Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Destinasi Wisata Kalimantan Selatan, Ada Pasar Terapung!

Festival kerap diselenggarakan di pasar terapung, penasaran?

Mariana Politton

Provinsi Kalimantan Selatan menawarkan berbagai destinasi wisata menarik untuk dijelajahi. Mulai dari pegunungan hijau hingga perairan yang jernih, pesona alam Kalimantan Selatan seolah mengundang para pelancong untuk menikmati keasriannya yang khas.

Di samping itu, kekayaan budaya lokal juga menjadi daya tarik istimewa di berbagai lokasi yang memungkinkan terjadinya interaksi dengan penduduk setempat. Di sinilah, para pengunjung dapat merasakan suasana ramah tamah yang membuat kunjungan berkesan.

Membaca ini, kamu pasti merasa tertarik untuk segera menjelajahi Kalimantan Selatan, bukan? Namun, apakah kamu sudah tahu destinasi wisata mana saja yang paling direkomendasikan di Kalimantan Selatan? Dan, apa saja daya tarik utamanya?

1. Taman Hutan Rakyat Sultan Adam

pojokbanua.com

Dikenal juga dengan sebutan Tahura Mandiangin, Taman Hutan Rakyat Sultan Adam menawarkan pengalaman wisata di dataran tinggi seluas 112.000 hektare, dengan cukup 200 hektare area yang sejauh ini dapat dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. 

Dalam area tersebut, pengunjung dapat menikmati keindahan lanskap alam yang mempesona, termasuk aliran sungai jernih, waduk megah, pepohonan rindang, serta flora dan fauna endemik Kalimantan yang melengkapi pemandangan hijau nan meneduhkan.

Sebagai tambahan, sisa-sisa bangunan Belanda bersejarah yang berumur cukup lama juga dapat ditemukan di antara pepohonan hijau yang mengelilingi area ini, menjadikan setiap kunjungan di Taman Hutan Rakyat Sultan Adam berkesan dan tak terlupakan jika berwisata ke Kalimantan Selatan.

Alamat: Cempaka, Mandi Angin Barat, Kec. Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan 

2. Bukit Matang Kaladan

atourin.com

Wisata Kalimantan Selatan berikutnya adalah Bukit Matang Kaladan, yang bisa menjadi pilihan terbaik karena menawarkan bentangan hutan rimbun di atas perbukitan. Menariknya, pemandangan yang disuguhkan disebut-sebut mirip dengan Raja Ampat di Papua Barat Daya.

Namun, untuk menikmati pemandangan tersebut secara menyeluruh, para pengunjung harus mencapai puncak Bukit Matang Kaladan dengan menapaki ribuan anak tangga setinggi kurang lebih 400 meter, yang tentunya memerlukan ketelitian dan kondisi fisik prima. 

Meskipun terkesan melelahkan, perjalanan tersebut akan menyehatkan sekaligus memberikan pemandangan alam yang sangat memukau. Sebagai bonus, hembusan angin sepoi-sepoi yang menyejukkan akan membuat siapapun menikmati pengalaman tersebut.

Alamat: Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan

3. Jembatan Gantung Desa Nateh

indonesia.travel

Sebuah desa di Kecamatan Batang Alai Tim., Kalimantan Selatan, menyimpan pesona wisata tersendiri, yaitu Jembatan Gantung Desa Nateh yang menghubungkan dua bukit besar yang dipisahkan oleh sungai berair tenang, memberikan pengalaman memukau yang tiada duanya.

Terlebih lagi, ketinggian jembatan dan hembusan angin sepoi-sepoi akan turut menambah keseruan sekaligus sedikit memompa adrenalin. Tentu dengan keamanan yang terjamin, para pengunjung tetap dapat menyeberangi jembatan dengan tenang sambil berfoto.

Kabar baiknya, sejumlah pemandangan di setiap sisi akan memancarkan hasil terbaik yang memesona sebagai latar belakang alam yang berkesan. 

Alamat: Desa Nateh, Kecamatan Batang Alai Tim., Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan 

4. Danau Biru Pengaron

nabilrental.com

Danau Biro Pengaron menjadi wisata Kalimantan Selatan yang wajib kamu kunjungi. Menawarkan keindahan air danau berwarna biru yang unik, Danau ini seolah menyatukan warna biru langit dengan biru perairan danau dengan sangat sempurna. Daya tarik ini jelas menciptakan pemandangan alam yang menonjol dan spektakuler.

Ditambah lagi, Danau Biru Pengaron juga dikelilingi oleh deretan tebing cokelat kemerahan dengan pepohonan hijau dan tanmanan-tanaman segar. Penampakan inilah yang turut memantulkan bayangannya secara jelas pada permukaan danau yang memukau.

Namun, perlu diketahui bahwa keindahan Danau Biru Pengaron ini berasal dari bekas pertambangan batu bara sehingga dasar danau cenderung tidak stabil. Dengan begitu, para pengunjung tidak diizinkan untuk berenang, seperti melansir dari situs Wonderful Indonesia.

Alamat: Sungai Raya, Simpang Empat, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan 

5. Air Terjun Bajuin

kecbajuin.tanahlautkab.go.id

Butuh wisaya alam yang menyegarkan? Maka wisata Kalimantan Selatan ini harus masuk bucket list. Terletak sekitar 10 kilometer dari Ibu Kota Kabupaten Tanah Laut dan 75 kilometer dari Banjarmasin, Air Terjun Bajuin adalah surga di tengah pepohonan rindang yang sebenarnya mudah ditemukan karena tersedia jalur yang mengarahkan pengunjung ke area lokasi.

Sesampainya di tempat, para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan tiga air terjun yang mengalir dari ketinggian masing-masing. Tentu saja, kejernihan airnya berbaur sempurna dengan udara yang terasa sangat menyejukkan di sekitar area.

Bagaimana tidak, Kawasan Air Terjun Bajuin berada di dalam panorama pegunungan eksotis yang mengelilinginya dengan sempurna. Sejumlah flora dan fauna memukau pun dapat ditemukan, termasuk berbagai jenis burung dan anggrek hutan yang memukau.

Sebagai pemanis tambahan, kawasan sekitar Air Terjun Bajuin juga telah dikembangkan menjadi ekowisata alam dengan berbagai kegiatan menarik, seperti trekking, climbing, dan hiking. Dengan begitu, para pengunjung dapat menikmati momen berlibur yang lebih seru.

Alamat: Desa Sungai Bakar, Kecamatan Pelaihari, Kalimantan Selatan

6. Pulau Samber Gelap

idntimes.com

Pengalaman menemukan surga tersembunyi erat kaitannya dengan mengunjungi sebuah pulau terpencil yang menyimpan sejuta keindahan alam. Hal ini dapat terealisasikan di Pulau Samber Gelap, yang pesona alamnya mampu menerangi hati para pengunjung.

Benar sekali! Tidak seperti namanya, Pulau Samber Gelap menawarkan lanskap alam yang cemerlang dengan hamparan pasir putih dan perairan dangkal berwarna hijau muda yang memukau, serta pemandangan bawah lautnya yang menjadi daya tarik utama.

Kabar baiknya, semua pemandangan ini dapat dinikmati dalam suasana yang menenangkan karena Pulau Samber Gelap merupakan pulau tak berpenghuni. Meski begitu, para nelayan sering singgah sehingga menambahkan sentuhan lokal yang lebih melekat.

Alamat: Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan

7. Goa Batu Hapu

superlive.id

Terkenal sebagai geosite di Geopark Meratus, Goa Batu Hapu menawarkan berbagai keunikan yang selalu menarik perhatian para pengunjung, pencinta alam, dan peneliti dari berbagai negara. Tidak heran, goa ini menyimpan keindahan alam yang kaya akan fenomena menarik yang memberikan daya tarik bagi wisata Kalimantan Selatan.

Salah satunya adalah bunyi tetesan air dari batuan kars yang dapat terdengar saat pengunjung berada di dalam goa. Selain itu, ada juga fenomena ketika sinar matahari masuk ke dalam goa dan menciptakan kontras warna dengan kegelapan goa yang menakjubkan.

Namun, penting untuk diingat bahwa kunjungan ke Goa Batu Hapu sebaiknya mengikuti aturan dari pemandu. Pasalnya, ada tiga bagian goa yang misterius dan tidak boleh dijelajahi oleh publik karena isi dan jalur dalam goa tersebut belum diketahui secara pasti.

Alamat: Desa Batu Hapu, Hatungun, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan 

8. Pasar Terapung Lok Baintan

atourin.com

Daftar wisata Kalimantan Selatan yang terakhir adalah pengalaman berbelanja di pasar terapung. Sesuai namanya, Pasar Terapung Lok Baintan atau Pasar Terapung Sungai Martapura adalah pasar terapung tradisional yang melibatkan para pedagang lokal yang menjual hasil kebun, pertanian, dan beragam produk rumah tangga di atas perahu tanpa mesin atau jukung.

Menariknya, keberadaan pasar terapung tradisional ini telah ada sejak abad ke-18 di sepanjang pesisir aliran Sungai Martapura. Fakta ini menjadikan Pasar Terapung Lok Baintan sebagai bagian dari kehidupan masyarakat setempat sekaligus daya tarik utama.

Dengan popularitasnya tersebut, Pasar Terapung Lok Baintan pun sering kali menyelenggarakan berbagai festival meriah, termasuk Festival Pasar Terapung Lok Baintan  yang menampilkan proses perdagangan dengan berbagai ornamen, lampion, dan tanglong.

Semoga kamu dapat segera mengunjungi masing-masing tempat di atas saat mengunjungi Kalimantan Selatan? Namun, ingatkan dirimu untuk senantiasa menjaga kebersihan dan keamanan saat mengunjungi daerah-daerah wisata di Indonesia, ya.

Alamat: Desa Sungai Pinang (Lok Baintan), Kecamatan Sungai Tabuk, Banjar, Kalimantan Selatan

IDN Channels

Latest from Travel