Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Lokasi Wisata Horor di Surabaya, Berani Uji Nyali di Sini?

Yakin berani masuk sini?

Andry Trisandy

Karena tak punya wisata alam yang mendukung seperti Bandung atau Bali, Surabaya akhirnya dikenal sebagai pusat bisnis dan wisata sejarah. Tak hanya itu, wisata-wisata menantang yang dikenal menyimpan kisah mistis juga jadi jujugan favorit. Penasaran di mana saja? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Museum Kesehatan

superkidsindonesia.com

Museum Kesehatan beralamat di Jalan Indrapura Nomor 17, Kemayoran, Kecamatan Krembangan. Museum yang dirintis Haryadi Soeparto ini menyimpan koleksi dan alat-alat yang digunakan dalam proses penyembuhan penyakit.

Uniknya lagi, museum ini juga menyimpan patung jelangkung, boneka kayu yang konon digunakan untuk memanggil arwah orang yang mati secara tidak wajar. Terdapat pula sebuah ruangan dengan pintu masuk bertuliskan "dunia lain". Konon ruangan ini terlarang dan nggak sembarang orang boleh masuk. Pintu masuk ruangan ini juga selalu dalam keadaan terkunci.

2. Hotel Majapahit

IDN Times/Reza Iqbal

Hotel Majapahit merupakan salah satu hotel bersejarah di Surabaya, sekaligus menjadi saksi perjuangan arek-arek Suroboyo merebut kemerdekaan Indonesia. Tak hanya kisah sejarah, hotel ini konon juga menyimpan kisah-kisah horor. Salah satunya penampakan tentara Belanda yang biasanya berjalan di lorong. 

3. Pantai Kenjeran

dok.internet

Pantai Kenjeran merupakan salah satu destinasi wisata utama di Surabaya. Pantai ini terkenal dengan kisah kerajaan siluman ular. Tak jauh dari Pantai Kenjeran, terdapat bangunan tua yang merupakan benteng pertahanan saat melawan penjajah. Kabarnya banyak warga yang melihat penampakan makhluk tak kasat mata.

4. Pintu Air Jagir

wego.co.id

Pintu Air Jagir merupakan salah satu spot yang pernah disambangi acara Mister Tukul Jalan-jalan. Spot yang kental dengan nuansa mistis ini konon dihuni oleh buaya putih.

5. Jembatan Merah

dok.internet

Jembatan Merah termasuk dalam salah satu spot yang dikenal horor di Surabaya. Kabarnya jembatan ini merupakan saksi bisu tewasnya Brigjen A. W. S. Mallaby di tangan arek-arek Suroboyo.

Brigjen A. W. S. Mallaby merupakan perwira muda eksekutif asal Kerajaan Inggris yang dikirim ke Surabaya untuk memimpin perang. Salah satu kisah mistis yang beredar luas di masyarakat adalah munculnya aroma bangkai dan anyir darah yang menyengat di sekitar Jembatan Merah.

6. Rumah Hantu Kupang

Instagram.com/wisnuas_dmnkd

Rumah Hantu Kupang berupa bangunan tua yang berlokasi di Jalan Banyu Urip Wetan, Surabaya. Bangunan yang berdiri megah di tengah rumah penduduk ini didirikan oleh J.A van Middlekoop pada 1809. Gedung ini kemudian dibeli oleh Teng Khoen Gwan pada 1945. Cerita angker dari gedung ini sudah banyak didengar masyarakat sekitar. Salah satunya hantu anak kecil yang kerap terlihat muncul hingga penampakan Noni Belanda.

7. Rumah Hantu Darmo

Instagram.com/anas_assyathiri

Rumah Hantu Darmo berlokasi di Jalan Puncak Permai, Tanjungsari, Kecamatan Sukomanunggal, Kota Surabaya. Bangunan bekas rumah mewah sebuah keluarga ini memang sudah terkenal dengan kisah horornya. Konon, banyak warga yang lewat sini sering mendengar suara tangisan gadis atau penampakan makhluk halus.

8. Gedung Grahadi

situsbudaya.id

Gedung Grahadi merupakan bangunan peninggalan Belanda yang kini menjadi rumah dinas Gubernur Jawa Timur. Gedung ini didirikan sejak 1795. Saking tuanya, banyak kisah-kisah mistis berseliweran di sini.

9. Tugu Pahlawan

wikipedia.org

Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Tugu ini berlokasi di depan kantor gubernur. Tak hanya bersejarah, tugu ini konon juga menyimpang cerita mistis yang sudah banyak beredar di tengah masyarakat Surabaya.

10. Bekas Pabrik Padi Ketintang

Instagram.com/dyaahfz

Bekas Pabrik Padi Ketintang merupakan bangunan tua zaman Belanda yang dibangun pada 1867. Dulunya bangunan ini merupakan pabrik gula, tapi diubah menjadi pabrik padi.

Seiring berjalannya waktu, bangunan ini mulai ditinggalkan dan kosong sejak tahun 1990-an. Sejak saat itulah muncul kisah horor di bekas pabrik ini. Salah satunya penampakan noni Belanda. Nah, itulah beberapa spot wisata yang dikenal horor di Surabaya. Mana saja yang sudah pernah kamu kunjungi?

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan pada laman IDN Times dengan judul "10 Wisata Horor di Surabaya, Berani Mampir dan Uji Nyalimu di Sini?"

IDN Channels

Latest from Travel