Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Destinasi Wisata Kalimantan Tengah, Pesona Alam di Tanah Borneo

Saatnya ciptakan petualangan tak terlupakan

Ajenk Rama

Tempat wisata Kalimantan Tengah menjadi surganya para pencinta alam. Di tanah Borneo ini, masih banyak destinasi wisata yang belum terjamaah oleh wisatawan lokal dan asing, kondisi alamnya pun masih hijau dan asri untuk disambangi. 

Buat kamu yang membutuhkan eksplorasi destinasi wisata Kalimantan Tengah, Popbela punya rekomendasinya di bawah ini. 

1. Taman Nasional Tanjung Puting

Instagram.com/tanjungputing_tourism

Taman Nasional Tanjung Puting adalah rumah bagi kehidupan flora dan fauna Kalimantan Tengah, khususnya orang utan. Luas Taman Nasional ini mencapai 415.040 hektar, serta menjadi destinasi wisata primadona di Kalimantan Tengah, tepatnya Kotawaringin Barat. 

Di Taman Nasional Tanjung Puting, kamu masih bisa melihat orang utan berkembang biak dan berinteraksi langsung dengan memberi makan, seperti pisang, ubi, atau susu. Kamu perlu memilih tiga camp di taman tersebut, karena setiap camp memiliki raja orang utan. 

Lokasi TNTP berada di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Untuk sampai ke sana, berangkat dari Pangkalan Bun menuju Kecamatan Kumai. Dari Kumai, perjalanan dilanjutkan selama 15 menit. 

2. Riam Jerawi

Intimnews.com

Buat kamu yang membutuhkan wisata menantang, alam Kalimantan Tengah mempunyai destinasi bernama Riam Jerawi. Tempat wisata terletak di bagian hulu Sungai Katingan, tepatnya Desa Tumbang Tangoi, Kec. Petak Malai. 

Riam Jerawi memiliki panjang 2 kilometer dengan debit air cukup deras dan berpotensi menjadi sumber energi listrik. Untuk mencapai lokasi Riam Jerawi, kamu harus menempuh perjalanan selama 7,5 jam dari kota Kasongan menuju Desa Tumbang Tangoi. 

Area di Riam Jerawi masih sangat natural. Sejauh mata memandang, kamu masih melihat pesona bukit memanjang, disertai jurang yang terjal dan suara gempuran air. Di sini, kamu perlu berhati-hati saat berwisata agar tidak terseret arus sungai, ya.  

3. Dukuh Betung

Instagram.com/evtmayda

Saat berkunjung ke Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, jangan lupa untuk mampir ke wisata alam Dukuh Betung Tumbang Liting. Sebab, keindahan alamnya masih asri dan belum familiar di mata wisatawan. 

Dipopulerkan oleh Bupati Katingan, Dukuh Betung Tumbang Liting menawarkan liburan yang menenangkan dan memanjakan mata. Di sini, kamu dapat melihat pesona Sungai Liting dan beragam pohon buah, antara lain manggis, langsat, hingga durian. 

Lokasi menuju Dukuh Betung Tumbang Liting mudah dijangkau oleh kendaraan roda dua atau roda empat, tepatnya tidak jauh dari jalan besar kota Kasongan menuju Kereng Pangi, kecamatan Katingan Hilir. Jaraknya kurang lebih 4 kilometer dari jalan besar. 

4. Taman Hijau Kasongan

Instagram.com/sukaaasuka

Wisata Kalimantan Tengah berikutnya, adalah tempat wisata Taman Hijau Kasongan yang berada di Jalan Tjilik Riwut Trans Kalimantan. Ruang Terbuka Hijau Dana Reboisasi (RTH DH) ini berlokasi di tengah kota Palangkarya dan Sampit, Kotawaringin Timur. 

Wisata ini diberikan Taman Hijau Kasongan, karena lokasinya banyak ditumbuhi tanaman eksotis, yaitu bengkirai, meranti, kayu ulin, dan lain sebagainnya.

Taman ini kerap dijadikan tempat untuk bersantai saat sore hari, karena kesejukkan udara dan ada fasilitas taman bermain. Kehadiran Taman Hijau Kasongan turut mempercantik kawasan perkantoran Pemerintah Kabupaten Kasongan, Katingan. 

5. Matan Andau

Instagram.com/gesfotografi

Beralih ke Desa Tangkiling, ada destinasi wisata seru bernama Matan Andau. Seseru apa wisata yang berlokasi di kota Palangka Raya ini? Matan Andau itu beroperasi sejak tahun 2022 silam. 

Matan Andau adalah hasil keresahan orang-orang Palangka Raya yang senang berlibur ke Kalimantan Selatan, karena tempat wisata yang terbatas. Kini, wisata hits dengan konsep glamping seru menjadi pilihan tepat buat masyarakat untuk tidak berwisata ke luar daerah.

Wisata Matan Andau berlokasi di Jl Nusa Tangkiling, Banturung, Palangka Raya. Jaraknya sekitar 30 - 45 menit dari pusat kota. Tiket masuknya seharga Rp20 ribu dan tiket parkir sebesar Rp5 ribu. 

Dengan harga bersahabat, kamu dapat merasakan suasana alam yang tenang, spot foto eye-catching, kulineran, atau sekadar berjalan-jalan melepas penat. Cocok untuk liburan singkat, karena jam buka Matan Andau setiap hari dari jam 09.00 - 22.00 WIB.

6. Tepi Arut

Instagram.com/tepi_arutpbun

Dari Pangkalan Bun, melipir sejenak di Tepi Arut yang menyuguhkan konsep kulineran di tepi Sungai Kalimantan. Wisata kuliner khas Kalimantan Tengah ini berada di Jl P. Antasari, Gang Remaja, Kelurahan Raja, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat. 

Tepi Arut menghidangkan masakan laut dan seafood seperti ikan patin, nila, lais, baun, udang galah, hingga kepiting. Semua disajikan dalam bentuk dibakar atau digoreng. Ayam dan bebek juga tersedia. Buat generasi muda yang hobi menu sukiyaki juga ada dari paket Rp10 ribu hingga Rp30 ribu. 

Menyantap makanan di Tepi Arut, kamu akan ditemani matahari terbenam alias sunset yang berada tepat di tepi Sungai Arut. Senja menjadi suasana favorit wisatawan untuk mengambil konten atau berswafoto. Estetik banget khas anak senja, nih!

7. Kereng Bangkirai

Instagram.com/kerengbangkiraiofficial

Wisata Kereng Bangkirai masih menjadi primadona wisata Kalimantan Tengah. Kawasan yang terletak di Palangka Raya terkenal dengan ekosistem air hitam yang terawat dengan baik dan masih natural. Jarak tempuh untuk liburan di Kereng Bangkirai hanya 20 menit dengan jarak 11 km dari pusat kota. 

Di Kereng Bangkirai, bisa apa saja? Banyak, kamu bisa menyusuri wisata air hitam dengan kapal hias susur sungai, sepeda bebek air, atau perahu kelotok menuju Taman Nasional Sebangau, tempat wisata alam dan lokasi penelitian gambut. 

Biaya untuk menyewa wahana masih ramah di kantong sekitar Rp5 - Rp30 ribu. Di sini, ada gazebo, aula, menara pandang, serta warung penjaja makanan laut. Kereng Bangkirai juga memiliki spot cantik untuk berswafoto, lho. 

Itulah rekomendasi destinasi wisata Kalimantan Tengah dengan sejuta pesona. Tertarik untuk liburan ke sana, Bela?

IDN Channels

Latest from Travel