Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pantai Bias Tugel: Daya Tarik, Aktivitas, dan Panduan Operasional

Di sini terdapat fenomena alam memukau

Mariana Politton

Bali memang pulau yang menyimpan sejuta pesona keindahan laut. Salah satunya terdapat di Pantai Bias Tugel, sebuah destinasi wisata yang memadukan panorama laut dengan hamparan pasir putih.

Di sini, para pengunjung akan merasakan nuansa menyegarkan sekaligus berkesempatan melakukan berbagai kegiatan menarik. Ingin tahu kegiatan apa saja yang dimaksud? Dan, kamu pasti penasaran juga dengan daya tarik yang paling menonjol di tempat ini, bukan?

Kalau begitu, mari kita jelajahi informasi lengkap mengenai Pantai Bias Tugel di bawah ini!

Panduan operasional di Pantai Bias Tugel

salsawisata.com

Pantai Bias Tugel berada di Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Bali. Lokasinya cukup jauh dari keramaian pusat wisata dan berjarak sekitar 57 kilometer dari Bandara Ngurah Rai. Meski begitu, lokasinya, tetap mudah untuk dijangkau.

Apabila menggunakan kendaraan bermotor, waktu tempuh akan mencapai sekitar 1,5 jam dari Bandara Ngurah Rai dengan mengambil rute menuju Pelabuhan Padang Bai. 

Dari sana, pengunjung masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 500 meter untuk mencapai pantai. Perlu diingat, rute jalan menuju pantai cukup terjal dan berbatu sehingga dibutuhkan kondisi yang prima dan penuh hati-hati.

Sesampainya di lokasi, perjalanan tersebut akan terbayar dengan menikmati pemandangan alam yang memesona. Pengunjung pun dapat merasakan pengalaman ini dengan jam operasional 24 jam setiap hari dan tiket masuk sebesar Rp5.000 saja.

Daya tarik Pantai Bias Tugel

Pesona alam yang memukau menjadi daya tarik utama dari Pantai Bias Tugel. Tak hanya memperbincangkan panorama langit dan laut yang indah, Pantai Bias Tugel juga menawarkan fenomena alam yang hampir eksklusif atau hanya ditemukan di surga kecil ini.

1. Hamparan pasir putih

baligram.me

Melansir dari tourism.karangasemkab.go.id, Pantai Bias Tugel juga dikenal dengan nama White Sand Beach. Istilah ini muncul karena hamparan pasir putihnya yang disebut-sebut berwarna paling cerah di Bali meskipun luas areanya tidak cukup besar.

Hamparan pasir putih ini menciptakan kontras yang indah dengan warna biru pada air laut, sehingga menambah kesan eksotis yang memukau. Tak hanya itu, keindahan pasir putih yang lembut juga menjadikan pantai ini sempurna untuk bersantai atau berjemur.

2. Fenomena water blow

punapibali.com

Pantai Bias Tugel memiliki ciri khas alam yang hampir eksklusif ditemukan di tempat ini, yaitu fenomena water blow. Fenomena alam ini adalah kejadian alam di mana ombak besar membentur batu karang dan menyembur tinggi ke udara.

Dari fenomena alam inilah, tercipta pemandangan spektakuler yang tidak biasa dan sangat memukau. Banyak pengunjung yang datang untuk menangkap momen ini dalam foto mereka dengan menjadikannya sebagai latar belakang yang instagrammable.

3. Laut bening dan laguna kecil

liburku.com

Pesona laut yang memukau di Pantai Bias Tugel muncul dari kejernihan air lautnya yang sering kali memperlihatkan keindahan bawah laut pada kedalaman tertentu. Hal tersebut  tentu berkat cahaya langit memberikan refleksi sempurna.

getlost.id

Tidak hanya itu, Pantai Bias Tugel juga menyajikan sebuah laguna kecil yang terletak di sisi kiri pantai. Airnya yang sama bening dan menyegarkan menjadikan laguna ini layaknya sebuah kolam alami yang terbentuk di tepi pantai dan dipisahkan oleh batu karang.

4. Dikelilingi pohon rindang

beachsearcher.com

Seolah tersembunyi sebagai surga kecil, Pantai Bias Tugel dikelilingi oleh barisan pohon rindang yang asri. Pohon-pohon ini tidak hanya memberikan teduh, tetapi juga menciptakan atmosfer alami yang sejuk, menenangkan, dan memberi pesona tersendiri yang menawan.

Ditambah dengan suara gemercik air dan semilir angin melalui dedaunan hijau, para pengunjung akan merasakan nuansa berbeda, jauh dari kepenatan suasana kota. Tempat ini pun tidak hanya memanjakan mata, tetapi juga jiwa yang merindukan kedamaian alam.

Kegiatan dan tips wisata

id.pinterest.com

Bersantai, berjemur, dan menikmati pesona alam di Pantai Bias Tugel adalah kegiatan yang sangat menenangkan. Di samping itu, terdapat beberapa kegiatan menarik lainnya yang bisa dicoba, seperti snorkeling, scuba diving, dan tentunya berenang. 

Namun, khusus kegiatan berenang, pengunjung diharapkan tidak melakukannya saat air laut pasang karena berpotensi terjadi insiden, seperti terbawa ombak. Peringatan penting ini juga berlaku untuk kegiatan berendam atau berenang di area laguna di sisi kiri pantai.

Beberapa tips tambahan yang dapat diterapkan adalah membawa baju ganti, mengaplikasikan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari, dan mematuhi protokol kesehatan maupun keamanan yang berlaku di Pantai Bias Tugel.

Kami harap kamu dapat segera menikmati pengalaman wisata di Pantai Bias Tugel dengan lancar dan menyenangkan. Itulah mengapa, pastikan kamu mematuhi peraturan yang berlaku dan menjaga kebersihan lingkungan di Pantai Bias Tugel, ya.

IDN Channels

Latest from Travel