Makin Pelik! Korea Selatan Putar Lagu BTS di Perbatasan Korea Utara

Pro kontra terhadap aksi balas dendam Korea Selatan

Makin Pelik! Korea Selatan Putar Lagu BTS di Perbatasan Korea Utara

Permasalahan antara Korea Selatan dan Korea Utara belakangan ini memang kembali memanas. Bahkan, kini tersiar kabar kalau Kantor Kepresidenan Korea Selatan mengumumkan dinyalakannya pengeras suara (loudspeaker) di daerah-daerah perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan pada, Minggu (9/06/2024).

Korea Selatan setel lagu BTS di perbatasan Korea Utara

Makin Pelik! Korea Selatan Putar Lagu BTS di Perbatasan Korea Utara

Melansir dari Koreaboo, pengeras suara raksasa yang berada di sepanjang perbatasan antara Korea Selatan dengan Korea Utara untuk menyiarkan propaganda anti-Korea Utara. Pengeras suara milik Korea Selatan itu memutar lagu-lagu populer BTS, seperti “Butter” dan “Dynamite”.

Lewat pengeras suara ini akan memberitahukan realitas yang terjadi di Korea Utara, bagaimana majunya Korea Selatan dengan keragaman budayanya. Kantor Kepresidenan mengatakan melalui pengeras suara ini akan memberi harapan baru kepada bagi masyarakat Korea Utara untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Selain itu, gerakan ini tentunya jadi respons Korea Selatan karena tindakan bertubi-tubi Korea Utara yang mengirim balon udara berisikan sampah ke wilayah Korea Selatan.

Korea Selatan dianggap bisa memicu provokasi

Meski begitu, Kim Yo Jong yang dikenal sebagai saudara perempuan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, menanggapi siaran propaganda Seoul, dengan menyatakan bahwa mereka berisiko memprovokasi adanya 'krisis konfrontasi'.

"Ini adalah awal dari situasi yang sangat berbahaya," pungkas Kim Yo Jong mengutip dari Koreaboo.

Analis politik percaya, bahwa Korea Utara sangat sensitif terhadap siaran-siaran Seoul yang bisa memekakkan telinga. Mereka melihat pesan-pesan seperti itu berpotensi menurunkan moral pasukan garis depan, serta memicu kekhawatiran warga sekitar mengenai respon Kim Jong Un.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here