Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Keajaiban Lembah Pandawa di Pasuruan, Surga Tersembunyi di Tengah Alam

Tempat syahdu buat relaksasi ala Bali

Ajenk Rama

Di tengah hingar bingar kehidupan modern, Lembah Pandawa di Pasuruan menjadi surga tersembunyi yang menawarkan kedamaian dan kecantikan alam. Dikelilingi pepohonan rindang, destinasi wisata alam ini cocok untuk menghilangkan penat atau relaksasi. 

Vibes Lembah Pandawa Pasuruan sekilas mirip Pulau Dewata, Bali. Yuk, jalan-jalan online menelusuri pesona menakjubkan dari tempat wisata syahdu di bawah ini. 

Menengok Lembah Pandawa Pasuruan

Instagram.com/chandrayani_permatasari

Pasuruan, kota santri yang terletak 60 km di sebelah tenggara Surabaya ini memiliki satu destinasi wisata alam, yaitu Lembah Pandawa. Lembah Pandawa Pandaan di Pasuruan, Jawa Timur resmi dibuka pada Desember 2023. 

Lembah Pandawa mengusung konsep bernuansa Bali dengan harapan dapat memberikan prefensi liburan yang mirip dengan panorama di pulau Dewata. Buat anak-anak, tak perlu khawatir, sebab tersedia kolam renang dan area bermain anak yang aman dan nyaman. 

Pandawa Pandaan Pasuruan juga memiliki restoran yang menghadirkan hidangan khas Nusantara. Tempat makan bersemi indoor ini punya space luas dan bikin pengunjung betah untuk bersantap sehabis menikmati keelokan alam.

Alamat, jam operasional, dan harga tiket masuk

Instagram.com/jamilatunmaysarie

Untuk kamu yang mau berkunjung ke Lembah Pandawa di Pasuruan mudah banget, sebab lokasinya strategis dengan pintu tol dan jalur bus. 

Alamat: Jalan Sedap Malam No.16, Genengan, Durensewu, Kec. Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur.

Jam operasional: Setiap hari, jam 07.00 – 17.00 WIB

Tiket masuk: Rp15.000 (sudah termasuk akses masuk ke Lembah Pandawa Pandaan, free welcome drink, serta fasilitas kolam renang), namun belum termasuk biaya parkir mobil dan sepeda motor. 

Biaya parkir: Rp3.000 (sepeda motor) dan Rp5.000 (mobil)

Wahana wisata Lembah Pandawa Pasuruan

Instagram.com/kin6240

Tidak sekadar menyelami keindahan panorama di sekitar Lembah Pandawa, tetapi tempat wisata ini juga memiliki beragam wahana seru untuk dicoba: 

  • Melukis: mulai dari Rp10.000
  • Animal ride: mulai dari Rp15.000
  • Kereta anak: mulai dari Rp10.000
  • Memancing: mulai dari Rp10.000
  • Kids ride: mulai dari Rp10.000
  • Playground: mulai Rp20.000
  • Perahu: mulai dari Rp10.000 (2x putaran)
  • Animal dokar: mulai dari Rp30.000
  • ATV: mulai dari Rp25.000 (3x putaran)

Cara menuju lokasi Lembah Pandawa Pandaan

travels.id

Untuk berwisata ke Lembah Pandawa Pandaan, ada beberapa alternatif transportasi yang dapat kamu gunakan. Memakai motor atau mobil membuat mobilitas kamu bergerak di wisata ini lebih fleksibel. 

  • Dari arah Malang

Buat kamu yang berkendara dari arah Malang, lajukan kendaraan menuju pintu tol Malang - Surabaya agar lebih cepat. Setelah masuk tol, keluar di Pandaan. Kemudian, arahkan ke jalan Desa Karangjati dengan melewati jalan raya bypass pandaan, sampai bertemu SPBU Pandawa. Di pertigaan, ambil jalan kiri menuju jalan Sedap Malam. Dari situ, ada Gubug Makan Mang Engking Pandaan dan lokasi wisata berada di seberang tempat makan. 

  • Dari arah Surabaya

Kalau berkendara dari Surabaya, maka arahkan kendaraan menuju tol Surabaya-Gempol. Dari Gempol, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Pandaan melewati jalan raya bypass Pandaan hingga melihat SPBU Pandawa. Dari sini, kamu akan bertemu pertigaan, namun ambil arah kiri ke jalan Sedap Mala. Jika bertemu Gubug Makan Mang Engking, te,mpat tujuan kamu sudah di depan mata, karena di seberang jalan itu Lembah Pandawa terlihat. 

Itulah sekilas destinasi wisata Lembah Pandawa Pandaan, surga tersembunyi di tengah alam kota Pasuruan. Bisa menjadi alternatif liburan baru, nih. Sudah siap healing di sana, Bela?

IDN Channels

Latest from Travel