Jejak Gempa Megathrust di Zaman Kuno: Kota Hancur, Peradaban Hilang

Ingin menyaksikan seberapa parah dampak gempa megathrust?!

Jejak Gempa Megathrust di Zaman Kuno: Kota Hancur, Peradaban Hilang

Bencana gempa bumi adalah insiden alam yang sulit diprediksi secara absolut, termasuk gempa bumi berkekuatan hingga 9,9 magnitudo yang dikenal sebagai megathrust. Berdasarkan berbagai pemberitaan, para ahli kini memperkirakan adanya potensi ancaman megathrust, khususnya di beberapa lokasi di Indonesia.

Namun, ancaman megathrust bukanlah hal baru. Jejak gempa megathrust telah ditemukan di zaman kuno melalui penelitian arkeologis. Bukti fisik yang tersebar di beberapa lokasi di bumi ini pun memperkuat pemahaman mengenai megathrust dan dapat berguna dalam merespons ancaman serupa di masa depan.

Kalau begitu, mari kita sama-sama menjelajahi salah satu jejak gempa megathrust di zaman kuno secara virtual melalui ulasan di bawah ini. Kamu pasti penasaran di mana lokasinya dan bagaimana penampakannya, bukan?

1. Hilangnya peradaban kota besar

Jejak Gempa Megathrust di Zaman Kuno: Kota Hancur, Peradaban Hilang

Melansir dari english.elpais.com, para ahli dari berbagai universitas di Spanyol dan Meksiko telah melakukan rangkaian penelitian mengenai hilangnya peradaban kota-negara Teotihuacán, sebuah situs arkeologi di Lembah Meksiko yang merupakan salah satu pusat kekuasaan pra-Hispanik terpenting di benua Amerika.

Hal ini dibuktikan melalui jejak arkeologis dari abad kedua, dengan populasi yang diperkirakan mencapai 100.000 penduduk. Namun, memasuki abad ketujuh, para ahli menemukan bahwa jumlah penduduk di kota-negara Teotihuacán mengalami penyusutan hingga mencapai kurang dari 5.000.

Diterbitkan di Journal of Archaeological Science, berjudul Teotihuacán: Ancient Culture Affected by Megathrust Earthquakes During the Early Epiclassic Period (2024), hasil studi memaparkan faktor penyebab yang mengejutkan, yakni lima gerakan seismik besar, yang diperkirakan terjadi sekitar tahun 100 dan 650 M.  

Dalam penjelasannya, gerakan tersebut diyakini mengarah pada gempa megathrust berulang di Palung Mesoamerika di Samudera Pasifik. Dampaknya, kerusakan signifikan terjadi pada bangunan-bangunan utama di Teotihuacán, mengakibatkan keruntuhan peradaban pusat kekuasaan pra-Hispanik secara perlahan.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here

























© 2024 Popbela.com by IDN | All Rights Reserved

Follow Us :

© 2024 Popbela.com by IDN | All Rights Reserved