Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Hal Ini Jadi Alasan Mengapa Telur Termasuk Makanan Sehat

Karena sumber protein bukan dari daging saja

Rosita Meinita

Telur, yaps bahan makanan yang mempunyai banyak sekali nutrisi yang terkandung di dalamnya. Bahkan menurut pakar nutrisi Keri Glassman, MS, RD, CDN, di salam satu butir telur memiliki 13 vitamin, mineral penting dan enam gram protein berkualitas tinggi. Faktanya, di semua kandungannya hanya terdapat 70 kalori saja.

Nggak hanya lezat, telur juga mudah disajikan dengan cara apa saja. Bisa hanya direbus, diorak-arik, dibuat olahan masakan yang beraneka ragam, ataupun untuk bahan baku pembuatan kue. Masuk di berbagai jenis olahan bukan?

Jika kamu masih menghindari telur, inilah alasannya mengapa telur merupakan makanan sehat.

1. Telur mengandung protein

freepik.com/ freepik

Satu telur mengandung sekitar 6 gram protein. Artinya, makan sedikit saja akan memberikanmu rasa kenyang. Nah, jika kamu seorang vegetarian, telur merupakan bahan makanan yang bagus untuk mencari sumber protein pengganti daging.

2. Telur sumber vitamin D yang baik

freepik.com/ freepik

Vitamin D berkaitan dengan vitamin yang dihasilkan oleh sinar matahari. Jika kamu sulit untuk mendapatkan cukup sinar matahari, dan pastinya untuk menghindari kanker kulit, telur salah satu solusinya.

Vitamin yang penting untuk kesehatan tulang karena membantu tubuh menyerap kalsium. Nggak hanya itu, telur juga mengandung vitamin-vitamin yang sulit ditemukan seperti B12 dan K.

3. Telur baik untuk otak dan bayi

freepik.com/ freepik

Telur juga merupakan sumber kolin yang baik, zat gizi mikro yang digunakan neurotransmitter yang penting untuk daya ingat. Kolin juga penting untuk perkembangan otak janin dan bayi, oleh karena itu ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi telur.

4. Telur nggak akan meningkatkan kolesterolmu

freepik.com/ natashabreen

Yaps, telur mengandung kolesterol tapi nggak akan meningkatkan kadar kolesterol darah atau meningkatkan resiko jantung. Jangan lupa untuk menghindari lemak trans dan gula sebagai gantinya.

5. Baca label untuk telur berkualitas baik

freepik.com/ freepik

Kamu bisa membeli telur yang mempunyai labelnya. Label produk ini menandakan ayam mempunyai kualitas yang baik. Jadi, nggak diragukan lagi untuk bagaimana kualitas ayam betina dari telur tersebut.

IDN Channels

Latest from Food