Tapera Mulai Berlaku Mei 2024, Ini Informasi Peserta dan Besar Iuran

Iuran Tapera mulai berlaku pada 20 Mei 2024

Tapera Mulai Berlaku Mei 2024, Ini Informasi Peserta dan Besar Iuran

Publik belakangan ini digaduhkan dengan pembahasan iuran Tabungan Perumahan Rakyat atau Tapera, yang diketahui sebagai aturan iuran dana tabungan perumahan rakyat dan telah ditetapkan Presiden Joko Widodo pada, Senin (20/05/2024). Sejauh ini, aturan iuran Tapera bahkan sudah tertulis dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2024.

Munculnya aturan Tapera, ternyata menarik banyak pro kontra masyarakat Indonesia. Apalagi, saat mengetahui besaran iuran atau potongan gaji yang berlaku setiap bulan untuk dana tabungan ini.

Lantas, seperti apa pengertian Tapera, jadwal berlaku, hingga informasi pesertanya? Mari simak informasinya dalam artikel berikut ini, Bela!  

Apa yang dimaksud dengan Tapera?

Tapera Mulai Berlaku Mei 2024, Ini Informasi Peserta dan Besar Iuran

Melalui pasal 1 PP Nomor 21 Tahun 2024, kita bisa mengetahui bahwa Tabungan Perumahan Rakyat atau Tapera adalah penyimpanan yang dilakukan oleh peserta secara periodik dalam jangka waktu tertentu, untuk dimanfaatkan sebagai pembiayaan perumahan dan/atau dapat dikembalikan berikut hasil pemupukannya setelah kepesertaan berakhir.

Jadi, Tapera termasuk jenis simpanan yang disetorkan setiap bulan dalam jangka waktu tertentu untuk pembiayaan rumah. Nantinya, dana Tapera akan diambil dari gaji peserta tiap bulannya dan akan dikelola oleh Badan Pengelola Tapera atau BP Tapera.

Melalui BP Tapera, ada beberapa program berupa Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Bangun Rumah (KBR), dan Kredit Renovasi Rumah (KRR) dengan tenor hingga 30 tahun dan suku bunga tetap di bawah suku bunga di pasaran.

Siapa saja peserta Tapera?

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here

























© 2024 Popbela.com by IDN | All Rights Reserved

Follow Us :

© 2024 Popbela.com by IDN | All Rights Reserved