Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Potret Upacara Peringatan 17 Agustus di Ibu Kota Nusantara

Kali pertama upacara 17 Agustus di IKN

Nindi Widya Wati

Rasa istimewa menyelimuti rangkaian hari peringatan kemerdekaan Indonesia ke-79. Lantaran, melalui acara bertajuk "Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus" diselenggarakan di Istana Negara Ibu Kota Nusantara, serta diikuti secara hybrid dari Istana Merdeka Jakarta, pada Sabtu (17/08/2024).

Melalui upacara peringatan 17 Agustus Kali ini, Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara. Upacara 17 Agustus kali pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN) berjalan dengan khidmat serta disambut penuh antusias melalui siaran langsung yang ditayangkan lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, pada pukul 08:15 WIB. 

Lantas, seperti apa potret upacara peringatan 17 Agustus di Ibu Kota Nusantara? Mari simak informasinya berikut ini, Bela!

1. Upacara peringatan 17 Agustus diikuti 1.114 pasukan

YouTube.com / Sekretariat Presiden

Upacara peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus yang diseleggerakan di dua tempat ini, diikuti oleh pasukan dari empat matra. Tercatat ada 340 pasukan di Istana Mardeka Jakarta, dan 774 pasukan di Istana Negara Ibu Kota Nusantara. 

2. Turut hadir Presiden Joko Widodo dan Presiden terpilih Prabowo Subianto

YouTube.com / Sekretariat Presiden

Rangkaian acara peringatan 17 Agustus 2024 di Istana Negara Ibu Kota Nusantara, dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Presiden terpilih Prabowo Subianto. Sedangkan, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka hadir di Istana Merdeka Jakarta. 

3. Upacara 17 Agustus di IKN ada 1.400 tamu undangan

YouTube.com / Sekretariat Presiden

Upacara peringatan 17 Agustus di Istana Negara Ibu Kota Nusantara dihadiri sekitar 1.400 tamu undangan. Mereka adalah menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju, tokoh agama dan budaya, hingga pekerja konstruksi sekitar Proyek Nusantara.

4. Rangkaian acara dibuka oleh penampilan Gita Bahana Nusantara

YouTube.com / Sekretariat Presiden

Gita Bahana Nusantara membuka rangkaian acara dari upacara peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus di Istana Negara Ibu Kota Nusantara, pada pukul 08:20 WIB. Tahun ini, Gita Bahana Nusantara beranggotakan 191 putra-putri terbaik hasil audisi dari berbagai provinsi di Indonesia.

Dipimpin oleh konduktor muda Eki Satria, Gita Bahana Nusantara membawakan beberapa lagu seperti "Candra Buana," karya Ismail Marzuki. Kemudian ada lagu "Nusantaraku," ciptaan A. Riyanto yang telah diaransemen ulang oleh Purwacaraka. Serta, lagu "Kalimantan" ciptaan Guruh Soekarnoputra yang diaransemen oleh Arvin Witarsa.

Terdapat pula penampilan perwakilan Gita Bahana Nusantara dari Sumatera Utara, Tri Handayani Daeli. Ia menyanyikan lagu "Melompat Lebih Tinggi" milik Sheila on 7 yang diaransemen oleh Aminoto Kosin. Lalu, Gita Bahana Nusantara juga membawakan lagu "Elok Indonesiaku", yang dinyanyikan oleh Englandny sebagai perwakilan dari Jambi, bersama Rahmat Zuanedi dari Gorontalo.

5. Musisi yang turut tampil dalam upacara 17 Agustus

YouTube.com / Sekretariat Presiden

Para musisi muda Indonesia juga turut memeriahkan upacara peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus. Lantaran, ada Vidi Aldiano yang menyanyikan "Zamrud Khatulistiwa" ciptaan Guruh Sukarno Putra. Lalu ada lagu "Lenggang Jakarta" karya Harry Sabar, yang dinyanyikan oleh Shanna Shannon bersama Jonimei Ferdilian sebagai perwakilan Gita Bahana Nusantara dari Maluku.

6. Apresiasi yang diberikan untuk Purna Paskibraka Duta Pancasila 2023

YouTube.com / Sekretariat Presiden

Sebelum upacara dimulai, ada sesi pengambilan Bendera Merah Putih dan Naskah Teks Proklamasi oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono. Selanjutnya, diberikan kepada Purna Paskibraka Duta Pancasila 2023 yaitu Kachina Ozora dan Keyla Azzahra Purnama untuk dibawa ke mimbar kehormatan, dengan dikawal oleh Paspamres.

7. Hadir pula peraih medali di Olimpiade Paris 2024

YouTube.com / Sekretariat Presiden

Para pahlawan olahraga Indonesia yang meraih medali di Olimpiade Paris 2024 juga turut hadir. Terpantau ada Veddriq Leonardo, Rizki Juniansyah, dan Gregoria Mariska Tunjung mendapat sambutan meriah di upacara peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN).

8. Petugas upacara peringatan 17 Agustus di IKN

YouTube.com / Sekretariat Presiden

Melalui upacara peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus di Istana Negara Ibu Kota Nusantara, teks proklamasi dibacakan oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani. Lalu, pembacaan doa dibacakan oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas. 

Upacara detik-detik proklamasi dalam rangka peringatan HUT Ke-79 Republik Indonesia, menunjuk Kolonel Inf Nur Wahyudi sebagai Komandan Upacara. Sedangkan, Brigjen TNI Bayu Permana menjadi Perwira Upacara, dan Kapten Mar. Muhammad Adam Septian Keulana menduduki posisi Komandan Kompi Paskibraka. 

9. Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara

YouTube.com / Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Lapangan Upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Presiden Jokowi tiba di Mimbar Kehormatan sekitar pukul 10.56 WITA dengan didampingi Ibu Iriana Jokowi.

10. Paskibraka di upacara peringatan 17 Agustus 2024

YouTube.com / Sekretariat Presiden

Terdapat 76 putera-puteri Indonesia yang terpilih sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional. Tugas dan peran dibagi ke dalam tim Nusantara Baru (pagi) dan tim Indonesia Maju (sore) dalam formasi 17, 8, dan 45.

Mengenai tim pengibar bendera Merah Putih di antaranya ada Andre RO Kabagaimu (Papua Pegunungan) sebagai Komandan Kelompok (Danpok) 17. Lalu, Livenia Evelyn Kurniawan (Kalimantan Timur) sebagai Pembawa baki, dengan Lutfiyah Naurasyifa Utoyo (Sulawesi Tenggara) menjadi Cadangan pembawa baki.

Sedangkan, Fifandra Ardiansyah Daud (Maluku Utara) sebagai Komandan Kelompok (Danpok) 8. Dengan Try Adyaksa S (Sulawesi Selatan) bertugas sebagai Pengerek, dan Akmal Faiz Ali Khadafi (Jawa Tengah) sebagai Pembentang bendera Merah Putih. 

Itulah, 10 potret upacara peringatan 17 Agustus di Istana Negara Ibu Kota Nusantara. Kalau ada informasi lain yang kamu tahu bisa tulis lewat kolom komentar, Bela! 

IDN Channels

Latest from News