Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tempat Makan Keluarga di Jogja yang Nyaman dan Estetik

Makanannya lezat

Nafi' Khoiriyah

Berkumpul bersama keluarga sambil makan atau sekadar mengobrol sepertinya jadi agenda yang menarik. Namun, jika restoran yang dituju selalu sama, tentu akan terasa membosankan. 

Kali ini, Popbela akan memberikan rekomendasi tempat makan keluarga di Jogja yang suasananya nyaman dan tentunya punya hidangan lezat. Tersebar di beberapa area di Jogja, lihat rekomendasi selengkapnya di bawah ini. 

1. The Westlake Resto

instagram.com/westlakeresto

Rekomendasi tempat makan keluarga di Jogja yang pertama adalah The Westlake Resto. Restoran ini memang dibuat dengan konsep restoran keluarga di lahan yang cukup luas. 

Selain suasananya yang menarik karena berada di pinggir danau, restoran ini juga punya hidangan yang tak kalah lezat. Kebanyakan menu yang ditawarkan adalah seafood dan ikan air tawar. Ada pula beragam olahan sayur sebagai pendampingnya. 

Lokasi The Westlake Resto: Bedog, Jl. Ringroad Barat, Baturan, Trihanggo, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55291

2. Jiwa Jawi

instagram.com/jiwajawijogja

Di kawasan Bantul, ada restoran yang menawarkan suasana khas Jawa bernama Jiwa Jawi. Lokasi restoran ini berada di tengah hutan dengan bangunan yang didesain unik. 

Pilihan makanannya pun tak kalah unik dengan hidangan yang kebanyakan khas Jogja. Para pengunjung bisa menikmati makanannya di joglo maupun ruangan outdoor yang ada di bawah pohon rindang. 

Lokasi Jiwa Jawi: Jl. Tugu Gentong Jl. Fasco Village, Salakan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184. 

3. Bakmi Jowo Mbah Gito

instagram.com/bakmijowombahgito

Kalau kamu dan keluarga ingin merasakan bakmi Jawa yang autentik, Bakmi Jowo Mbah Gito adalah tujuan yang tepat. Tempat makan keluarga di Jogja ini menyediakan aneka olahan mi kuning dan bihun yang dimasak dengan racikan bumbu rahasia. 

Selain rasa masakannya yang lezat, suasana tempat makan di Bakmi Jowo Mbah Gito lah yang membuat banyak orang penasaran. Sebab, suasana tempat ini didesain seperti rumah Jawa dengan material kayu. 

Lokasi Bakmi Jowo Mbah Gito: Jl. Nyi Ageng Nis No.9, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171. 

4. Warung Kopi Klothok

instagram.com/kopiklotokyogyakarta

Meski harus antre cukup lama, tetapi hidangan di Warung Kopi Klothok memang tidak mengecewakan. Restoran ini tampak cukup sederhana dengan bangunan rumah tradisional Jawa.

Namun di baliknya, ada aneka kuliner sederhana tapi lezat yang bisa dicoba. Kuliner tersebut antara lain adalah sayur lodeh, sambal dadak, kopi klothok, dan pisang goreng yang menjadi primadonanya. 

Lokasi Warung Kopi Klothok: Jalan Kaliurang No.KM.16, Area Sawah, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582. 

5. Warung Watoe Gadjah

instagram.com/watoegadjah

Tempat makan keluarga di Jogja yang selanjutnya bukan hanya menyajikan makanan yang lezat saja. Namun, suasana alam dan aliran sungai yang ada di dekatnya membuat suasana di Warung Watoe Gadjah menarik untuk dikunjungi. 

Sajian yang ditawarkan kebanyakan adalah makanan tradisional khas Jogja. Mulai dari gulai ayam, sop ayam, mendoan, dan aneka minuman. Pengunjung bisa memilih antara ingin berada di area indoor maupun outdoor. 

Lokasi Warung Watoe Gadjah: Plumbon, Sardonoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581. 

6. Cimol Resto

instagram.com/cimollresto_sleman

Sementara kalau kamu dan keluarga rindu dengan masakan Sunda saat berada di Jogja, ada Cimol Resto yang bisa dikunjungi. Restoran ini menyediakan nasi liwet, nasi bakar, aneka seafood, dan masih banyak lainnya. 

Tak lupa, semua hidangan yang disajikan di Cimol Resto juga dilengkapi dengan lalapan khas Sunda. Lokasi yang bisa dipilih pengunjung untuk menikmati hidangan pun bisa di area indoor, outdoor, maupun joglo. 

Lokasi Cimol Resto: Jl. Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. 

7. Mbah Bayan Jogja

instagram.com/mbahbayanjogja

Mbah Bayan Jogja merupakan tempat makan keluarga di Jogja yag menawarkan suasana pedesaan dengan spot kolam ikan yang menarik. Suasana tenang dan damai di restoran ini menjadi daya tarik utamanya. 

Namun bukan hanya suasananya saja yang menarik, berbagai menu yang ditawarkan pun juga lezat. Ada beragam menu nasi goreng, ayam, nila, gurami, hingga snack yang bisa dinikmati sambil merasakan suasana damai di sekitarnya. 

Lokasi Mbah Bayan Jogja: Sendon, Tirtoadi, Mlati, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55287

8. House of Raminten

instagram.com/houseoframinten

House of Raminten jadi salah satu restoran legendaris yang ada di kota Jogja. Memasuki area restoran ini pengunjung akan disambut dengan aneka perabotan dan patung yang antik dan ikonik. 

Nuansa tradisional pun akan terasa saat berada di House of Raminten. Menu yang disajikan di dalamnya pun cukup beragam, mulai dari aneka sego kucing, sego gudeg, mangut lele, hingga menu pendamping yang enak. 

Lokasi House of Raminten: Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224

9. Abhayagiri Restaurant

instagram.com/abhayagiri.yogyakarta

Tempat makan keluarga di Jogja selanjutnya cukup mewah dengan pelayanan seperti hotel bintang lima. Pengunjung yang ingin menikmati hidangan di dalamnya bisa sekaligus melihat pemandangan Candi Prambanan. 

Konsep yang diterapkan di Abhayagiri Restaurant pun cukup unik, mulai dari menu Indonesia sampai western. Namun, semuanya dihidangkan dengan tampilan yang menarik dan mewah. 

Lokasi Abhayagiri Restaurant: Heritage Resort, Sumberwatu, RT.02/RW.01, Sumberwatu, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571. 

10. De Mangol View

instagram.com/demangolview

Terakhir, di Gunung Kidul Jogja ada restoran keluarga bernama De Mangol View. Tempat ini bukan hanya menyajikan hidangan lezat saja, tetapi juga memiliki spot menarik dengan pemandangan Gunung Merapi. 

Suasana outdoor-nya pun sangat asri dengan pohon rindang di sekitarnya. Ada pula area indoor yang tak kalah estetik dengan area outdoor-nya.

Mengenai menu De Mangol View, semuanya tampak menarik dengan kreasi menu minuman dan makanan yang tidak biasa. 

Lokasi De Mangol View: Jl. Raya Patuk Ngoro-Ngoro KM.1.4, Sumber Tetes, Patuk, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862. 

Itulah 10 tempat makan keluarga di Jogja yang bisa kamu jadikan opsi selain tempat makan andalanmu. Suasananya pun tak kalah estetik dengan aneka hidangan yang lezat. 

IDN Channels

Latest from Food