Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Banjarbaru yang Hits!

Mau jalan-jalan ke taman bermain atau wisata alam, nih?

Aisyah Banowati

Meski belum sepopuler kota lain di Tanah Air, wilayah Banjarbaru menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik untuk kamu eksplorasi. Mulai dari taman bermain hingga wisata alam, di sini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. 

Banjarbaru merupakan kota administratif yang berada di Kabupaten Banjar, Martapura, Kalimantan Selatan. Saat ini, status kota Banjarbaru adalah ibu kota provinsi Kalimantan Selatan menggantikan kota Banjarmasin. 

Nah, buat kamu yang bingung harus ke mana saat berkunjung ke kota Banjarbaru, berikut rekomendasi tempat wisata di Banjarbaru yang lagi hits.

1. Kastel D'Legenda

instagram.com/dlegenda2023

Kastel D'Legenda merupakan salah satu tempat wisata terbaru di Banjarbaru. Kastel yang mengusung konsep istana para bangsawan tersebut baru saja buka di tahun 2023. Di sini, para pengunjung dapat menghabiskan waktu dengan berfoto di berbagai spot menarik seperti rumah penyihir, kampung indian, rumah cowboy, hingga rumah Belanda. 

Selain itu, tersedia wahana bermain yang seru dan menarik di antaranya terdapat ATV, sepeda listrik, hingga perahu dayung. Ada pula kafe dan restoran untuk memuaskan rasa lapar, serta fasilitas pendukung seperti toilet, ruang ibadah, dan tempat parkir untuk para pengunjung. 

Alamat: Dusun Sungai Abit, Kelurahan Cempaka, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru.

Tiket masuk: Rp20.000/orang

2. Alaska Park Banjarbaru

instagram.com/alaskaparkbanjarbaru

Tak jauh dari lokasi wisata Kastel D'Legenda terdapat taman bermain lainnya, yakni Alaska Park. Di sini tersedia permainan seperti boom-boom car, gocar balap, rainbow slider, hingga kora-kora.

Terdapat juga berbagai spot foto menarik seperti kastel, dino forest, ghost forest, lorong pelangi, miniatur patung Liberty dan Merlion, taman kincir angin, hingga taman bernuansa Jepang yang cocok untuk menghabiskan waktu sambil bersantai. 

Alamat: Jl. Sungai Abit, RT.27/RW.09, Cempaka, Kec. Cemp., Kota Banjar Baru.

Tiket masuk: Rp30.000/orang (weekday) dan Rp40.000/orang (weekend)

3. Palm Mini Waterpark

instagram.com/palm.miniwaterpark

Tempat wisata di Banjarbaru satu ini cocok untuk para pencinta permainan air. Palm Mini Waterpark merupakan taman wisata air yang menyediakan berbagai jenis kolam. Mulai dari kolam untuk balita, kolam anak yang dilengkapi perosotan dan ember tumpah, serta kolam semi olimpik yang bisa digunakan oleh remaja hingga orang dewasa.

Menariknya lagi, di sini pengunjung bisa bermain mandi busa yang dijadwalkan setiap jam sepuluh pagi, jam dua siang, dan jam setengah lima sore. 

Alamat: Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

Tiket masuk: Rp20.000/orang (weekday) dan Rp25.000/orang (weekend)

4. Kebun Raya Banua

instagram.com/kebunrayabanuaofficial

Kebun Raya Banua merupakan kebun yang fokus pada tanaman obat dan konservasi tanaman langka khas Kalimantan. Tempat wisata edukasi di Banjarbaru yang satu ini terbagi menjadi beberapa zona, di antaranya koleksi tumbuhan kayu, koleksi tumbuhan aromatik dan rempah, hingga koleksi tumbuhan dikotil.

Kebun Raya Banua juga memiliki fasilitas yang lengkap seperti rumah kaca, gedung herbarium, plaza utama, pusat penelitian tanaman obat, embung botani, tugu reklamasi, taman labirin, dan menara padang. 

Alamat: Jl. Aneka Tambang, Palam, Kec. Cemp., Kota Banjarbaru.

Tiket masuk: Rp7.000 (orang dewasa) Rp5.000 (pelajar) dan Rp4.000 (anak-anak)

5. Bukit Matang Kaladan

instagram.com/pesona.indonesia

Tempat wisata di Banjarbaru berikutnya adalah Bukit Matang Kaladan yang cocok buat trekking. Untuk mencapai puncak bukit, para pengunjung perlu mendaki tebing curam dengan berjalan di atas ribuan anak tangga setinggi kurang lebih 400 meter. 

Perjalanan mendaki memakan waktu kurang lebih 30 menit. Namun, jika merasa keberatan harus berjalan kaki tersedia jasa ojek motor sampai puncak Bukit Matang Kaladan. Setelah tiba di atas, pengunjung dapat menikmati pemandangan dari waduk Riam Kanan.

Alamat: Aranio, Kec. Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Tiket masuk: Rp3.000/orang

6. Bukit Lentera

instagram.com/tsel4u

Ingin tempat wisata di Banjarbaru yang bisa berkemah? Bukit Lentera merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam sambil berkemah. Untuk dapat sampai ke puncak bukit, para wisatawan dapat berjalan kaki, bersepeda, atau mengendarai motor. 

Apabila wisatawan ingin menikmati pemandangan dari tempat yang lebih tinggi dapat menaiki menara pantau setinggi kurang lebih 20 meter. 

Alamat: Cempaka, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

Tiket masuk: -

7. Museum Lambung Mangkurat

muslam.kalselprov.go.id

Kembali ke tempat wisata edukasi di Banjarbaru, nama Museum Lambung Mangkurat diambil dari salah tokoh Hikayat Banjar yang cukup dikenal. Bangunan pertama museum ini didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1907. Kemudian, bangunan ini mengalami perbaikan dan diresmikan ulang oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Daoed Joesoef. 

Setiap hari museum buka mulai pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WITA. Para pengunjung yang datang ke Museum Lambung Mangkurat dapat mengunjungi Ruang Sejarah dan Budaya, Ruang Lukisan, Ruang Keramik, dan Ruang Kain.

Alamat: Jl. Jenderal Ahmad Yani Km. 36, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

Tiket masuk: Rp3.000 (anak-anak) Rp5.000 (dewasa) dan Rp10.000 (turis)

Jadi, berencana berkunjung ke tempat wisata di Banjarbaru yang mana dulu, nih?

IDN Channels

Latest from Travel