Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Lagi Hits, Pesona Alam Terbaik

Banyak tempat wisata yang memancarkan pesona alam terbaik

Mariana Politton

Ada begitu banyak pilihan tempat wisata di Banyuwangi yang lagi hits maupun menjadi tujuan wajib kalau ke kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini. Banyuwangi menyuguhkan keindahan alam yang seakan menggemakan ungkapan "yang terbaik berada di akhir." Selain itu, posisinya yang berbatasan langsung dengan Selat Bali menambah keunikan lanskap alamnya. 

Mulai dari ragam pilihan pantai yang memadukan pesona laut dan langit terbaik hingga destinasi rindang yang menawarkan kesejukan terbaik, Banyuwangi sangat cocok untuk kamu yang ingin merasakan pengalaman liburan yang menyatu dengan alam.

Ingin tahu tempat-tempat wisata apa saja yang ada di Banyuwangi, khususnya destinasi yang tengah hits dan viral sehingga sayang untuk dilewatkan?

1. Kawah Ijen

inilah.com

Tempat wisata di Banyuwangi yang lagi hits pertama, berada di Gunung Ijen dengan ketinggian 2.386 di atas permukaan laut (mdpl). Kawah Ijen menawarkan panorama kawah berwarna hijau yang sangat epik sesuai namanya. Selain itu, destinasi wisata ini juga memamerkan pertambangan belerang yang ikonik.

Sebagai pelengkap, sebuah fenomena unik pun dapat ditemukan di sini, yaitu pemandangan api biru atau blue fire. Diketahui fenomena ini merupakan hasil dari terbakarnya gas sulfur yang muncul dari retakan Gunung Api Ijen dengan temperatur mencapai 600 derajat Celsius.

Fakta menarik: Fenomena api biru di Kawah Ijen adalah yang terbesar di dunia.

Lokasi: Perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso

2. Bukit Sewu Sambang

faktawajib.my.id

Deretan perbukitan hijau di Bukit Sewu Sambang akan menghadirkan pesona alam Banyuwangi dengan suasana yang menenangkan. Bagaimana tidak, pemandangan alam Banyuwangi dapat disaksikan dari atas perbukitan dengan kelembutan udara yang sejuk.

Sebagai rekomendasi, berkemah untuk menyaksikan matahari terbit akan menjadi pengalaman terbaik saat mengunjungi Bukit Sewu Sambang. Hal ini juga berlaku bagi para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan matahari terbenam dari atas perbukitan.

Fakta menarik: Bukit Sewu Sambang berada cukup dekat dengan pusat kota Banyuwangi.

Lokasi: Lingkungan Papring, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi

3. Taman Nasional Baluran

klook.com

Menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Banyuwangi, Taman Nasional Baluran bukan hanya menjadi tempat wisata di Banyuwangi yang hits, namun juga wajib untuk dikunjungi. Hal ini karena Baluran menyajikan pemandangan alam khas savana Afrika namun di Jawa Timur. Dengan hamparan tanah hijau, taman ini menjadi rumah bagi berbagai satwa liar, termasuk rusa-rusa.

Para pengunjung juga dapat berfoto dengan lanskap yang magis di Savana Bekol hingga mampir ke Pantai Bama yang lokasinya cukup dekat dengan Taman Nasional Baluran. Tidak heran, lokasi Taman Nasional Baluran memang strategis, bahkan dekat dengan pusat kota.

Fakta menarik: Taman Nasional Baluran pernah menjadi salah satu lokasi syuting untuk video klip Raisa berjudul Jatuh Hati (2015).

Lokasi: Jalan Raya Banyuwangi-Situbondo Km. 35 Wonorejo, Banyuputih-Situbondo

4. De Djawatan

artik.id

Bermula sebagai kawasan hutan lindung milik Jawatan Perhutani, De Djawatan menjadi area dengan pesona alam yang memikat. Pasalnya, area ini menghadirkan setidaknya 50 pohon trembesi yang besar dan berbentuk unik, serta ditata dengan indah oleh pihak pemerintah Banyuwangi.

Dengan hutan trembesi yang tertata lebih rapi inilah, De Djawatan berhasil menarik perhatian para wisatawan yang mendambakan lanskap alam Indonesia. Sebagai sambutan hangat, beberapa fasilitas wisata yang memadai telah disediakan, termasuk tempat ibadah.

Fakta menarik: De Djawatan juga dijuluki sebagai hutan "The Lord of the Rings" karena tampak mirip dengan hutan di film populer tersebut.

Lokasi: Purwosari, Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi

5. Taman Sritanjung

cityawesome.com

Tempat wisata di Banyuwangi yang lagi hits berikutnya, berada tidak jauh dari pusat kota Banyuwangi. Taman Blambangan menampilkan pesona hijau dari pepohonan serta berbagai fasilitas pendukung, seperti air mancur, lampu penerang, dan trek maupun area bersantai untuk pengunjung menikmati kegiatan mereka.

Selain itu, Taman Blambangan juga dilengkapi dengan sebuah panggung kecil atau amphitheatre berukuran mini di tengah area taman. Tempat ini memberikan akses bagi masyarakat lokal dan pengunjung untuk menikmati pertunjukan seni khas Banyuwangi.

Fakta menarik: Taman Sritanjung terletak tidak jauh dari Taman Blambangan, yang merupakan bagian dari alun-alun kota Banyuwangi.

Lokasi: Kepatihan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi

6. Pulau Tabuhan

ksmtour.com

Beralih ke wisata air, Pulau Tabuhan juga masuk ke daftar tempat wisata di Banyuwangi yang lagi hits. Berada di bagian utara Selat Bali, Pulau Tabuhan adalah pulau kecil yang terletak di luar Pulau Jawa, tetapi masih masuk dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi. Pulau ini menyuguhkan keindahan alam, sepertihamparan pasir putih yang bersih dan air laut biru yang jernih.

Tidak berhenti di situ, Pulau Tabuhan juga menawarkan pengalaman liburan yang berbeda dan nyaris hanya ditemukan di tempat ini. Hal ini terbukti dari kecepatan angin di sekitar pulau yang mencapai antara 20-25 knot, angka ideal untuk kegiatan kiteboarding di lokasi.

Fakta menarik: Pulau Tabuhan adalah pulau tak berpenghuni.

Lokasi: Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi

7. Pantai Pulau Merah

salsawisata.com

Dari banyaknya pantai yang memikat di Banyuwangi, Pantai Pulau Merah adalah salah satu yang cukup populer. Beberapa alasannya termasuk lokasi pantai yang strategis, keberadaan sebuah "pulau" kecil dengan bukit tinggi, dan keindahan tanah berwarna merah di sekitarnya.

Tanah berwarna merah jelas menjadi daya tarik utama yang turut memberi nama Pantai Pulau Merah. Kamu pun dapat membayangkan keelokan pemandangan alam saat langit berubah menjadi jingga kala matahari mulai terbenam di Pantai Pulau Merah.

Fakta menarik: Ombak di Pantai Pulau Merah relatif aman untuk peselancar pemula.

Lokasi: Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi

8. Teluk Hijau

selingkarwilis.com

Daftar tempat wisata di Banyuwangi yang lagi hits terakhir, adalah Teluk Hijau. Berada di dalam area Taman Nasional Meru Betiri, Teluk Hijau adalah sebuah teluk yang memancarkan keindahan air berwarna hijau turquoise, dengan hamparan pasir putih yang lembut dan area hijau yang mengelilingi.

Menariknya, lokasi yang berdekatan dengan Taman Nasional Meru Betiri memungkinkan sekelompok monyet mengunjungi Teluk Hijau. Dengan begitu, pengalaman berlibur akan terasa menyatu dengan alam, tetapi penting untuk menjaga keamanan bawaan.

Fakta menarik: Para pengunjung dilarang untuk berenang karena kedalaman airnya dan lokasinya yang berhadapan dengan Samudera Hindia dan Pantai Selantan; menyebabkan ombak besar yang berpotensi berbahaya bagi para pengunjung.

Lokasi: Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi

Sekarang, kamu pasti ingin langsung mengunjungi Banyuwangi dan merasakan pengalaman liburan terbaik di tempat-tempat wisata yang telah disebutkan di atas, bukan? Ingat, bangun perencanaan liburan yang matang terlebih dahulu agar berjalan lancar, oke?

IDN Channels

Latest from Travel