Langkah Tegas Tiongkok Membatasi Flexing Influencer di Media Sosial

Sejumlah konten pamer kekayaan terkena blokir

Langkah Tegas Tiongkok Membatasi Flexing Influencer di Media Sosial

Influencer yang dikenal dengan gaya hidup mewahnya secara ajaib menghilang dari media sosial Tiongkok. Negeri Tirai Bambu itu tengah 'bersih-bersih' dan mengatur konten media sosial yang gemar flexing atau pamer kekayaan secara mencolok.

Beberapa akun influencer ternama China dengan pengikut lebih dari 1 juta terkena blokir dari Pemerintah sebagai upaya memerangi konten tidak bermanfaat. Presiden Xi Jinpang mengungkapkan tindakan flexing atau pamer kekayaan tidak sejalan dengan etos Partai Komunis Tiongkok. 

Apa faktor utama yang membuat Pemerintah China bereaksi keras soal flexing ini? Siapa saja influencer China yang terkena imbasnya? Ikuti penelusurannya hanya di Popbela. 

Mendukung gerakan kampanye 'Jelas dan Cerah'

Langkah Tegas Tiongkok Membatasi Flexing Influencer di Media Sosial

Administrasi Ruang Siber China menggaungkan kampanye positif demi membatasi ruang influencer yang memamerkan kekayaan dan dianggap bisa menimbulkan kejahatan online. Ini bukan langkah tegas pertama yang diambil, Pemerintah terus mendorong konten yang bersifat positif dan konstruktif di media sosial. 

Keputusan ini diambil ketika China semakin sensitif terhadap orang-orang yang senang flexing di tengah situasi ekonomi dunia yang merosot. Lewat kampanye 'jelas dan cerah', Pemerintah China tidak segan menindak influencer yang mengunggah konten gaya hidup mewah dan bergelimang harta. 

"Presiden Xi Jinping telah lama memberi isyarat bahwa memamerkan kekayaan secara berlebihan bertentangan dengan etos Partai Komunis Tiongkok. Pidato Tahun Barunya menyuarakan tentang kemakmuran bersama dan kebijakan yang sejalan dengan etos tersebut," ucap Dr. Matthew Schmidt, Profesor di Departemen Keamanan Nasional seperti dikutip dari Forbes. 

Mengurangi ketimpangan sosial yang begitu nyata

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here

























© 2024 Popbela.com by IDN | All Rights Reserved

Follow Us :

© 2024 Popbela.com by IDN | All Rights Reserved