Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Hanni NewJeans Ungkapkan Kasus Bullying Selama di HYBE

Hanni dipanggil sebagai saksi dalam sidang parlemen

Mila Fitri Chairunisa

Kontroversi HYBE belum menunjukkan ujungnya. Bahkan, masalah tersebut memasuki babak baru dengan hadirnya Hanni NewJeans sebagai saksi di persidangan terakhir mereka. Selama sidang parlemen ini, Hanni terlihat menangis tersedu-sedu saat CEO ADOR, Kim Jooyoung, menyatakan penyesalannya atas situasi yang telah terjadi. Tentunya, kabar ini menggemparkan para penggemar dan menarik perhatian publik.

Lantas bagaimana kabar selanjutnya dan perkembangan masalah ini? Simak selengkapnya berikut ini, Bela.

Pemanggilan Hanni sebagai saksi sidang

allkpop.com

Pada hari Selasa, 15 Oktober 2024 Hanni NewJeans dipanggil oleh Majelis Nasional Korea Selatan sebagai saksi dalam persidangan yang membahas kasus bullying idol K-pop dan pelecehan di agensi tersebut. Selain itu, Kim Jooyoung, CEO ADOR sekaligus Chief Human Resources Officer HYBE juga menghadiri sidang parlemen tersebut.

Sebelumnya, pada bulan September, Hanni melakukan siaran live secara darurat di YouTube dengan member lainnya. Dalam siaran ini, ia mengungkapkan bahwa seorang manajer HYBE telah menunjukkan kekesalannya atas kasus bullying yang terjadi. Para member NewJeans menyatakan mereka telah melaporkan situasi tersebut kepad CEO ADOR, Kim Jooyoung, namun tetap tidak digubris dan mengambil tindakan secara hukum.

Kesaksian Hanni selama di persidangan

allkpop.com

Saat memberikan kesaksian, Hanni mengungkap berbagai kejadian lain yang dialaminya. Salah satunya adalah peristiwa yang melibatkan para petinggi HYBE yang memiliki jabatan diatas manajer grup Belift Lab. Di hari persidangan, Ketua Komite Ahn Ho Young, mengajukan pertanyaan kepada Hanni dan CEO Kim mengenai kasus bullying tersebut. 

"Ada satu lantai di gedung HYBE tempat kami menata rambut dan merias wajah. Saat itu, kami sedang mempersiapkan penampilan di festival universitas di Universitas Busan. Saya menyelesaikan tata rambut dan merias wajah lebih awal dan menunggu di lorong. Saat menunggu, tiga anggota tim (label) lain lewat. Seorang manajer wanita lewat. Saya menyapa para anggota dengan baik, dan sekitar 5 hingga 10 menit kemudian, orang yang sama kembali. Manajer itu menatap saya dan memberi tahu para anggota yang mengikutinya, ‘abaikan saja dia'," ujar Hanni.

Hanni mengakui jika masalah ini tidak hanya terjadi dalam satu kali saja. Ia juga mengakui melaporkan kejadian tersebut karena ingin tidak ada korban lain yang mengalami perundungan. Tak hanya itu saja, Hanni juga menyatakan bahwa ada masalah lainnya dengan manajer NewJeans, Min Hee-jin. Ia melihat karyawan agensi tersebut mencemooh nama NewJeans di sebuah aplikasi yang bernama Blind. Melalui pengakuannya ini, Hanni sangat yakin jika HYBE tidak menyukai NewJeans dan mencoba merusak kesuksesan mereka sebagai idol K-pop.

Tanggapan dari CEO Kim Jooyoung

allkpop.com

Di sisi lain, CEO Kim menyatakan pembelaannya dalam persidangan tersebut. Ia mengatakan bahwa mendapat sebuah laporan mengenai masalah perundungan pada tanggal 13 Juni 2024, melalui orang tua para member NewJeans.

"Saya meminta rekaman CCTV untuk melindungi artis tersebut, karena saya adalah salah satu anggota dewan Ador saat itu. Saya juga meminta konfirmasi dari label dan manajer artis tersebut mengenai insiden tersebut. Sayangnya, masa penyimpanan CCTV telah berakhir pada saat saya mengajukan permintaan. Saya juga memeriksa apakah rekaman tersebut dapat dikembalikan. Sayangnya, klaim dari kedua belah pihak saling bertentangan, dan situasinya masih belum jelas," jelas CEO Kim Jooyoung.

Kim juga menjelaskan bahwa manajer Min Hee-jin, yang terlibat berasal dari label lain dan menambahkan bahwa HYBE menjunjung rasa saling hormati dan budaya pada agensi tersebut. CEO Kim juga mengklarifikasi jika rekaman CCTV tidak sengaja dihapus. 

Ungkapan Hanni mengenai HYBE

allkpop.com

Setelah ia membeberkan pernyataannya, Hanni menjelaskan jika label tersebut melakukannya karena tidak menyukai NewJeans. Hanni merasa HYBE mencoba menjatuhkan NewJeans dan tidak bisa mengatakan bahwa insiden ini tidak terjadi karena konflik dari kedua belah pihak.

Hanni juga mengatakan, jika kasus bullying ini membuatnya percaya dengan rasa saling menghormati satu sama lain, tidak akan terjadi perundungan atau pelecehan di agensi tersebut.

Itulah ringkasan dalam persidangan kasus bullying yang dialami Hanni NewJeans selama di HYBE. Bagaimana pendapatmu, Bela? Kita doakan yang terbaik untuk Hanni dan member NewJeans lainnya, ya.

IDN Channels

Latest from News