Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Rekomendasi Penginapan Dieng dengan Fasilitas Lengkap, Ada yang Rp97k

Penginapan Dieng dengan view alam yang indah

Aisyah Banowati

Udara yang sejuk dan bersih, hawa dingin, pemandangan alam yang indah, serta makanan lokal yang lezat adalah hal-hal umum yang dapat kamu temukan saat mengunjungi dataran tinggi Dieng. Objek wisata yang satu ini terletak di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Dataran tinggi Dieng yang berada di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut ini mendapat julukan 'Negeri di Atas Awan'. Hal ini dikarenakan dataran tinggi Dieng kerap diselimuti awan di waktu pagi hari. Bahkan, tak sedikit orang yang rela bangun saat hari masih gelap demi melihat keindahan Dieng saat tertutup awan.

Biar kamu nggak ketinggalan momen terbaiknya, sebaiknya mencari penginapan di daerah sekitar Dieng. Selain itu, ada banyak lokasi wisata menarik lain yang bisa dikunjungi di waktu luang. Nah, kalau bingung mau menginap di mana, Popbela telah mengumpulkan beberapa referensi penginapan Dieng untuk kamu bandingkan sebelum menetapkan pilihan.

Psstt... . Sayang banget kalau ke Dieng tapi cuma sehari doang, lho!!!

1. Cabilion by Diengcool Group

traveloka.com

Alamat: Jl. Arjuna Barat Kari Sari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Harga: mulai dari Rp789.256

Cabilion Dieng hanya berjarak sekitar 3 menit dari objek wisata Telaga Warna dan komplek Candi Arjuna. Selain kedua lokasi populer yang telah disebutkan sebelumnya, tak jauh dari Cabilion Dieng terdapat lokasi wisata lain di antaranya Bukit Sikunir, Kawah Sikidang, Batu Angkruk, hingga pemandian air hangat.

Selain dekat dengan lokasi wisata, Cabilion juga punya bentuk bangunan yang unik nan estetik. Hamparan ladang, pemandangan bukit di kejauhan, udara yang sejuk dan dingin membuat waktu menginap terasa lebih menyenangkan. Walau hanya berdiam diri di dalam kamar dijamin tidak akan bosan, deh!

2. Homestay Cahaya Sikunir

homestaycahayasikunir.com

Alamat: Jl. Telaga Cebong, Desa Sembungan, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah.

Harga: mulai dari Rp500.000/malam

Homestay Cahaya Sikunir menawarkan tempat menginap yang menghadap langsung Danau Telaga Cebong dan Bukit Sikunir. Selain danau dan bukit, sekitaran penginapan dikelilingi oleh area pertanian kentang dan carica. 

Menariknya lagi, terdapat jasa paket tour Dieng yang dapat kamu lihat ketersediannya di situs homestaycahaya.com. Jika memilih paket wisata kamu tak perlu lagi kebingungan perihal transportasi dan akomodasi saat berlibur.

3. Bagas Luxury Camp

instagram.com/bagas_luxurycamp

Alamat: Maron, Menjer, Kec. Garung, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

Harga: mulai dari Rp400.000/malam

Menginap di Bagas Luxury Camp artinya kamu dapat menikmati keindahan Telaga Menjer sepanjang hari. Tempat menginap yang satu ini terletak di ketinggian 1500 mdpl serta dikelilingi oleh Gunung Sindoro, Gunung Kembang, Gunung Bisma, Gunung Pakuwaja, dan Bukit Seroja.

Terdapat beberapa pilihan kamar seperti Luxury Wooden Cabin, Family Wooden Cabin, Wooden Cabin, Glamping, hingga Couple Tent. Terdapat pula fasilitas tambahan seperti alat BBQ, api unggun, serta area resto yang menyajikan berbagai menu khasnya.

4. Tani Jiwo Hostel

tanijiwo.com

Alamat: Jl. Raya Dieng No.31, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Harga: mulai dari Rp97.200/malam (shared room) dan Rp388.041 (private room)

Tani Jiwo Hostel memberi kamu pilihan untuk menginap di kamar privat atau shared room. Kamar privat menyediakan kasur king size yang muat dua sampai tiga orang sehingga cocok di-booking jika kamu pergi liburan bersama keluarga.

Di sisi lain, jika kamu dalam mode backpaker, maka pilihan shared room akan lebih menghemat bujet. Kamu dapat menginap dengan harga lebih murah namun tetap aman dan nyaman.

Tani Jiwo Hostel juga menyediakan fasilitas publik berupa Wi-Fi, co-working space, shared kitchen, perpustakaan, kamar mandi dengan air panas, loker, sarapan gratis, hingga penyewaan sepeda. 

5. The Moby Park

instagram.com/themobypark

Alamat: Blembem, Kaliurip, Damarkasiyan, Kec. Kertek, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

Harga: Rp345.000 (private glamping) dan Rp385.000 (family glamping)

The Moby Park dibangun di kawasan perkebunan teh bedakah di Wonosobo. Hal ini membuat suasana di sekitar The Moby Park terasa sejuk dan asri. Nah, buat kamu yang ingin camping, The Moby Park juga menyediakan paket camping mulai dari Rp45.000 per malam.

Selain menyediakan tempat menginap, di sini juga ada cafe yang cocok banget buat kamu yang suka nongkrong. Atau jika suka dengan kegiatan tracking, kamu bisa mendaki Gunung Cilik Kaliurip yang berjarak 500 meter dari The Moby Park.

Itulah lima rekomendasi Penginapan Dieng yang memiliki fasilitas lengkap plus punya pemandangan alam yang menakjubkan. Punya rekomendasi penginapan lainnya? Yuk, komen di bawah.

IDN Channels

Latest from Travel