Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Filipina, Cocok untuk Koleksi

Jangan lupa beli buah tangan ini saat bertandang ke Filipina

Audia Natasha Putri

Filipina menjadi salah satu negara Asia Tenggara yang cukup diminati banyak wisatawan mancanegara. Negara berjulukan Mutiara Laut ini menawarkan destinasi wisata berupa pantai pasar putih yang indah yang cukup diminati.

Daya tarik berupa keindahan wisata dan kulinernya yang autentik menjadi tujuan utama pelancong saat berada di sana. Namun jika kamu tak sempat mengelilingi negara ini, kamu bisa membawa oleh-oleh khas Filipina sebagai buah tangan untuk keluarga dan orang-orang terdekat.

Melansir dari IDN Times, inilah 9 rekomendasi oleh-oleh khas Filipina yang bisa kamu bawa pulang. Jangan sampai terlewatkan, ya!

1. Kaus Khas Filipina

Anztshirt.com

Kaus Khas Filipina menjadi buah tangan favorit para wisatawan internasional. Keunikan kaus ini terletak pada desainnya yang menarik berupa tulisan Tagalog atau landmark negara Filipina.

Kaus ini terbuat dari bahan yang nyaman dipakai. Harganya cukup terjangkau, yakni sekitar Rp30.000 per buah dan banyak tersedia di Greenhills, SEA Country.

2. Manisan mangga

Flickr.com

Kalau belum sempat menjajal wisata kuliner Filipina secara keseluruhan, maka membawanya sebagai oleh-oleh adalah ide yang tepat.

Sebagai negara penghasil buah mangga yang melimpah, kamu akan menemukan macam produk makanan dan minuman berbahan dasar buah satu ini di Filipina. Olahan berbahan dasar mangga yang terkenal di Filipina adalah jus mangga, manisan mangga, dan asinan mangga.

Namun jika ingin membawanya sebagai oleh-oleh, maka bawalah asinan mangga. Karena dijual dalam bentuk kering, oleh-oleh satu ini terbilang cukup awet dan tahan lama.

Kamu bisa menemukan asinan mangga Filipina di Hyper Market dan SM Mall of Asia. Harganya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp20.000 hingga Rp40.000 per 100 gramnya.

3. Sungka

Kwentongnanay.wordpress.com

Oleh-oleh khas Filipina selanjutnya adalah Sungka, merupakan permainan tradisional Filipina yang mirip dengan congklak khas Indonesia. Perbedaannya terletak pada papan kayu yang diukir dengan desain yang tak biasa. Sedangkan biji-biji yang dimainkan menggunakan kerang atau kerikil.

Cara memainkan sungka juga tak beda jauh dengan congklak. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan aturan main antara keduanya.

Harga untuk 1 buah sungka dibanderol sekitar Rp150.000 dan sudah termasuk biji-biji kerang atau kerikil. Kamu bisa menemukan aneka sungka dengan desain apik banyak dijual di mall Kultura Filipino yang berlokasi di SM Makati Metro Manila.

4. Perhiasan mutiara

Vhidyakhsand.com

Kalau kamu penyuka aksesoris, maka perhiasan mutiara khas Filipina bisa menjadi pilihan yang tepat. Desain perhiasan mutiara ini cukup klasik, namun tetsp cantik dengan warna yang menawan, seperti warna kuning, krem dan putih.

Di Greenhills Shopping Center, terdapat beragam koleksi perhiasan mutiara yang beragam. Harga yang ditawarkan pun sangat bervariasi, yaitu mulai dari Rp150.000 hingga mencapai jutaan Rupiah per produk.

5. Barong Tagalog

Filshopper.com

Barong Tagalog merupakan oleh-oleh khas Filipina yang berhasil merepresentasikan budaya Negeri Mutiara Laut ini. Pakaian khas Filipina ini terbuat dari bahan transparan berupa serat nanas dan serat batang pisang dengan desain berupa model sulaman.

Masuk dalam pakaian terbuka, Barong Tagalog biasa digunakan sebagai luaran. Walau modelnya sederhana, namun baju ini tetap elegan saat dipakai. Kamu bisa membeli pakaian ini di Kultura Filipino dan di SM Mall of Asia dengan harga sekitar Rp180.000 per helainya.

6. Miniatur Jeepney

Lucena City Online Shop

Angkutan transportasi khas Filipina ini menjadi "wahana" wajib yang dinaiki oleh para wisatawan. Transportasi umum ini mirip dengan angkot. Sekilas dengan namanya, Jeepney memiliki penampilan mirip dengan jeep. Hanya saja, badan mobilnya berbentuk lebih panjang dan jendela yang lebih lebar.

Kamu bisa membawa pulang Jeepney dalam bentuk kerajinan miniatur. Satu buah tangan ini biasanya dihargai Rp80 ribu hingga Rp150 ribu.

7. Buko Pie

Jessica Recipe

Oleh-oleh khas Filipina ini adalah camilan khas. Dalam bahasa Filipina, Buko artinya kelapa. Jadi secara harfiah, Buko Pie adalah sebuah kudapan berupa kue pie dengan menggunakan kelapa sebagai bahan utamanya.

Kue khas Pulau Cebu ini bisa ditemukan di seluruh penjuru Filipina. Walau bernama pie, kudapan manis ini justru memiliki bentum dan rasa mirip dengan Wingko khas Semarang, Indonesia.

8. Teh Filipina

Shopee Filipina

Teh Filipina memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan kebanyakan teh di Asia Tenggara. Perbedannya terletak pada pohon teh berbentuk seperti semak-semak. Tingginya pun bisa mencapai hingga 4 meter dengan lebar daunnya agak besar yaitu 30 mm hingga 50mm.

Teh Filipina memiliki aroma khas yang menenangkan dan rasa yang otentik. Selain nikmat untuk diminun, teh ini bisa mengobati batuk, melegakan hidung tersumbat, dan meredakan pilek serta menjadi ramuan pelangsing.

Harga teh Filipina dikenakan Rp35.000 hingga Rp 50.000 per kotak.

9. Topeng Festival Filipina

Freepik.com

Rekomendasi buah tangan khas Filipina yang terakhir adalah topeng festival Filipina. Bernilai seni tinggi, topeng ini memiliki bentuk yang mirip dengan wajah manusia. Terbilang cukup unik karena topeng ini biasa dipakai pada saat festival besar. Misalnya adalah Dinagyang Festival dan Ati-Atihan.

Kalau kamu penyuka barang kesenian, kamu bisa membeli topeng ini sebagai koleksi atau oleh-oleh keluarga atau teman.

Itulah 9 oleh-oleh khas Filipina yang wajib kamu bawa pulang ke Tanah Air. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang berencana ingin pergi ke Filipina, ya!

IDN Channels

Latest from Travel