Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Tempat Wisata di Jambi, Wisata Alam Terbaik yang Ramah di Kantong

Jambi punya perkebunan teh tertua di Indonesia, lho!

Ajenk Rama

Jambi, kota dengan luas 205,4 kilometer di Pulau Sumatra ini menyimpan keberagaman destinasi wisata hits, seperti halnya wisata alam yang memanjakan mata dan ramah di kantong. 

Kecantikan kota Bumi Melayu ini menjadi magnet bagi wisatawan lokal dan asing untuk menikmati pesonanya. Mulai dari perkebunan teh hingga menikmati suara air terjun yang menenangkan jiwa. Semua itu dapat dieksplorasi dengan harga terjangkau sekali. 

Kamu penasaran apa saja tempat wisata hits di Jambi yang menyesuaikan bujet? Kalau begitu, berikut rekomendasinya. 

1. Perkebunan Teh Kayu Aro

Instagram.com/perkebunantehkayuaro

Saat melintasi lereng Gunung Kerinci, kamu akan melihat hamparan perkebunan teh hitam yang membentang luas. Tempat wisata itu bernama Kebun Teh Kayu Aro, tempat cantik yang memadukan keindahan alam dengan kekayaan sejarah Nusantara. 

Kayu Aro adalah rumah bagi perkebunan teh tertua di Indonesia dan tertinggi kedua di dunia setelah perkebunan teh Darjeeling Himalaya, India. Perkebunan ini juga menjadi saksi bisu pemerintahan kolonial Belanda, tepatnya 1925. 

Pelancong yang mampir ke perkebunan teh ini akan disuguhkan dengan landskap alam yang menakjubkan. Lahan perkebunan teh dapat menjadi sarana healing tipis-tipis atau spot cantik berfoto ria tanpa membayar tiket masuk, lho.

2. Hutan Kota Muhammad Sabki

Simpangkeris.jambikota.go.id

Kapan lagi dengan harga minimalis bisa menikmati kesejukan Hutan Kota? Ya, hanya ada di Jambi. Tepatnya, Hutan Kota Muhammad Sabki yang berlokasi di Kenali Asam Bawah, Kotabaru. Buka setiap hari jam 06.00 - 18.00.  

Hutan Kota Muhammad Sabki, salah satu tempat wisata hits dan primadona bagi warga lokal dan pendatang. Banyak fasilitas wisata yang disediakan di hutan kota ini, antara lain flying fox, taman bermain, pendopo, hingga beberapa koleksi satwa dan fauna. 

Bermodalkan uang sebesar Rp3 ribu - Rp5 ribu, kamu udah bisa menyegarkan mata dan bisa mendengar suara satwa yang ada di sana. Tak hanya itu, Hutan Kota Muhammad Sabki juga menyediakan fasilitas terapi ikan. Liburan ramah bujet banget, kan!

3. Jambi Paradise

Instagram.com/jambiparadise

Dengan merogoh kocek Rp30 ribu, kamu sudah bisa masuk ke destinasi wisata keren di Jambi bernama Jambi Paradise. Jambi Paradise, salah satu tempat liburan keluarga yang memiliki banyak atraksi permainan dari segala usia. 

Mengusung konsep kekinian, Jambi Paradise menyuguhkan replika Garden by The Bay, labirin, danau dengan sepeda air, gokart, jembatan gantung, speedboat, miniatur kapal pesiar, hingga paintball

Kalau datangnya malam, kecantikan Jambi Paradise semakin terpancar lewat lampu hias. Lokasinya di Jalan Talang Belindo, Lorong Mekar Jaya Kb. IX, Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Jam buka: Setiap Hari dari jam 09.00 - 20.00 WIB dan biaya parkir sekitar Rp5 ribu. 

4. Gunung Telasih

Instagram.com/strawberrykerinci

Siapa bilang ke Gunung hanya mendaki? Di Jambi, kamu bisa liburan ke Gunung Telasih sambil memetik buah. Gunung Telasih sendiri adalah objek wisata Kabupaten Kerinci yang masuk dalam kawasan wisata terintegrasi dengan kearifan lokal. 

Di Gunung Telasih, wisata yang dihadirkan khas pegunungan seperti sungai dengan air yang jernih, air terjun, hingga kebun buah strawberry yang luas. Tempat wisata hits Jambi ini juga memfasilitasi vila, camping ground, area bermain, serta taman bagi wisatawan. 

Kalau berniat ke Gunung Telasih, jangan lupa buat metik dan mencicipi segarnya buah strawberry dengan membayar Rp5 ribu. Untuk mencapai lokasi ini, kamu menempuh perjalanan sepanjang 9 kilometer dari Sungai Penuh hingga bertemu Desa Belui Tinggi, Kecamatan Depati Tujuh, jalan baru jalur Asrama Brimob - Air Terjun.

5. Pondok Meja Luar Ruangan

Instagram.com/pondokmeja_luarruangan

Kaya dengan hutan yang masih rindang, Jambi mempunyai tempat wisata khusus, yaitu Pondok Meja Luar Ruangan. Destinasi alam ini cocok banget untuk kamu yang jenuh melihat pemandangan di kota, yang penuh dengan pusat perbelanjaan. 

Pondok Meja Luar Ruangan memiliki tempat yang luas dengan suasana damai dan adem. Kamu dapat merasakan sensasi berkembang di tengah hutan, yang kelestarian alamnya terjaga dengan baik.

Pondok Meja Luar Ruangan mematok tarif camping ground Rp25 ribu per orang kalau membawa tenda sendiri. Kalau tidak membawa, tidak perlu khawatir. Ada fasilitas sewa tenda dengan harga Rp50 ribu. Tertarik untuk piknik bersama keluarga ke PMLR? Tinggal berkunjung ke Desa Pondok Meja, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi.

6. Air Terjun Telun Berasap

Instagram.com/kerinci_sungaipenuh

Air Terjun Telun Berasap, tempat wisata hits yang wajib banget dikunjungi pas ke Jambi. Nama Telun sendiri berasal dari fenomena nyentrik yang ada di air terjun tersebut. Wisata ini tidak hanya menyimpan pemandangan memukau, tetapi ada pesona mistisnya. 

Konon, cerita ini diturunkan dari generasi ke generasi. Masyarakat lokal kerap melihat kehadiran seorang putri yang duduk di atas air terjun dan sosok besar mengenakan jubah. Kedua sosok tersebut dianggap sebagai penjaga air terjun telun berasap.

Kisah legenda ini kian menarik minat wisatawan untuk melihat kecantikan air terjun, yang selalu muncul pelangi setelah hujan. Air Terjun Telun Berasap berketinggian 50 meter dan kekuatan air yang jatuh sangat kuat. 

Kabut magis yang menyelimuti air terjun membuat wisatawan betah berlama-lama di sana untuk berfoto atau menghilangkan penat. Tempat wisata alam tersebut terletak tidak jauh dari Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. 

Itulah destinasi viral dan asyik di Jambi. Apa tempat wisata favorit kamu di Jambi, Bela?

IDN Channels

Latest from Travel