Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Fakta Sapporo Snow Festival yang Sudah Kembali Digelar

Sebelumnya diadakan secara virtual selama 2 tahun terakhir

Cynthia Claudia

Sapporo Snow Festival kembali digelar tahun ini di kota Sapporo, Hokkaido, setelah diadakan secara virtual dalam dua tahun terakhir. Festival ini merupakan salah satu festival musim dingin terbesar di Jepang yang diadakan sejak tahun 1950.

Festival Sapporo terdiri dari pameran berbagai karya pahatan patung salju berukuran besar, serta kompetisi membuat patung yang diikuti para peserta dari seluruh dunia. Bagi kamu yang tertarik mengunjungi festival ini, sebaiknya pelajari dulu beberapa fakta Sapporo Snow Festival yang telah Popbela rangkum berikut ini.

1. Digelar pada bulan Februari setiap tahun

asahi.com

Festival Salju Sapporo merupakan festival musim dingin terbesar di Jepang. Menurut Ohayo Jepang, khusus tahun ini akan diadakan di dua lokasi di Sapporo, yaitu di Taman Odori dan Susukino. Festival yang menarik banyak wisatawan ini diadakan setiap tahun pada awal Februari, tepatnya pada tanggal 5 -11 Februari. 

Festival Salju Sapporo ini dikunjungi lebih dari 2 juta orang setiap tahunnya.

2. Jenis patung yang dibuat berbeda setiap tahun

radseason.com

Jenis patung yang dibuat berbeda setiap tahunnya, mulai dari tema film, kumpulan orang-orang terkenal, dan landmark tiap negara. 

Salah satu patung yang ditampilkan di lokasi festivalnya tahun ini adalah patung stadion baru Nippon Ham Fighters dan Ed Con Field Hokkaido dengan tinggi mencapai 12 meter.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan patung tokoh-tokoh anime di Jepang, bangunan bersejarah, dan bangunan rumah musim dingin tahun ini.

3. Biasanya diadakan di tiga tempat yang berbeda

japan-guide.com

Festival ini biasanya diadakan di 3 tempat yang berbeda, yaitu taman Odori, Susukino, dan Tsudome, yang menunjukkan karya pahatan patung yang berbeda juga.

Taman Odori memamerkan patung salju dan es dengan ukuran besar hingga 15 m. Namun, Susukino memamerkan karya pahatan patung dari es bukan salju. Lalu yang terakhir, Tsudome lebih menonjolkan permainan salju dibandingkan memamerkan karya pahatan salju. 

4. Pertama kali diadakan pada tahun 1950

japan-forward.com

Sapporo Snow Festival pertama kali diadakan pada tahun 1950 oleh pemerintah di kota Sapporo. Festival ini ternyata terinspirasi dari pembuatan es patung yang dilakukan oleh anak-anak SD di Otaru pada tahun 1935. 

Beberapa patung yang mirip akhirnya juga dibuat oleh murid-murid SMA di Taman Odori pada tahun yang sama. Pembuatan patung ini juga terus berlanjut, hingga banyak ditemukan es patung dengan berbagai ukuran di Taman Odori, yang menjadi pusat utama festival ini.

Berbagai kegiatan juga diadakan ketika festival ini pertama hadir, seperti permainan bola salju, pameran patung, dan karnival. 

5. Banyak yang menjual hidangan lokal di lokasi festival

odors.com

Ada berbagai jenis makanan khas lokal yang dijual di Sapporo Snow Festival. Kamu bisa menemuka aneka seafood, sup, ramen dan minuman hangat khas Jepang berupa whisky, sake, dan masih banyak lagi. 

Para pengunjung pun bisa menikmati aneka hidangan dan minuman khas Jepang yang nikmat.

Itulah deretan fakta tentang Sapporo Snow Festival yang tahun ini sudah diadakan kembali di kota Sapporo, Hokkaido. Kira-kira kamu ada rencana liburan ke Sapporo, nggak, Bela?

IDN Channels

Latest from Travel