Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kronologi Wanda Harra Dihujat Akibat Kenakan Cadar di Pengajian

Sudah buat video klarifikasi dan permintaan maaf

Zikra Mulia Irawati

Fashion stylist Wanda Harra beberapa hari terakhir menuai hujatan akibat mengenakan cadar di pengajian Ustaz Hannan Attaki. Netizen mengaku geram usai mengetahui fakta bahwa Wanda adalah seorang transpuan yang terlahir sebagai laki-laki, tetapi bergabung di tempat jamaah perempuan. Padahal, ia seharusnya tetap bergabung dengan jamaah laki-laki.

Huru-hara media sosial ini makin panas ketika Nikita Mirzani ikut angkat suara. Wanda pun telah membuat video klarifikasi dan secara langsung meminta maaf kepada pihak-pihak yang telah terseret. Simak kronologi lengkap kontroversinya di bawah ini.

Ramai dibahas di Komunitas Marah Marah

x.com/Lalalalqui

Kontroversi bermula dari foto unggahan Syahnaz Shadiqa bersama Nagita Slavina dan rekan-rekannya yang tengah menghadiri pengajian Ustaz Hanan Attaki. Netizen di platform X, @Lalalalqui, menyadari bahwa sosok bercadar di dalam foto tersebut adalah Wanda Harra. Ia mengungkapkan kekesalannya dengan mengunggah foto ini ke Komunitas MARAH MARAH.

"Kalian tau wandahara kannn?? Ini beneran gaada otak. Dia datang ke pengajian PENGAJIAN ustad hanan attaki WOII tapi gunain cadarr. Ga punya otak dari pada memaksakan bagus lu gausah ikut. Sorry to say circle diapun ngapai mewajari hal ini??? GILA LU SEMUA," tulisnya.

Unggahan itu langsung mengundang netizen lain untuk ikut berkomentar. Sebagian besar mengaku sama-sama geram karena Wanda telah mempermainkan aturan agama. Sosok lain di foto tersebut juga ikut terkena imbas karena dianggap menormalisasi tindakan ini.

Dalam cuitan lanjutannya, @Lalalalqui mengaku ia tak melarang Wanda untuk datang ke kajian agama. Hanya saja, ia kecewa dengan pilihan busana penata gaya tersebut serta pilihannya untuk bergabung ke tempat jamaah perempuan.

"Aku gaada menyalahi dia ikut kajian. Tapi aku menyalahi tindakan yang dia lakukan. Gaada yang ngomongi masalah dosa. Apa yg dia lakukan bisa merugikan org lain.
Kalau mmg pingin masuk kan bisa cuman pakai kemeja / kaos dan celana panjang. Ga perlu kan pakai gamis dan cadar??" lanjut @Lalalalqui.

Nikita Mirzani ikut bersuara

Dok. @videoparis - instagram.com/nikitamirzanimawardi_172

Meski tak terlibat langsung, Nikita Mirzani ikut berkomentar tentang isu ini. Senada dengan netizen, ia juga tak setuju dengan tindakan Wanda tersebut. Ia turut menyayangkan orang-orang di sekitar Wanda tak mencegah hal ini.

"Setelah gue cek, ustaz itu emang suka bikin kajian. Kajiannya tuh nyampur, ada cewek ada cowok, tapi dipisah cuma dalam satu ruangan. Nah, yang gue nggak habis pikir adalah kenapa si Wanda ini bisa bercadar? Berarti kan teman-teman di sekelilingnya itu men-support. Kalau nggak men-support, nggak mungkin si Wanda ini ada di tengah-tengah perempuan. Ustaznya pun kena prank," katanya.

Wanda Harra buat video permintaan maaf

instagram.com/wanda_haraa

Usai panen hujatan di berbagai media sosial, Wanda akhirnya membuat video permintaan maaf di media sosial pribadinya. Ia mengaku menyesal telah menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat akibat perbuatannya.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya Wanda Harra, dari hati yang paling dalam mohon maaf sebesar-besarnya atas kegaduhan ini, dalam kajian yang diselenggarakan oleh Ustaz Hanan Attaki," ujarnya.

Wanda menyadari kesalahannya dan telah berkomunikasi dengan sang ustaz dan pihak penyelenggara kajian tersebut. Ia juga meminta maaf kepada teman-temannya yang ikut terseret serta masyarakat Indonesia.

"Terima kasih telah mengingatkan saya. Kurangnya ilmu saya membuat saya tidak berpikir panjang dalam kejadian ini. Kepada seluruh masyarakat Indonesia, saya benar-benar minta maaf. Saya sadar kejadian ini semua adalah teguran dari Allah SWT," sambungnya sambil menitikan air mata.

Nikita Mirzani pun ikut berkomentar di unggahan tersebut dan mengaku sudah berdamai dengan Wanda lewat video call bersama Nagita Slavina.

"Sebenernya ini bukan pelajaran untuk Wanda Harra aja, tapi Wanda Harra very gentleman karena sudah meminta maaf kepada masyarakat Indonesia. Udah, jangan diperpanjang lagi. Ini pelajaran untuk war wer wor di luar sana, yang belum sadar bahwa mereka  adalah laki-laki. Mau kalian tebas itu burung perkutut kalian, kalian tetap laki-laki. Mau (pakai) pakaian perempuan kek, mau berdandan, terserah. Kalau untuk urusan agama jangan dimain-mainka. Gue juga berdosa. Gue juga nggak seutuhnya paham tentang agama, tapi gue nggak akan pernah mainin agama yang gue anut dan gue percaya," terang perempuan yang akrab disapa Nikmir itu.

Tanggapan pihak penyelenggara & Ustaz Hanan Attaki

instagram.com/hanan_attaki

Ayah Amanah selaku pihak penyelenggara dan Ustaz Hanan Attaki pun mengaku tak mengetahui bahwa Wanda Harra diam-diam bergabung ke tempat jamaah perempuan mengenakan cadar. Sang ustaz lalu buka suara sambil mengunggah video permintaan maaf Wanda.

"Iya @wanda_haraa semoga ke depannya bisa lebih baik lagi. Semoga ini jadi jalan buat Wanda untuk terus belajar memperbaiki diri dan menempuh jalan kepada Allah. Ga ada manusia sempurna. Ga ada yg luput dari khilaf. Yang terpenting terus belajar. Yuk kita saling mendukung dalam hijrah & islah," tulis Ustaz Hanan Attaki.

Bagaimana tanggapanmu, Bela?

IDN Channels

Latest from News