Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tips Menikmati Liburan saat Musim Panas agar Fresh dan Seru

Tetap menyenangkan

Nafi' Khoiriyah

Musim panas menjadi waktu yang tepat untuk berlibur. Cuacanya yang mendukung akan membuat siapa saja bisa menikmati liburan tanpa takut tiba-tiba cuaca buruk karena hujan. Namun, tantangannya adalah suhu panas yang terkadang cukup ekstrem. 

Kalau kamu mengkhawatirkan hal yang sama, maka ada 5 tips menikmati liburan saat musim panas yang bisa diterapkan. Tips berikut ini bisa membuatmu tetap fresh dan senang meski cuaca panas sekalipun.

1. Periksa cuaca di tempat tujuan

pexels.com/Kaique Rocha

Kalau kamu berencana untuk berkunjung ke luar pulau atau negara, pastikan tempat tujuanmu itu juga memiliki cuaca yang sama. Sebab, ada beberapa wilayah yang tetap dingin meski saat musim panas, dan ada pula wilayah yang hampir setiap harinya diguyur hujan. 

Dengan memeriksa cuaca di tempat tujuan, maka kamu bisa menentukan pakaian yang cocok untuk digunakan hingga menyediakan alat perlindungan seperti payung. Jikalau tempat tujuan itu berpotensi hujan, maka pemilihan lokasi wisata juga perlu diperhatikan. 

2. Kemas barang dengan lebih ringkas

pexels.com/Ketut Subiyanto

Tips menikmati liburan saat musim panas selanjutnya adalah dengan mengemas barang secara lebih ringkas. Pertimbangkan apabila tempat tujuanmu berpotensi untuk hujan sehingga barang bisa dikemas lebih ringkas saja. 

Sementara jika kamu akan melakukan perjalanan darat dengan mobil, maka sesuaikan barang bawaan dengan ukuran bagasi. Hal ini akan membuat perjalanan liburanmu juga lebih tertata daripada membawa barang terlalu banyak tanpa mengetahui fungsinya. 

3. Minum air yang cukup

freepik.com/pvproductions

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi adalah satu hal yang sangat penting saat kamu akan mengadakan liburan musim panas. Sebab, ada bulan-bulan tertentu yang memiliki musim panas sangat terik sehingga bisa menguras energimu. 

Meminum banyak air bukan hanya bisa melepas dahaga saja, tetapi juga bisa mengatur suhu tubuh dan membuatmu lebih berenergi. Namun, hindari minuman manis karena justru akan membuatmu makin kehausan. 

4. Lindungi kulit dari sinar matahari

freepik.com/freepik

Banyak orang yang masih menyepelekan perlindungan kulit di saat terpapar sinar matahari. Mereka menganggap sinar matahari sangat menyenangkan dan bisa meningkatkan vitamin D. Padahal, sinar matahari yang sangat terik bisa meningkatkan risiko kanker kulit dan banyak penyakit lainnya. 

Nah, tips menikmati liburan saat musim panas yang selanjutnya adalah dengan melindungi kulit dari sinar matahari. Cara yang bisa dilakukan antara lain adalah menggunakan sunscreen, menggunakan pelindung seperti topi, hingga kaca mata hitam. 

5. Beristirahat dan bersantai

freepik.com/freepik

Meskipun kamu sudah merencanakan untuk melakukan berbagai aktivitas di hari-hari musim panas, tetapi beristirahat dan bersantai juga tak kalah pentingnya. Kamu bisa meluangkan waktu untuk melepas lelah dan mengisi tenga dengan beristirahat dan bersantai. 

Temukan tempat istirahat dan bersantai yang nyaman, seperti di tepi kolam renang, di tempat tidur, maupun di pinggir pantai. Di sana, kamu bisa mendengarkan musik, membaca buku, atau bermeditasi untuk mengurangi stres supaya liburan tidak terasa terlalu melelahkan. 

Beberapa tips menikmati liburan saat musim panas di atas akan membuatmu lebih enjoy saat berwisata. Cuaca panas pun bukan menjadi halangan karena persiapan di atas sudah dilakukan.

Selamat berlibur ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Travel