Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

De Djawatan Forest Banyuwangi: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket

Suasananya asri

Nafi' Khoiriyah

Akhir-akhir ini, banyak pengguna media sosial yang mengunggah keindahan wisata De Djawatan Forest yang berada di Banyuwangi. Pasalnya, hutan tersebut disebut mirip dengan Hutan Fangorn dalam film Lord of The Rings. 

Di kawasan ini terdapat jajaran pohon yang membuat pemandangannya jadi sangat indah. Banyak orang yang berkunjung untuk sekadar mengabadikan foto maupun piknik di tempat ini. 

Kalau kamu penasaran dengan destinasi satu ini, simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Lokasi dan rute menuju De Djawatan Forest

instagram.com/uniqbeauties

De Djawatan Forest memang memiliki pesona pepohonan trembesi yang kokoh berdiri. Jika kamu ingin melihatnya langsung, maka datanglah ke lokasinya yang beralamat di Purwosari, Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Letaknya berada sekitar 31 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi. Kamu perlu menempuh perjalanan ke arah selatan Banyuwangi. Mulai dari Jalan Banyuwangi - Jember, arahkan kendaraan lurus sampai ke pertigaan Benculuk. 

Setelah itu, belok kanan sampai ke kawasan Kantoe Jawatan Perhutani. Kemudian, belok kanan lagi dan ikuti jalan sampai ke De Djawatan Forest di sebelah kiri jalan. 

2. Harga tiket masuk dan jam buka De Djawatan Forest

instagram.com/dedjawatanforest

Tempat wisata De Djawatan Forest ini sudah dibuka menjadi tempat wisata sejak 2018 lalu. Mereka buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Jadi, kamu bisa berkunjung kapan saja, baik weekday maupun weekend. 

Adapun harga tiket masuknya masih sangat terjangkau, yakni Rp7.500 per orang. Namun jika kamu menggunakan motor, maka akan dikenai biaya parkir sebesar Rp2.000. Sedangkan untuk wisatawan yang menggunakan mobil akan dikenai biaya parkir Rp5.000. 

3. Daya tarik De Djawatan Forest

instagram.com/ekoyulist

Seperti yang kamu lihat, daya tarik utama dari De Djawatan Forest tentu saja adalah pemandangan yang sangat magis dari pepohonan besar dan tinggi di sekelilingnya. Pohon tersebut banyak yang sudah berusia ratusan tahun namun masih berdiri dengan pesonanya yang memukau. 

Totalnya ada sekitar 800-an pohon yang usianya mencapai sekitar 100-150 tahun. Rata-rata pohon tersebut berukuran mencapai 400-500 cm dengan diameter sampai 2 meter. Semuanya tersebar di area hutan yang memiliki luas kurang lebih 9 hektare. 

Bukan hanya pemandangan pohon saja, ada berbagai aktivitas lainnya yang bisa dilakukan para wisatawan di De Djawatan Forest. Banyak dari mereka yang menikmati pemandangan di sana dengan piknik maupun bermain wahana ATV.

Ada pula wahana lain yang bisa dicoba oleh pengunjung, seperti body rafting hingga menaiki delman. Untuk mencoba wahana tersebut, kamu akan dikenai biaya tambahan sejumlah tertentu. Lokasinya juga cocok sebagai area prewedding untukmu yang berencana menikah. 

4. Fasilitas di De Djawatan Forest

instagram.com/tom_juenemann

Terakhir, jangan khawatir jika akan menghabiskan waktu di De Djawatan Forest. Sebab, ada fasilitas yang cukup lengkap.

Fasilitas tersebut antara lain adalah: 

  • Tempat parkir 
  • Kamar mandi 
  • Musala 
  • Lapak kuliner 
  • Warung makan 
  • Spot foto yang bermacam-macam.

Kamu bisa mengajak keluarga untuk berwisata ke tempat ini kalau ingin mengalihkan pikiran sejenak dari hiruk pikuk kota. 

Demikian informasi tentang De Djawatan Forest yang menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa sakadar mengabadikan foto maupun melihat keindahan hutan yang sangat ikonik.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk berkunjung, Bela? 

IDN Channels

Latest from Travel