Robot dengan Jaringan Kulit Hidup, Ciptaan Ilmuwan Jepang

Jaringan kulitnya memungkinkan robot tersenyum secara alami.

Robot dengan Jaringan Kulit Hidup, Ciptaan Ilmuwan Jepang

Tahukah kamu, kalau sekelompok ilmuwan di Jepang dikabarkan tengah melakukan percobaan untuk mengembangkan robot yang dapat meniru ekspresi manusia, yakni senyuman?

Menariknya, keberhasilan ini diuji dengan memanfaatkan jaringan kulit manusia yang tumbuh di laboratorium. Dengan cara ini, robot dapat memiliki bentuk yang menyerupai fisik manusia atau bersifat humanoid sehingga memungkinkan terjadinya ekspresi tertentu.

Ingin tahu lebih lengkap mengenai pengembangan robot dengan jaringan kulit manusia? Penasaran juga dengan manfaat dan dari pengembangan robot ini, bukan?

Proses pengembangan

Robot dengan Jaringan Kulit Hidup, Ciptaan Ilmuwan Jepang

Berdasarkan jurnal Cell Reports Physical Science (2024), tim peneliti dari Universitas Tokyo yang dipimpin oleh Profesor Shoji Takeuchi memulai pengembangan dengan menciptakan robot berbentuk jari yang dilengkapi perforasi atau lubang-lubang kecil pada permukaan wajah. 

Hal ini dilakukan untuk memungkinkan penempelan jaringan kulit rekayasa pada permukaan non-biologis yang kompleks dengan kuat, tetapi tetap fleksibel saat robot bergerak. Metode ini terinspirasi dari struktur ligamen kulit manusia yang sebenarnya.

Melansir dari techxplore.com, jaringan kulit rekayasa yang dimaksud terambil dari sampel sel kulit manusia. Sel kulit ini kemudian ditumbuhkan di Laboratorium Sistem Biohybrid untuk membentuk suatu jaringan kulit rekayasa. 

Setelah jaringan kulit tersebut terbentuk, para ilmuwan mengaplikasikan metode adhesi atau teknik menggabungkan atau menempelkan material biologis (jaringan kulit rekayasa) pada permukaan non-biologis, yaitu komponen robot dengan perforasi.

"Dengan meniru struktur ligamen kulit manusia dan menggunakan perforasi berbentuk V khusus pada bahan padat, kami menemukan cara untuk mengikat kulit pada struktur kompleks. Fleksibilitas alami kulit dan metode adhesi yang kuat memastikan kulit dapat bergerak bersama komponen mekanis robot tanpa robek atau terkelupas," jelas Profesor Shoji Takeuchi.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here

























© 2024 Popbela.com by IDN | All Rights Reserved

Follow Us :

© 2024 Popbela.com by IDN | All Rights Reserved