Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Menuju Kota Jakarta Global, Apa Itu dan Bagaimana Perubahannya?

Jakarta bukan lagi ibu kota Indonesia, apa yang terjadi?

Mariana Politton

Berbicara tentang Jakarta, kota ini sering kali diasosiasikan dengan hal-hal berkaitan dengan pembangunan, modernisasi, dan berbagai pusat penting di Indonesia, termasuk pusat ekonomi, pemerintahan, peradaban modern, dan kota cerdas yang adaptif.

Namun, status Ibu Kota Negara adalah kedudukan yang paling melekat sehingga membuahkan pertanyaan mengenai nasib Kota Jakarta setelah melepaskan status tersebut berdasarkan pengesahan UU No. 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Melansir dari portal resmi Provinsi DKI Jakarta, masa depan Kota Jakarta akan mengarah pada pembangunan sebagai kota berskala global. Untuk itu, direncanakan sebuah transformasi dengan visi jangka panjang agar dapat mencapai tujuan tersebut.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai maksud dari konsep "kota berskala global" dan posisi Jakarta di antara kota-kota lain di dunia? Dan, penasaran juga dengan upaya transformasi yang akan dilakukan untuk mewujudkan rencana ini, bukan?

Pengertian kota global

sewa-apartemen.net

Salah satu definisi kota berskala global adalah kota yang memainkan peran penting dalam mengintegrasikan ekonomi transnasional. Sebagai hasilnya, kota ini mampu menarik modal, barang, sumber daya manusia, gagasan, dan informasi dari seluruh dunia.

Bagi Kota Jakarta sendiri, kedudukannya menuju kota global akan diiringi dengan mempertahankan modernitas Jakarta sebagai kota cerdas. Hal ini sesuai dengan visi pembangun yang dicetuskan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Bunyinya, “Provinsi Daerah Khusus Jakarta sebagai Pusat Perekonomian Nasional dan Kota Global, berfungsi sebagai pusat perdagangan, pusat kegiatan layanan jasa dan layanan keuangan, serta kegiatan bisnis nasional dan global.”

Persaingan internasional

kompas.com

Banyak kota di dunia terlibat dalam persaingan untuk menjadi yang terbaik dalam berbagai aspek, serta berkembang menjadi pusat kemajuan dan peradaban global yang lebih lanjut. Keberhasilan mereka tercermin dalam berbagai indikator resmi kota global.

Salah satu contohnya adalah dalam kerangka akademik, di mana beberapa lembaga penelitian mengembangkan indikator berskala global seperti The Globalization and World Cities Research Network (GaWC), Global City Index (GCI), Cities in Motion Index, dan lain-lain.

Mengenai posisi Kota Jakarta, kedudukannya dalam berbagai indeks global masih menempati posisi menengah. Hal ini menunjukkan bahwa ada beberapa tantangan yang perlu diatasi dan upaya pembangunan yang perlu dilakukan secara lebih intensif.

Upaya transformasi

constructionplusasia.com

Mewujudkan Kota Jakarta sebagai kota global adalah langkah konkret untuk memperbaiki kualitas hidup penduduknya. Dalam upaya ini, transformasi perlu dilakukan dalam berbagai aspek yang menyentuh kehidupan masyarakat dan ketersediaan fasilitas perkotaan Jakarta.

Beberapa poin penting dalam pembangunan Jakarta sebagai kota berskala global meliputi:

  • Kelayakan huni: memperhatikan aspek perumahan dan kesehatan penduduk.
  • Lingkungan: meningkatkan fasilitas pengolahan sampah, sanitasi, dan pengelolaan air limbah.
  • Aksesibilitas: mengembangkan transportasi umum dan infrastruktur jalan yang memadai.

Diharapkan setiap upayai di atas tidak hanya meningkatkan posisi Jakarta dalam indeks global yang ada, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan penduduk lokal. Jadi, apakah kamu siap menyambut Kota Jakarta menuju kota berskala global yang cerdas dan adaptif, Bela?

IDN Channels

Latest from Travel