka. Wahana tersebut antara lain ada outbound, flying fox, dan paintball yang bisa memacu adrenalin sambil menikmati keindahan alam sekitar Wisata Alam Posong. 

5. Spot foto

Sambil menikmati keindahan alam di Wisata Alam Posong, jangan lupa untuk mengabadikan foto di spot selfie yang tersedia. Ada spot foto berlatar belakang Gunung Sumbing, papan kayu Posong, hingga spot foto berlatar Gunung Sindoro. 

4. Fasilitas di Wisata Alam Posong

instagram.com/tamanwisata_posong

Terakhir, Wisata Alam Posong sudah menyediakan beragam fasilitas yang akan membuat pengunjung merasa nyaman. Fasilitas yang tersedia itu antara lain: 

  • Toilet bersih dan terawat 
  • Tempat parkir yang luas 
  • Musala untuk ibadah 
  • Warung makan yang lengkap 
  • Area berkemah yang luas.

Itu dia informasi lengkap tentang Wisata Alam Posong yang perlu kamu tahu. Jadi, kapan kamu akan berkunjung ke destinasi menarik satu ini, Bela? 

IDN Channels

Latest from Travel