Kemerosotan Siswa Baru di Korea Selatan, Krisis Populasi Kian Nyata

Sekolah Korea Selatan kosong bak kota hantu

Kemerosotan Siswa Baru di Korea Selatan, Krisis Populasi Kian Nyata

Isu krisis populasi bukan omong kosong belaka, Korea Selatan mengalami masalah serius terkait kemerosotan siswa di banyak sekolah. Penurunan jumlah siswa yang mendaftar di tahun ajaran baru membuat sekolah harus 'menutup pintu' mereka. 

Melandainya populasi Korea Selatan sangat mengkhawatirkan, sebab Negeri 'Para Oppa' akan kekurangan generasi muda, yang berdampak besar bagi berbagai sektor di negara tersebut.

Pemerintah Korea Selatan tak tinggal diam melihat situasi ini, mereka mengambil langkah strategis untuk menuntaskan masalah populasi yang terus menyusut. Lalu, apa penyebab kemerosotan siswa baru di Negeri Ginseng itu? Strategi apa yang diambil agar sekolah-sekolah yang ada tidak menjadi 'kota hantu'? Mari kita simak penelusurannya di bawah ini. 

Rendahnya angka kelahiran per tahun

Kemerosotan Siswa Baru di Korea Selatan, Krisis Populasi Kian Nyata

Kenaikan populasi berkaitan erat dengan tingginya angka kelahiran di setiap negara. Jika populasi menurun, maka angka kelahiran akan rendah. Yup, tren demografis telah berubah di Korea Selatan. Hal ini menyebabkan penurunan jumlah anak yang lahir dan bersekolah.

Menurut Korea Times, pada Februari 2024 hanya sekitar 19.362 bayi yang lahir di Korea Selatan. Total populasi diperkirakan menurun dari 51,67 juta pada 2022 menjadi 46,27 juta pada 2052, setelah mencapai puncaknya pada 51,75 juta pada 2024.

Jumlah bayi yang lahir mengalami kemerosotan sejak Oktober 2022. Menurunnya angka kelahiran akan mengurangi jumlah siswa baru yang masuk. Data The Korea Herald,  jumlah siswa baru bersekolah di Februari 2024 sekitar 357.771, dari bayi yang lahir di 2017.

Penurunannya cukup curam, sebab merosot dari 406.243 kelahiran di 2016. Tahun 2020, jumlah bayi yang lahir hanya 272.337 jiwa.  

Keengganan untuk melangsungkan pernikahan

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here