Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Dikirimi Balon Sampah, Korea Selatan Balas Kirim USB Berisi Drakor

Apakah propaganda ini akan berhasil?

Niken Ari Prayitno

Minggu lalu Korea Selatan dihebohkan dengan ratusan balon berisi sampah yang dikirimkan oleh Korea Utara. Balon tersebut sudah mengganggu masyarakat Korea Selatan karena selain membuat kotor, balon yang terjatuh juga merusak benda-benda yang ada di bawahnya. Seperti fasilitas umum dan mobil yang diparkir.

Tak tinggal diam, para pembelot Korea Utara yang tinggal di Korea Selatan berencana untuk membalas serangan tersebut. Melansir dari Korea Herald, para pembelot ini akan mengirimkan 200 ribu selebaran anti-Korut dan 5 ribu USB berisikan drama Korea dan lagu KPop populer.

1. Dikirim dalam minggu ini

Berdasarkan informasi yang didapat, melansir dari Korea Herald, kabarnya selebaran dan USB tersebut akan dikirimkan pada Kamis pekan ini.

2. Ada lebih dari 900 balon berisi sampah telah diterbangkan dari Korea Utara ke Korea Selatan

Berdasarkan laporan, hingga Selasa pekan lalu Korea Utara sudah menerbangkan lebih dari 900 balon. Balon yang diterbangkan tersebut kemudian pecah, hingga mengotori jalanan di sebagian di kota Korea Selatan, khususnya yang berbatasan dengan Korea Utara.

Namun, menurut pihak berwenang Korea Selatan, sampah dari balon yang pecah tersebut tidak mengandung bahan atau zat berbahaya. Isinya hanya sampah dan kotoran.

Tetap saja, pihak berwenang telah mengimbau masyarakat untuk menghindari kontak langsung dengan limbah balon dan melaporkan ke polisi jika melihat sampah balon di dekat mereka.

3. Korea Selatan yang lebih dulu menyebarkan propaganda

Menanggapi adanya pembalasan dari Korea Selatan, adik dari Presiden Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong mengatakan bahwa apa yang mereka lakukan ini karena Korea Selatan-lah yang lebih dulu melakukan propaganda. Menurut Kim Yo Jong apa yang mereka lakukan tidak sebanding dengan apa yang dilakukan oleh Korea Selatan. Sebab, Korea Selatan telah lebih dulu dan lebih sering menerbangkan selebaran propaganda anti-Korea Utara.

Permasalahan ini tentu masih jauh menemui ujungnya mengingat sejarah perang dingin antara kedua ini telah berlangsng sejak lama.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang dari artikel yang pernah tayang di IDNTimes.com dengan judul "Korsel Balas Korut, Kirim USB Berisi Drakor dan Lagu K-Pop" ditulis oleh Sonya Michaella

IDN Channels

Latest from News