Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Penuh Misteri, Ini 13 Potret Menakjubkan Kehidupan Pulau Socotra

Mendapat julukan pulau paling aneh di dunia

Audia Natasha Putri

Bagaikan surga dunia, Pulau Socotra menyimpan keindahan alam bak negeri dongeng. Pulau yang terletak di Yaman ini juga menjadi rumah bagi flora dan fauna eksotik dan tidak biasa. Tak hanya itu saja, pulau yang terisolasi dari peradaban dunia ini pun menjamin keasrian alamnya masih terjaga dengan baik dari jamahan manusia.

Keunikannya inilah yang menjadikan Pulau Socotra sorotan dunia dan mendapat julukan seperti pulau aneh, pulau unik, hingga pulau dari planet lain. Hal ini tentu membuat Pulau Socotra dilirik UNESCO dan resmi menjadi salah satu Situs Warisan Dunia berkat keindahan alam serta keberagaman flora dan faunanya. 

Saking misteriusnya, kehidupan Pulau Socotra pun jauh dari jangkauan mata banyak orang. Nah, kali ini Popbela akna mengajakmu menelusuri potret kehidupan Pulau Socotra yang menawan. Dijamin, kamu akan terpukau melihat keindahan pulau satu ini!

1. Berdasarkan geografis, terdapat dua kategori penduduk Pulau Socotra, yakni masyarakat pedalaman pegunungan dan masyarakat pesisir pantai

Unsplash.com/Andreas Svk

2. Pulau ini juga menjadi rumah bagi hewan dan tumbuhan endemik yang ekslusif hanya ditemukan di Socotra saja

Unsplash.com/Andrew Svk

3. Salah satunya adalah Pohon Darah Naga yang mengeluarkan getah merah seperti darah dari batangnya

Unsplash.com/Andrew Svk

4. Selain itu, terdapat Tanaman Botol yang hidup di antara celah-celah batu. Bentuknya yang unik kerap menyita perhatian para pelancong

Youtube.com/Tomy Risanto

5. Masyarakat Socotra berbicara dalam bahasa Semitic dengan beragam dialek di setiap daerahnya

Unsplash.com/Andrew Svk

6. Walaupun terpencil dan jauh dari peradaban, faktanya sebanyak 70.000 jiwa rela menempati pulau unik satu ini

Unsplash.com/Andrew Svk

7. Mayoritas penduduk Socotra yang tinggal di pesisir pantai berprofesi sebagai nelayan dengan menangkap hasil laut yang melimpah

Socotraisland.com

8. Sebaliknya, memelihara hewan ternak menjadi mata pencaharian terbesar bagi penduduk pedalaman pegunungan. Sangat berlawanan ya, Bela!

Socotraisland.com

9. Meski memiliki keindahan alam yang membuat mata terpana, Pulau Socotra memiliki suhu udara yang cukup tinggi hingga 40 derajat Celsius. Kalau kamu berkempatan tinggal di sana, apakah kamu tetap memilihnya, Bela?

Pixabay.com/danielshimmin0

10. Saking jauhnya dari peradaban, kamu tak akan menemukan hotel atau bangunan mewah untuk beristirahat di sana

Unsplash.com/Andrew Svk

11. Selain flora dan fauna yang menawan, pulau ini juga menawarkan pemandangan pantai yang spektakuler

Pixabay.com/danielshimmin0

12. Menariknya, setiap garis pantai yang cantik dan bersinggungan dengan tebing dan gurun

Unsplash.com/Andrew Svk

13. Dalam bahasa Sansekerta, Pulau Socotra memiliki arti 'Pulau Kebahagiaan'. Wah, sangat berlawanan dengan julukannya sebagai pulau aneh, ya!

Unsplash.com/Andrew Svs

Bagaimana Bela, menarik banget bukan potret keindahan alam dan budaya dari Pulau Socotra di atas?Alamnya yang eksotis dan masih terlindungi dari jazirah peradaban ini bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang ingin berlibur! Tertarik untuk mengunjungi?

 

IDN Channels

Latest from Travel