Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Daftar Selebriti Western yang Vokal Suarakan "All Eyes On Rafah"

Mereka ikut geram melihat kebrutalan serangan yang terjadi

Zikra Mulia Irawati

Sejumlah selebriti Western ikut menyuarakan All Eyes On Rafah di media sosialnya. Hal ini berkaitan dengan serangan brutal yang dilakukan oleh Israel di kamp pengungsian Rafah, Palestina sejak 6 Mei lalu. Potret-potret memilukan pun bertebaran, menampilkan pengungsi yang tak bersalah berlumuran darah dan dibakar hidup-hidup.

Tak tahan, daftar selebriti Western di bawah ini akhirnya memanfaatkan pengaruh mereka untuk mengajak pengikutnya mengecam aksi tak manusiawi ini. Siapa sajakah mereka?

1. Gigi Hadid & Bella Hadid

instagram.com/bellahadid, gigihadid

Gigi Hadid dan Bella Hadid merupakan model terkenal keturunan Palestina-Belanda. Ayah mereka, Mohammed Hadid, merupakan korban langsung peristiwa Nakba 1948 yang membuat warga Palestina diusir dari tanahnya sendiri oleh Israel.

Oleh karena itu, tak mengherankan jika kakak-beradik ini lantang bersuara tentang keadilan Palestina sejak lama. Kali ini, mereka turut mengunggah tentang All Eyes On Rafah.

"Bisakah kamu membayangkan, melihat headline seperti itu dan tidak merasa marah dan jijik? Adakah orang yang bisa coba mengartikan atau menjelaskan ini? Mengerikan," tulis Bella.

2. Nicola Coughlan

Bintang utama Bridgerton 3, Nicola Coughlan memanfaatkan ledakan popularitasnya untuk makin lantang memperjuangkan keadilan bagi Palestina. Ia menyelipkan ajakan untuk berdonasi bahkan mengenakan pin merah #Artists4Ceasefire sembari mempromosikan serial hit yang ia bintangi.

"Kalian mungkin baru-baru ini sudah melihatku mengenakan pin merah dan acara pers sementara aku berpikir sepertinya ini momen yang tepat untuk berbagi informasi tentang apa itu Artists For Ceasefire dan apa yang tengah kami perjuangkan," kata Nicola dalam salah satu unggahannya.

3. Kehlani

instagram.com/kehlani

Sejak serangan Israel ke Palestina meletus pada Oktober lalu, Kehlani merupakan sosok penyanyi yang tak takut akan kehilangan penggemar karena begitu vokal menentang aksi genosida tersebut. Hingga hari ini, ia masih terus membagikan informasi terbaru yang terjadi di Palestina.

"Lagi. Tunjukkan lagi. Katakan lagi. Katakan Palestina. Katakan genosida. Katakan terorisme Israel. Sebutkan penindasnya. Sebutkan kriminalnya. Sebutkan apa yang sudah mereka lakukan," tulis Kehlani di salah satu Instagram Story yang ia unggah.

4. Jade Thirlwall

instagram.com/jadethirlwall

Anggota grup Little Mix, Jade Thirlwall, bahkan sampai turun ke jalan untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Ia mengajak pengikutnya mengirim e-mail massal kepada pemerintah untuk mendesak penghentian serangan brutal Israel di kamp pengungsian Rafah yang diinisiasi oleh Humanti Project.

5. Dua Lipa

instagram.com/dualipa

Dua Lipa yang akan segera menggelar konser di Jakarta, juga mengecam aksi serangan Israel di Rafah. Ia ikut geram melihat anak-anak turut menjadi korban.

"Membakar anak-anak hidup-hidup tidak bisa dibenarkan. Seluruh dunia bergerak untuk menghentikan Israel. Ayo tunjukkan solidaritas kalian untuk Gaza #AllEyesOnRafah," katanya. 

6. Jenna Ortega

Bintang Wednesday, Jenna Ortega, mengunggah foto anak-anak Palestina dengan caption yang menggambarkan rasa frustrasi akan apa yang terjadi di sana. Ia mempertanyakan di mana rasa kemanusiaan di saat para pengungsi anak-anak dibunuh dengan sadis.

"Orang-orang berdebat tentang gencatan senjata, sementara ribuan anak-anak terus dibantai. Di manakah kemanusiaan," ujarnya.

7. Jessie J

instagram.com/jessiej

Sementara itu, hati Jessie J pilu melihat anak-anak Palestina menjadi korban karena dirinya juga merupakan seorang ibu yang sempat mengalami keguguran. Ia menulis unggahan panjang yang mengungkapkan keprihatinannya.

"Orang-orang tidak bersalah tidak pantas mendapatkan ini, dalam situasi apa pun. Sekalipun. Anak-anak? Bayi. Aku masih tidak mengerti mengapa masih ada yang berdebat tentang hal ini," ungkapnya.

Selain daftar di atas, selebriti Western mana lagi yang juga ikut vokal menyuarakan keadilan Palestina dan All Eyes On Rafah yang kamu ketahui, Bela?

IDN Channels

Latest from News