Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Restoran Indonesia yang Populer di Korea Selatan, Ada yang Viral!

Dikunjungi YouTuber sampai diliput TV Korea, penasaran?

Mariana Politton

Menikmati makanan khas Korea Selatan di Indonesia sudah cukup lumrah, bukan? Namun, pengalaman yang berbeda akan kamu rasakan jika mengunjungi restoran Indonesia dan mencicipi makanan tradisional khas Tanah Air di Korea Selatan. 

Tunggu, tunggu. Kamu mungkin bertanya, "Memangnya ada restoran Indonesia yang berkembang di Korea Selatan?" Kabar baiknya, sudah ada restoran-restoran Indonesia yang berkembang dan bahkan diminati oleh penduduk lokal maupun para turis dari berbagai negara.

Berikut beberapa restoran Indonesia di Korean Selatan yang dimaksud. Salah satunya sempat viral dan dikunjungi oleh YouTuber papan atas, lho, dan ada juga restoran Indonesia yang berhasil diliput oleh salah satu stasiun TV di Korea Selatan. Ingin tahu lebih lanjut?

1. Halo Indonesia

rumahberita.id

Alamat: 16 Hongik-ro 5an-gil, Mapo-gu, Seoul, Korea Selatan

Menyambut semua orang untuk mencicipi cita rasa Indonesia, Halo Indonesia menyajikan makanan tradisional, seperti nasi goreng, nasi ayam penyet, pempek kapal selam, gado-gado, dan lain-lain. Semuanya disajikan dengan menarik dan tentu saja memiliki rasa yang lezat.

food.detik.com

Dalam kunjungannya ke tempat ini, Jang Hansol, sosok di balik YouTube Korea Reomit yang memiliki banyak subscribers asal Indonesia, memberikan penilaian positif. Selain kelezatan makanannya, tetapi juga desain rumah makan yang nyaman, cozy, dan strategis.

Tidak heran, restoran Halo Indonesia cukup populer dan viral di media sosial. Dalam video vlog milik Jang Hansol, Ferry selaku pemilik Halo Indonesia mengungkapkan bahwa dirinya tidak menyangka usaha makanannya akan ramai dan bermaksud menambah cabang lagi.

2. Bali Bistro

koreanlife101.wordpress.com

Alamat: 31-74, Nogosan-dong, Mapo-gu, Seoul 121-806 Korea Selatan

Didirikan oleh Lee Gi-dong, orang Korea yang lahir dan besar di Bandung serta dikenal dengan nama Jaka, Bali Bistro menawarkan cita rasa makanan Indonesia yang paling digemari, seperti nasi goreng, sate, bakmi goreng, ayam sambal hijau, dan masih banyak lagi.

Masing-masing hidangan menawarkan kualitas rasa terbaik sehingga layak dihargai dengan harga yang relatif mahal, berkisar antara KRW7.000-KRW26.000 atau sekitar Rp82.000-Rp306.000. Dengan harga tersebut, banyak pengunjung dari Korea Selatan tetap mencicipi makanan di restoran ini.

Dari sinilah, Bali Bistro memperoleh kesempatan untuk tampil di salah satu acara stasiun TV Korea SBS, yaitu 백종원의 3대 천왕 atau Baek Jong Won’s Top 3 Chef King. Melalui acara ini, Bali Bistro menyoroti pengetahuan seputar makanan dan unsur budaya yang terkandung.

3. Warung Makan Borobudur

tituchio.wordpress.com

Alamat: 60-19 Gasan-dong, Geumcheon District, Seoul, Korea Selatan

Selain Bali, Candi Borobudur adalah salah satu destinasi wisata yang terkenal secara global. Mungkin inilah yang menginspirasi sebuah rumah makan untuk menggunakan nama Warung Makan Borobudur dalam menyajikan makanan Indonesia, seperti sate, pecel, dan lain-lain.

Diketahui restoran ini menawarkan harga makanan berkisar antara KRW6.000-KRW13.000 atau sekitar Rp70.800-Rp153.400. Dengan kisaran harga tersebut, para pengunjung dapat menikmati beberapa fasilitas, termasuk musholla dan TV siaran langsung dari Indonesia.

YouTube.com/@JonJonTV_kor

Respon positif pun datang dari kunjungan warga Korea Selatan maupun pelancong dari Indonesia. Namun, sebagian besar pengunjung adalah mahasiswa dan pekerja yang datang untuk sekadar mengobati rasa rindu mereka terhadap makanan Indonesia.

Lim Jong Sun, sosok dibalik akun YouTube JonJonTV di Korea Selatan, sempat mengunjungi Warung Makan Borobudur dan menikmati pengalamannya menikmati makanan khas Tanah Air di restoran ini. Sungguh hal yang menakjubkan, bukan?

4. Rindu Kampoeng

kumparan.com

Alamat: 532-2 Gwaebeop-dong, Sasang-gu, Busan, Korea Selatan

Rindu untuk kembali ke kampung halaman di Tanah Air dapat terobati dengan mengunjungi restoran Rindu Kampoeng di Busan. Pasalnya, rumah makan ini menawarkan menu asli Indonesia, seperti nasi goreng, ayam gurame, bakso, gulai, hingga pecel lele yang nikmat.

Tak hanya itu, Rindu Kampoeng juga menyajikan menu minuman khas Indonesia yang paling digemari, seperti es teh, wedang jahe, dan STMJ (Susu Telur Madu Jahe). Diharapkan menu-menu ini dapat memancarkan pesona budaya Indonesia yang autentik dan istimewa.

Harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau, berkisar antara KRW5.000-KRW15.000 atau sekitar Rp59.000-Rp177.000. Dengan rentang harga tersebut, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas, seperti permainan biliar, siaran TV langsung dari Indonesia, tempat karaoke, dan lain-lain.

Tidak berhenti di situ, Rindu Kampoeng terletak di bangunan yang berada di atas supermarket internasional, New World Mart. Dengan begitu, pengunjung dapat mencicipi makanan Indonesia, lalu belanja produk-produk dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

5. Bakso Rindu Kampung

id.foursquare.com

Alamat: 9, Bogwang-ro 59-gil, Seoul, Korea Selatan

Sesuai namanya, Bakso Rindu Kampung menyediakan makanan utama berupa bakso yang rasanya tidak kalah dari bakso yang dijual di Indonesia. Selain bakso, tersedia juga beberapa menu makanan khas Indonesia lainnya, seperti ayam geprek, sop iga, tongseng, dan lain-lain.

Semuanya disajikan dengan kisaran harga antara KRW10.000-KRW17.000 atau sekitar Rp118.000-Rp200.600. Meskipun tergolong cukup mahal, kualitas rasa yang akan dinikmati sebanding dengan harga tersebut, terlebih lagi tempatnya cenderung bagus dan nyaman.

6. Siti Sarah

tripadvisor.co.id

Alamat: 7, Usadan-ro 10-gil, Yongsan-gu, Seoul 04405 Korea Selatan

Dari namanya, restoran Siti Sarah jelas menawarkan pengalaman makanan tradisional khas Indonesia-Melayu, seperti rendang, nasi goreng, ikan asam manis, dan lain-lain. Selain itu, restoran ini juga menyajikan makanan kebanggaan Timur Tengah yang tidak kalah lezat.

Kisaran harga yang ditawarkan mencapai KRW8.000-KRW25.000 atau setara dengan Rp94.400 hingga Rp295.000. Memang terbilang mahal, tetapi para pengunjung akan menikmati setiap kelezatan makanan dan pengalaman berkunjung yang ramah khas Asia Tenggara.

Itulah mengapa, restoran ini selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang di Korea Selatan, termasuk orang-orang Indonesia dan Asia Tenggara lainnya. Banyak artis juga sering mengunjungi restoran ini untuk mencicipi makanan khas Indonesia-Melayu di Korea Selatan.

Kamu pasti juga ingin mengunjungi restoran ini atau restoran-restoran Indonesia lainnya di Korea Selatan, bukan? Kami doakan impianmu untuk berlibur ke Korea Selatan pun dapat tercapai di waktu yang tepat, Bela!

IDN Channels

Latest from Travel