Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Dulunya Kerajaan, Ini 7 Fakta Menarik Kota Bekasi

Salah satunya sering disebut Planet oleh masyarakat

Audia Natasha Putri

Bekasi adalah salah satu kota di kawasan Jawa Barat yang jaraknya berdekatan dengan Jakarta. Banyak publik menjuluki Bekasi sebagai Planet Lain yang kemudian menjadi guyonan atau sindiran yang banyak ditemukan di internet.

Bukan tanpa alasan, jenaka ini diberikan sebagai bentuk kritik terhadap Kota Bekasi yang mempunyai banyak permasalahan kompleks dan kerap meresahkan masyarakat. Mulai dari masalah kemacetan yang parah, suhu udara gersang dan panas yang bisa mencapai 37 derajat celcius, dan tingkat kriminalitasnya yang cukup tinggi.


Meskipun disebut sebagai Planet Lain, Bekasi memiliki ikon spektakuler berupa bangunan berbentuk piramida terbalik di kawasan Summarecon bak Museum Louvre di Paris, Prancis.

Lantas itu, apa saja hal menarik dari Kota Bekasi ini? Berikut ini telah Popbela rangkum deretan fakta-fakta yang perlu kamu ketahui tentang Kota Bekasi yang tak banyak orang tahu.

1. Salah satu kawasan Jabodetabek yang paling banyak dihuni ekspatriat

NN Road

Selain Jakarta, Bekasi juga termasuk wilayah dengan kawasan industri terbanyak. Akan hal itu, Bekasi menjadi kota di Jabodetabek yang paling banyak dihuni ekspatriat (orang asing). Apalagi banyak pebisnis mancanegara yang melebarkan serta mendirikan perusahaannya di Bekasi.

Dari 700 ribu orang yang bekerja di perusahaan di kawasan Bekasi, sebanyak 21 ribu orang adalah ekspatriat yang berasal dari negara lain.

2. Punya jalan flyover keren

Google Pictures

Selain landmark piramida terbalik, Bekasi juga memiliki ikon lainnya berupa flyover, atau jalan layang KH Noer Ali Summarecon Bekasi. Jalan layang ini mempunyai bentang jembatan sepanjang 130 meter di atas jalur kereta api. Flyover yang menghubungkan Kota Bekasi Selatan dengan Kota Bekasi Utara tersebut memiliki panjang 1 kilometer dan lebar 22 meter.

Laman resmi Summarecon Bekasi menjelaskan bahwa pembangunan flyover ini menerapkan teknologi konstruksi yang sangat canggih bernama “Balanced Cantilever". Sedangkan anggaran sebesar Rp200 miliar telah digelontorkan untuk mewujudkan pembangunan flyover paling indah ini.

3. Landmark unik berupa bangunan piramida kaca terbalik a la Museum Louvre Paris

Flickr.com

Kalau mampir ke Bekasi, tak ada salahnya sempatkan waktu untuk mengunjungi kawasan Summarecon. Saat di sana, kamu akan melihat bangunan berbentuk piramida terbalik di kawasan Summarecon yang mengingtkan kita akan Museum Louvre di Paris, Prancis.  Mengutip dari ragam sumber, landmark piramida terbalik ini menjadi ikon kota Bekasi yang sarat akan makna. Yaitu, sebagai bentuk simbolis perjalanan Summarecon Bekasi yang semakin berkembang dan memberikan dampak positif bagi dunia usaha dan lingkungan.

4. Punya stadion terbesar kedua di Indonesia

Wikipedia.com

Tak hanya terkenal sebagai kota industri, Bekasi juga terkenal akan infrastruktur publik yang megah. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan Stadion Patriot Chandrabhaga yang berlokasi di Jalan KH Noer Ali. Stadion bertaraf internasional ini mempunyai daya tampung sebesar 31 ribu penonton dengan luas mencapai 9,8 hektare. tampung 31.000 penonton.

Melansir dari Warta Kota, pembangunan Stadion Patriot Chandrabhaga menelan biaya sekitar Rp 794 miliar dari APBD Kota Bekasi dan Bantuan Provinsi Jawa Barat. Bahkan, stadion ini menjadi salah satu stadion terbesar di Indonesia setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan.

5. Merupakan kawasan industri

Binus.ac.id

Alasan mengapa Bekasi menjadi salah satu kota terpanas di Indonesia kiranya ada korelasinya dengan banyaknya pembangunan kawasan industri di sini. Imbas dari pembangunan ini, lahan terbuka hijau pun semakin sedikit demi melancarkan pembangunan gedung dan pabrik yang menjadi pembuka lapangan pekerjaan baru.

Di Kabupaten Bekasi, setidaknya terdapat 10 kawasan industri yang menempati lahan dengan luas keseluruhan mencapai 9.496 hektare. Pusat industri manufaktur besar di Indonesia ini mencakup pembangunann perusahaan besar di berbagai sektor mulai dari otomotif, elektronik, makanan. Akan hal ini, Bekasi merupakan salah satu kota yang berperan penting bagi pertumbuhan perekonomian nasional.

6. Lokasi cukup strategis

Radarbekasi.id

Sebagai kota industri yang menghubungkan berbagai pusat ekonomi, Bekasi terletak di lokasi yang sangat strategis dan bisa dijangkau oleh transportasi umum.

Ditilik dari kacamata geografis, Kota Bekasi berada pada ketinggian 19 meter di atas permukaan laut. Bekasi juga berbatasan dengan Jakarta Timur di bagian barat dan Kabupaten Bogor di bagian selatan, serta Kota Depok di sebelah barat daya.

7. Dulunya sebuah kerajaan

Wikipedia

Sebelum bertransformasi menjadi kota besar, dulunya Bekasi adalah sebuah kerajaan yang berdiri di daerah pesisir Pantai Utara Bekasi. Bernama Kerajaan Sagara Pasir, birokrasi asli Bekasi ini berdiri pada tahun 2 masehi. Terbilang dari situs Wikipedia, bahwa kerajaan lawas ini diyakini sudah berkuasa sangat lama sebelum Kerajaan Tarumanagara berkuasa di Pasundan.

Sementara unsur kebudayaan Kerajaan Sagara Pasir banyak dipengaruhi oleh Mesir kuno. Hal ini terlihat dari banyaknya manik-manik yang menghiasi sekitar Situs Buni. Artefak ini menjadi bukti nyata bahwa dulunya Bekasi adalah bekas tanah kerajaan tertua yang pernah berkuasa di Nusantara.

Itulah fakta menarik Kota Bekasi yang kiranya bisa menambah wawasanmu. Apakah kamu punya pengalaman unik saat bertandang ke Bekasi? Ceritakan di kolom komentar, ya!

IDN Channels

Latest from Travel