Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Rekomendasi Tempat Wisata Pekanbaru: Jelajahi Keindahan Alam

Wisata Pekanbaru yang pemandangan alam jadi juaranya

Nabila Damaan

Sebagai salah satu kota terbesar di Sumatra, Pekanbaru tidak hanya menjadi pusat bisnis, tetapi juga menyimpan beragam destinasi wisata yang menarik. Selain sebagai daerah penghasil kelapa sawit, Pekanbaru bukan hanya dapat menyuguhkan panorama alam yang memikat, melainkan juga budaya lokal yang begitu kental.

Buat kamu yang tertarik berwisata di kota Pekanbaru, simak 10 tempat wisata di Pekanbaru di bawah ini dulu, yuk!

1. Candi Muara Takus

instagram.com/ssc_riau

Tempat wisata di Pekanbaru yang pertama adalah bagi para pencinta sejarah dan budaya. Candi Muara Takus merupakan destinasi wajib kunjung di Pekanbaru. Sebagai candi Buddha tertua di Sumatra, candi ini merupakan bukti kejayaan Kerajaan Sriwijaya di masa lampau. Keunikan Candi Muara Takus terletak pada arsitekturnya yang memadukan unsur Hindu dan Buddha, serta penggunaan batu bata, batu sungai, dan batu pasir yang memberikan nuansa khas pada candi ini.

Di kawasan candi, wisatawan dapat menjelajahi berbagai peninggalan sejarah seperti arca Buddha, prasasti, dan struktur bangunan candi yang masih kokoh berdiri. Selain itu, wisatawan juga dapat mengikuti ritual keagamaan yang masih berlangsung, seperti puja bakti dan perayaan Waisak. Untuk yang ingin bersantai, kawasan Candi Muara Takus dikelilingi oleh hutan tropis yang rindang, ideal untuk berjalan kaki, bersepeda, atau piknik di area taman.

Alamat: Muara Takus, XIII Koto Kampar, Kampar Regency, Riau 28453

Jam operasional:

Senin-Sabtu: 08.00 WIB - 18.00 WIB
Minggu: 08.00 WIB - 17.00 WIB

Harga tiket:

  • Pengunjung Dewasa: Rp15.000
  • Pengunjung Anak-anak: Rp10.000

2. Bukit Kapur Air Hitam

instagram.com/robby_zulian

Bukit Kapur Air Hitam adalah bekas lokasi tambang yang kini beralih fungsi menjadi tempat wisata yang populer di Pekanbaru. Pengunjung akan disuguhi pemandangan perbukitan kapur yang cantik dan instagrammable, mirip dengan versi mini dari Grand Canyon. Dengan pemandangan yang indah dan variasi tinggi bukit kapur, tempat ini menawarkan banyak spot foto menarik untuk diunggah ke media sosial.

Meskipun namanya Air Hitam, bukit ini tidak memiliki air berwarna hitam. Nama tersebut berasal dari lokasinya yang berada di wilayah Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau. Bukit Kapur Air Hitam kini menjadi daya tarik wisatawan yang ingin mendapatkan foto estetik di salah satu destinasi wisata populer di Pekanbaru.

Lokasi: Jl. Jala Utama, Karya Indah, Kec. Tapung, Kabupaten Kampar, Riau 28291

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp15.000

3. Rainbow Hills Rumbai

instagram.com/henryliams/

Rainbow Hills adalah salah satu tempat wisata tersembunyi di Pekanbaru yang belum banyak diketahui orang. Bukit dengan tanah warna-warni ini menawarkan pemandangan menawan, terutama saat dipadukan dengan langit biru di siang hari, menciptakan suasana yang sangat estetik. Terletak sekitar 10 km dari pusat kota Pekanbaru, Rainbow Hills Rumbai atau yang juga dikenal sebagai Bukit Pelangi, menjadi destinasi menarik yang wajib dikunjungi.

Tempat wisata ini pertama kali populer berkat seorang traveler terkenal, Marischka Prudence. Salah satu keunikan Rainbow Hills adalah warnanya yang berubah-ubah seiring waktu, menjadikannya spot foto yang menarik dan selalu berbeda di setiap kunjungan.

Lokasi: Jl. Kemping, Lembah Sari, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau

Jam operasional: 07.00 – 18.00 WIB

Harga tiket: Rp5.000

4. Masjid Agung An-Nur

instagram.com/a.juno_/

Rekomendasi tempat wisata  Pekanbaru berikutnya adalah tempat ibadah, Bela. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, Masjid Agung An-Nur juga populer sebagai objek wisata religi di Pekanbaru karena arsitekturnya yang memukau. Masjid ini menggabungkan gaya arsitektur Melayu, Turki, Arab, dan India, sehingga dikenal sebagai Taj Mahal-nya Pekanbaru.

Pada malam hari, keindahan Masjid Agung An-Nur semakin terpancar dengan lampu warna-warni yang dipantulkan dari kolam di sekitarnya. Sebagai salah satu masjid terbesar di Sumatra, masjid ini tidak hanya menjadi pusat keagamaan di Pekanbaru, tetapi juga tempat yang ideal untuk wisata religi dan bersantai di taman yang luas dan indah.

Lokasi: Jl. Hangtuah Ujung, Sumahilang, Pekanbaru

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Gratis

5. Taman Wisata Alam Mayang

instagram.com/mounsou

Alam Mayang adalah destinasi wisata di Pekanbaru berupa taman bermain yang terletak di ruang terbuka hijau, menciptakan suasana yang segar dan asri. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan seru seperti outbound, flying fox, banana boat, serta kolam pancing, menjadikannya tempat yang ideal untuk rekreasi keluarga.

Lokasi:  Jl. H. Imam Munandar, Taman Alam Mayang, Tengkerang Tim., Tenayan Raya, Kota Pekanbaru

Jam operasional: 07.00-18.00 WIB (setiap hari)

Harga tiket: Rp20.000/orang

6. Air Terjun Batang Kapas

instagram.com/sevenskyoutdoor/

Buat kamu yang lagi cari wisata air dengan pemandangan tebing di Pekanbaru, kamu bisa mengunjungi air terjun batang kapas. Merupakan hulu dari sungai Kapas, letaknya lumayan jauh dari pemukiman warga sehingga suasana yang temaram akan membuat kamu merasa lebih nyaman dan rileks.

Lokasi: Batu Sasak, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Gratis

7. Riau Fantasi

instagram.com/brosispku

Tempat wisata di Pekanbaru satu ini cocok untuk anak-anak. Riau Fantasi adalah taman bermain air terbesar di Pekanbaru. Dengan berbagai wahana air yang seru dan kolam renang yang luas, tempat ini menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang ingin bersenang-senang dan menghabiskan hari yang menyenangkan.

Bukan hanya area basah, lahan seluas 6,5 hektare tersebut juga memiliki area bermain kering, lho. Jadi selain bermain air di berbagai jenis kolam, pengunjung juga bisa menikmati bermacam-macam wahana yang menguji adrenalin, seperti kora-kora, dan lain sebagainya. 

Lokasi: Jl. Labersa , Simpang Tiga Bukit Raya , Kota Pekanbaru, Riau Indonesia

Jam operasional: 09.00-18.00 WIB (setiap hari)

Harga tiket: Rp60.000 (Senin-Jumat), Rp70.000 (Sabtu, Minggu)

8. Anjungan Seni Idrus Tintin

instagram.com/agusliem30

Anjungan Seni Idrus Tintin adalah sebuah gedung teater yang megah dan menjadi ikon seni dan budaya di Pekanbaru. Bangunannya yang unik dengan arsitektur khas Melayu Riau ini sering digunakan untuk pertunjukan seni, pameran, dan acara budaya lainnya. Cocok untuk menjadi salah satiu destinasi wisata ketika di Pekanbaru.

Lokasi: Kompleks Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai), Pekanbaru

Jam operasional: 09.00-17.00

Harga tiket: Gratis

9. Kawah Biru

instagram.com/cdhan007/

Kawah Biru di Pekanbaru adalah fenomena alam menakjubkan yang wajib masuk dalam daftar kunjungan tempat wisata Pekanbaru. Meskipun bukan merupakan kawah vulkanik sejati, tetapi fenomena alam ini menarik perhatian banyak wisatawan karena keindahan dan warna airnya yang biru yang sangat indah.

Warna air biru yang indah pada objek wisata Pekanbaru ini disebabkan oleh galian pasir berwarna putih bening sehingga warna air terlihat jelas berwarna biru.

Lokasi: Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Gratis

10. Dekranasda

Wildan Maulana

Setelah puas berwisata alam, Pekanbaru juga menyediakan tempat bagi para pelancong untuk mencari buah tangan, nih. Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda,  merupakan tempat untuk membeli berbagai macam buah tangan khas Pekanbaru. 

Kamu bisa menemukan bermacam kain, mulai dari songket, batik tenun, serta berbagai macam kerajinan tangan berbahan dasar kayu. 

Lokasi: Jl. Sisingamangaraja, Sekip, LimaPuluh, Kota Pekanbaru, Riau 28114

Jam operasional: 08.00 - 16.00 WIB (Senin-Jumat)

Harga tiket: Gratis

Dari 10 Rekomendasi tempat wisata Pekanbaru di atas, mana yang paling tidak sabar kamu kunjungi, Bela?

IDN Channels

Latest from Travel