'All Eyes On Papua' Trending, Apa Penyebabnya?

Masyarakat adat sampai berunjuk rasa di depan Mahkamah Agung

'All Eyes On Papua' Trending, Apa Penyebabnya?

Di Instagram Story, template All Eyes On Papua tengah ramai diunggah oleh netizen. Hal ini terkait polemik masyarakat adat Suku Awyu dan Moi dengan pemerintah soal lahan yang rencananya akan diubah menjadi perkebunan sawit. 

Lalu, hal apa saja yang membuat konflik ini begitu disorot oleh masyarakat Indonesia dari berbagai provinsi lain? Simak pembahasannya di bawah ini.

Latar belakang gerakan All Eyes On Papua

'All Eyes On Papua' Trending, Apa Penyebabnya?

Gerakan All Eyes On Papua mulai merebak usai video aksi unjuk rasa masyarakat adat Suku Awyu di depan gedung Mahkamah Agung menjadi viral. Dengan mengenakan pakaian adat, mereka menuntut pemerintah yang merampas hutan sumber kehidupan mereka untuk perusahaan perkebunan kelapa sawit.

Usut punya usut, hutan masyarakat Awyu memang telah ditetapkan menjadi perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia melalui Proyek Tanah Merah. Proyek besar ini melibatkan setidaknya tujuh perusahaan, yaitu PT MJR, PT KCP, PT GKM, PT ESK, PT TKU, PT MSM, dan PT NUM. Izin kelayakan lingkungan hidup pun telah diberikan oleh pemerintah provinsi kepada PT Indo Asiana Lestari (PT IAL).

Proyek tersebut menuai kecaman karena PT IAL mengantongi izin untuk lahan seluas 36.094 hektare, atau setara dengan separuh lebih wilayah Jakarta. Lahan tersebut mencaplok sebagian wilayah hutan adat masyarakat marga Moro, yang merupakan bagian dari Suku Awyu.

Aksi unjuk rasa masyarakat adat

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here

























© 2024 Popbela.com by IDN | All Rights Reserved

Follow Us :

© 2024 Popbela.com by IDN | All Rights Reserved