Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Negara dengan Biaya Traveling Termurah 2024, Ini Rinciannya!

Bukan hanya Asia, tetapi negara-negara di benua lain

Mariana Politton

Mengunjungi negara-negara asing sering menjadi impian bagi banyak orang, baik untuk menikmati pesona alam yang berbeda maupun untuk mempelajari budaya baru. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa perjalanan ke luar negeri dapat menghabiskan banyak uang.

Kabar baiknya, seorang blogger bernama Marek yang telah menjelajahi dunia selama lebih dari 12 tahun membagikan pengalamannya perihal negara-negara dengan biaya perjalanan yang terjangkau di tahun 2024. Sungguh informasi yang sangat dibutuhkan, bukan?

Kamu tertarik untuk mengetahui negara apa saja yang bersifat ekonomis untuk dikunjungi di tahun 2024 ini? Dan, bagaimana dengan rincian anggaran perjalanan yang dibutuhkan?

1. Meksiko

mexperience.com

Rekomendasi waktu: Juni-September, Oktober-November

Dibandingkan biaya traveling pada 2016, Meksiko mengalami kenaikan biaya berkaitan perjalanan liburan. Meski begitu, anggaran liburan di Meksiko tetap terbilang murah, terlebih lagi bagi pengunjung yang memilih penerbangan murah dari Eropa ke Cancun, Meksiko.

Sesampainya di tempat, beberapa destinasi wisata menawarkan keamanan dan harga yang terbilang ekonomis. Namun, penting untuk menghindari tempat penginapan berupa resor pantai yang masih menetapkan harga yang lebih tinggi setiap tahunnya.

Rincian anggaran:

  • Anggaran backpacker: US$40 sehari atau setara Rp645.000 sehari
  • Anggaran menengah: US$65 sehari atau setara Rp1.048.000 sehari

2. Vietnam

theluxurytravelexpert.com

Rekomendasi waktu: September-Oktober

Meskipun mengalami lonjakan ekonomi besar, Vietnam tetap menjadi salah satu negara termurah untuk perjalanan ke luar negeri di Asia. Selain itu, pengalaman liburan akan memberi kesan autentik melalui makanan lokal, pesona alam, dan tempat-tempat budaya.

Khusus makanan lokal, kamu dapat menghabiskan sejumlah uang per makanan, tetapi kamu dapat lebih berhemat dengan mengelola anggaran dengan baik. Sementara itu, kamar hotel di beberapa tempat di Vietnam menawarkan kualitas yang baik dengan US$14 atau setara Rp196,000 per malam.

Rincian anggaran:

  • Anggaran backpacker: US$25 sehari atau setara Rp400.000 sehari
  • Anggaran menengah: US$45 sehari atau setara Rp725.000 sehari

3. El Savador

journeylatinamerica.com

Rekomendasi waktu: November-Maret (musim puncak) 

Sejak pemerintah bertindak tegas terhadap geng kejahatan pada 2022, situasi di El Salvador telah berubah menjadi lebih aman sejak 2023. Tingkat kejahatan di negara tersebut turun hingga dua puluh kali lipat, menempatkannya hampir setara dengan Amerika Serikat.

Para pelancong dari beberapa negara pun mulai berani mengunjungi El Salvador, terutama karena anggaran rendah yang ditawarkan. Beberapa tempat dengan pesona alam yang epik menjadi pilihan wisata dengan biaya yang disebut-sebut terendah di Amerika Tengah.

Rincian anggaran

  • Anggaran backpacker: US$30 sehari atau setara Rp480.000 sehari
  • Anggaran menengah: US$45 sehari atau setara Rp725.000 sehari

4. Albania

fodors.com

Rekomendasi waktu: September-Oktober

Pesona unik Albania menawarkan garis pantai yang belum terjamah, ibu kota yang unik, kota-kota era Ottoman yang terawat baik, dan tentunya Pegunungan Alpen yang mengesankan. Semua pengalaman liburan ini dapat dinikmati dengan harga yang terjangkau.

Harga ekonomis juga ditawarkan melalui tempat penginapan dengan harga sekitar US$25 atau setara Rp350.000. Sementara itu, pengalaman menikmati makanan lokal yang khas hanya memerlukan biaya sekitar US$2 hingga US$4 atau setara Rp28.000 sampai Rp56.000.

Rincian anggaran:

  • Anggaran backpacker: US$25 atau setara Rp400.000 sehari
  • Anggaran menengah: US$10 atau setara Rp160.000 sehari

5. Thailand

cavetrip.com

Rekomendasi waktu: Oktober

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Thailand adalah negara ramah wisatawan yang menawarkan pesona alam eksotis melalui beberapa daerah pantainya. Namun, pengalaman liburan yang ekonomis dapat diperoleh dengan mengunjungi wilayah utara Chiang Mai.

Di antara sawah, kuil Buddha, dan suku-suku pegunungan, kamu juga dapat menemukan beberapa akomodasi dengan harga terbaik, termasuk tempat tidur asrama bergaya backpacker (US$6 atau setara Rp84.000) atau hotel berkualitas yang dilengkapi dengan kolam renang (US$35 atau setara Rp490.000).

Rincian anggaran:

  • Anggaran backpacker: US$30 atau setara Rp480.000 sehari
  • Anggaran menengah: US$30-60 atau setara Rp480.000-Rp960.000 sehari

6. Transilvania

lonelyplanet.com

Rekomendasi waktu: Juni-Agustus (musim puncak), September-Oktober

Sedikit orang mengetahui bahwa Transilvania memiliki banyak tempat wisata yang menawarkan pengalaman liburan terbaik, tetapi juga ekonomis. Sebut saja kota-kota medieval, gereja-gereja benteng kuno, dan pegunungan Karpat yang megah.

Menariknya, Transilvania menawarkan pengalaman liburan sempurna, baik untuk perjalanan musim semi, musim panas, maupun musim dingin. Khusus untuk musim dingin, beberapa resor ski murah dan pemandangan istana yang tertutup salju menjadi daya tarik utama.

Rincian anggaran:

  • Anggaran backpacker: US$40 atau setara Rp645.000 sehari
  • Anggaran menengah: US$60 atau setara Rp960.000 sehari

7. Nicaragua

travelandleisure.com

Rekomendasi waktu: November-Mei (musim puncak)

Bisa dibilang, Nicaragua adalah destinasi wisata versi murah dari Kosta Rika karena menawarkan pengalaman liburan yang cukup mirip, tetapi dengan harga sepertiga atau kurang dari kisaran harga perjalanan di Kosta Rika, menjadikannya sebagai alternatif.

Beberapa tempat yang sangat direkomendasikan adalah kota-kota selancar di sepanjang pantai Pasifik, kota-kota kolonial yang indah, petualangan di hutan rimbun, pemandangan gunung berapi yang menakjubkan, dan pulau vulkanik yang cantik di danau Ometepe.

Rincian anggaran:

  • Anggaran backpacker: US$30 atau setara Rp480.000 sehari
  • Anggaran menengah: US$40 atau setara Rp645.000 sehari

8. Turki

bookmundi.com

Rekomendasi waktu: Mei-September (musim puncak), Oktober

Selain menaiki balon udara di Cappadocia yang populer, Turki menawarkan beberapa destinasi wisata yang tak kalah menarik, seperti menikmati pemandangan reruntuhan Romawi serta mengunjungi kota-kota gua, pasar bising, dan beberapa pantai Mediterania.

Semua pengalaman ini dapat terealisasikan dengan harga yang cukup murah, terlebih lagi mata uang Turki dikabarkan mengalami penurunan nilai selama bertahun-tahun. Meskipun hal ini terkompensasi oleh inflasi, Turki tetap menawarkan pilihan wisata yang ekonomis.

Rincian anggaran:

  • Anggaran backpacker: US$35 atau setara Rp560.000 sehari
  • Anggaran menengah: US$55 atau setara Rp885.000 sehari

9. Tanjung Verde

kayak.com

Rekomendasi waktu: Juni-September

Tanjung Verde adalah sebuah negara yang secara keseluruhan dapat disebut sebagai permata tersembunyi. Bagaimana tidak, kepulauan kecil di lepas pantai Afrika ini masih belum banyak dikenal wisatawan, padahal menawarkan pesona alam yang memukau.

Sebagai rekomendasi, beberapa tempat yang patut dikunjungi adalah Mindelo dan pulau megah Santo Antao. Di sini, tersedia beberapa jalur pendakian dengan harga yang ekonomis. Hal serupa berlaku untuk beberapa pilihan resor yang umumnya terjangkau.

Rincian anggaran:

  • Anggaran backpaker: US$45 atau setara Rp725.000 sehari
  • Anggaran menengah: US$70 atau setara Rp1.125.000 sehari

10. Kolombia

nomadicmatt.com

Rekomendasi waktu: Juli-September

Negara menakjubkan lainnya yang layak dikunjungi dengan anggaran terjangkau adalah Kolombia. Berbagai destinasi wisata terbaik ditawarkan, seperti pantai di Pasifik dan Atlantik, hutan hujan Amazon, dan pegunungan Andes dengan pemandangan alam yang memukau.

Selain itu, kota-kota ramai, seperti Medellín dan Bogotá, juga menawarkan kesempatan untuk berinteraksi dengan penduduk lokal yang terkenal ramah sambil menikmati keindahan budaya mereka. Semua ini dapat dinikmati dengan anggaran yang cukup terjangkau.

Rincian anggaran:

  • Anggaran backpaker: US$30 atau setara Rp480.000 sehari
  • Anggaran menengah: US$50 atau setara Rp800.000 sehari

Dengan demikian, kamu dapat mulai merencanakan pengalaman liburan ke luar negeri dengan biaya yang tidak cukup mahal. Jika ini adalah pengalaman pertamamu ke luar negeri, coba pilih negara yang paling ekonomis untuk melakukan perjalanan, Bela!

IDN Channels

Latest from Travel