Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Tempat Wisata Keluarga di Penang, Malaysia yang Wajib Dikunjungi

Ada museum yang bersifat interaktif juga, lho!

Mariana Politton

Berkunjung ke negeri tetangga Malaysia akan terasa sempurna dengan mengunjungi kota Penang yang terkenal dengan destinasi wisata ramah keluarga. Mulai dari atraksi budaya hingga taman rekreasi yang seru, semuanya akan menambah keceriaan momen liburanmu. 

Ingin tahu tempat-tempat wisata apa saja yang dimaksud? Dan, apa saja daya tarik utama dari masing-masing tempat wisata bernuansa keluarga di kota Penang, Malaysia?

1. Bukit Penang

cj.my

Tempat wisata keluarga di Penang yang pertama adalah Bukit Penang. Sesuai namanya, Bukit Penang atau Penang Hill adalah destinasi wisata yang menghadirkan pemandangan perbukitan asri khas Penang. Serunya, kamu dan keluargamu dapat menikmati pemandangan tersebut dengan menaiki kereta kabel yang bergerak ke arah puncak bukit setinggi 830 meter. 

Sesampainya di puncak bukit, udara sejuk akan menyambutmu bersama pemandangan kota George Town secara keseluruhan, daratan, dan Jembatan Penang yang membentang kuat. Sebagai pemanis, berbagai atraksi turut hadir untuk menambah keceriaan momen liburan.

Lokasi: George Town

2. Bukit Mertajam Recreational Forest

nickchan.net

Dikenal juga sebagai Bukit Mertajam Hill, Bukit Mertajam Recreational Forest adalah destinasi wisata seluas sekitar 37 hektar yang terletak di area perbukitan. Tempat ini merupakan hutan rekreasi yang menawarkan berbagai pesona alam yang membuat mata terpesona seketika.

Menariknya, para pengunjung dapat menikmati beragam aktivitas menarik, mulai dari yang menantang hingga yang lebih ringan. Apabila membawa anak, Taman Rimba di kawasan ini menawarkan area piknik dengan fasilitas permainan anak yang ramah keluarga.

Lokasi: 14000 Bukit Mertajam, Penang, Malaysia

3. Entopia by Penang Butterfly Farm

entopia.com

Sejak dibuka pada Maret 1986, Entopia by Penang Butterfly Farm sudah ditasbihkan sebagai tempat wisata keluarga di Penang. Tempat ini dikenal sebagai peternakan kupu-kupu yang didirikan oleh pakar serangga David Goh. Tempat ini pun berkembang menjadi destinasi wisata yang turut mengedukasi mengenai dunia kupu-kupu dan serangga. 

Diketahui, terdapat lebih dari 4.000 kupu-kupu berwarna-warni dari 120 spesies di Entopia by Penang Butterfly Farm. Tak hanya itu, tempat ini juga menampung berbagai jenis serangga dan reptil serta lebih dari 300 spesies tanaman yang mempesona untuk disaksikan.

Lokasi:  830, Jalan Teluk Bahang, Teluk Bahang, 11050 Tanjung Bungah, Pulau Pinang, Malaysia

4. Penang Bird Park

mypenang.gov.my

Didirikan pada 1988, Penang Bird Park telah berkembang menjadi taman burung tertua dan terbesar di Malaysia. Tempat wisata ini menampung lebih dari 13.000 burung dari 350 spesies yang berasal dari seluruh dunia di lahan seluas 12 hektar.

Pengalaman luar biasa pun akan dirasakan oleh para pengunjung karena mereka dapat mengamati berbagai jenis burung yang indah dan eksotis dari dekat. Mereka dapat menjelajahi jalan-jalan yang dikelilingi oleh taman hijau yang rimbun dan terawat. Cocok untuk tempat wisata keluarga, bukan?

Lokasi: Jalan Todak Seberang Jaya, 13700 Perai, Penang, Malaysia

5. Escape Adventure Park

tripadvisor.com.sg

Tempat wisata keluarga di Penang berikutnya ditujukan untuk yang suka petualangan. Escape Adventure Park dapat menjadi jawaban yang menawarkan berbagai aktivitas menyenangkan melalui wahana-wahana seperti panjat tebing, zip-lining, dan lain-lain.

Menariknya, Escape Adventure Park dikelilingi oleh pemandangan hijau yang menakjubkan, sehingga kamu dan keluarga dapat menjelajahi petualangan seru tersebut sambil menikmati pesona alam asri khas Penang, tentu dengan pengawasan keamanan yang dibutuhkan.

Lokasi: 828, Jalan Teluk Bahang, Teluk Bahang, 11050 Tanjung Bungah, Pulau Pinang, Malaysia

6. The Adventure Zone

gopenang.my

Masih dari arena petualangan, ada juga The Adventure Zone, yang terletak di antara Golden Sands Resort dan Rasa Sayang. Tempat ini merupakan taman bermain indoor yang buka dari pukul 10.00 hingga 19.00.

Di sini, tersedia berbagai fasilitas permainan anak, seperti area bermain petak umpet yang bisa dinikmati oleh orang dewasa dan anak-anak kecil. Beberapa wahana seru lainnya juga dapat dinikmati bersama, tetapi semua aktivitas memerlukan penggunaan kaus kaki.

Lokasi: Jalan Batu Ferringhi, Kampung Tanjung Huma, 11100 Batu Ferringhi, Pulau Pinang, Malaysia

7. Made in Penang Interactive Museum

aathaar.net

Untuk wisata edukatif bagi keluarga di Penang, Made in Penang Interactive Museum menawarkan pengalaman yang berbeda dengan mengajak pengunjung tidak sekadar mengamati objek sejarah, tetapi juga menikmati karya seni tiga dimensi.

penangtrickart.com

Pengunjung juga diperbolehkan untuk berfoto dengan latar belakang ilusi optik dan mural 3D yang tampak hidup sehingga menciptakan kenangan yang berkesan. Tidak ketinggalan, tokoh-tokoh miniatur hadir untuk menggambarkan aspek-aspek budaya yang khas.

Lokasi: 10, Lebuh Penang, George Town, 10200 George Town, Pulau Pinang, Malaysia

8. The Toy Museum Heritage Garden

tripadvisor.com

Tidak hanya diperuntukkan bagi anak-anak, The Toy Museum Heritage Garden juga mengundang para pengunjung dewasa untuk menyaksikan lebih dari 120.000 koleksi mainan, termasuk boneka, dinosaurus, dan karakter terkenal dari film, komik, serta video game.

Setiap koleksi menonjolkan keunikannya masing-masing, baik dari segi ukuran maupun ciri khasnya. Khusus ukuran mainan, pengunjung dapat menemukan mainan dari miniatur hingga ukuran manusia dewasa yang menjadikan tempat ini semakin mengesankan.

Lokasi: Jalan Teluk Bahang, Teluk Bahang, 11050 George Town, Pulau Pinang, Malaysia

Itulah 8 tempat wisata keluarga di Penang, yang wajib dikunjungi jika kamu berencana liburan ke Malaysia. Manakah yang menarik perhatianmu?

IDN Channels

Latest from Travel