Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Kreasi Nasi Tumpeng Sederhana tapi Menarik untuk 17 Agustus

Menarik dan unik

Nafi' Khoiriyah

Perayaan 17 Agustus memang selalu menjadi momen perayaan yang meriah. Bukan hanya untuk anak-anak saja, bahkan orang tua di kampung juga turut merayakannya. Salah satu lomba yang biasa digelar saat momen 17 Agustus adalah menghias tumpeng. 

Nasi tumpeng yang dihias pada saat momen 17 Agustus kebanyakan adalah nasi kuning. Selain dibentuk tumpeng, nasi tersebut juga dihias dengan aneka jenis lauk pendamping supaya makin menggugah selera. 

Kalau kamu perlu referensi nasi tumpeng sederhana tapi menarik, lihat beberapa inspirasinya di bawah ini, ya!

1. Nasi tumpeng hias bunga

pinterest.com

Nasi tumpeng sederhana tapi menarik yang pertama dihias dengan bunga asli. Pertama, susun dulu nasi kuning yang dibentuk tumpeng tiga atau empat tingkat.

Lalu, letakkan lauk pendamping yang berupa telur, kentang balado, sambal, kering tempe, dan yang lainnya mengelilingi tumpeng. Kalau sudah, hias tumpeng dengan bunga di sekelilingnya. Tampilannya tampak menarik, tetapi jangan sampai bunga hiasan tersebut dimakan, ya!

2. Nasi tumpeng hias cabai

flickr.com

Kalau kamu ingin yang simpel dalam pembuatannya, cukup buat tumpeng satu tingkat saja dan tutup dengan daun di ujungnya. Untuk lauknya, kamu bisa variasikan dengan protein selain telur dadar, seperti ayam goreng dan telur rebus. 

Nasi kuning juga akan cocok disantap dengan perkedel kentang dan kentang mustofa. Kalau lauk yang mengelilingi nasi tumpeng sudah lengkap, baru hias nasi dengan cabai dan daun bawang yang dipotong mekar seperti di atas. 

3. Nasi tumpeng hias simpel

pinterest.com

Tampilan nasi tumpeng sederhana tapi menarik selanjutnya ini tampak simpel, tetapi terlihat bersih dan menggugah selera. Penataannya sebenarnya tak jauh beda dari sebelumnya. 

Namun, lauk yang mengelilingi tumpeng ini dikemas masing-masing dalam bungkus daun pisang. Lalu yang membuat nasi tumpeng di atas makin menggugah selera adalah aneka jenis sayur lalapan dan hiasan tomat yang simpel. 

4. Nasi tumpeng hias wortel

pinterest.com

Nasi kuning sebenarnya bisa dipadukan dengan aneka jenis lauk. Bukan hanya telur atau kering tempe saja, tetapi ayam bakar tampaknya lebih menggugah selera. 

Selain ayam bakar, cobalah aneka masakan pendamping lainnya seperti bihun goreng dan balado kentang. Kalau sudah, susun tumpeng dan hias dengan potongan wortel dan parsley supaya makin menarik.

5. Nasi tumpeng hias kacang panjang

pinterest.com

Nasi tumpeng sederhana tapi menarik sebenarnya bisa dibuat dengan memanfaatkan berbagai sayuran segar. Sayuran itu diletakkan di pinggir tumpeng sebagai alas lauk-pauknya. 

Sementara nasi kuning yang dibentuk tumpeng di tengah bisa tampak makin manis dengan hiasan kacang panjang yang dibentuk seperti kepang rambut. 

6. Nasi tumpeng hias selada

pinterest.com

Di antara berbagai jenis sayuran, selada adalah salah satu sayuran yang bisa mempercantik hiasan tumpeng. Namun bukan hanya selada saja, lengkapi pula hiasan tumpeng dengan tomat, timun, dan cabai.

Lalu, letakkan selang-seling antara hiasan selada dan sayuran dengan lauk supaya bisa memenuhi bagian kosong sekitar tumpeng. Untuk nasi kuning di tengahnya, letakkan biasa dan tutup dengan daun pisang.

7. Nasi tumpeng hias timun

pinterest.com

Kalau kamu punya skill membuat hiasan dengan aneka jenis sayuran, nasi tumpeng sederhana tapi menarik yang selanjutnya tampak sangat indah. Nasi tumpeng itu sebenarnya tidak terlalu membutuhkan lauk-pauk. 

Namun, penampilannya tampak sangat menarik dengan hisan bunga-bunga dari timun, tomat, selada, dan parsley. 

8. Nasi tumpeng hias kotak

pinterest.com

Nasi tumpeng untuk 17 Agustus atau acara lainnya sebenarnya nggak melulu harus berbentuk bulat. Kamu bisa kreasikan menjadi nasi tumpeng kotak seperti di atas. 

Nasi tumpeng itu bisa ditata di satu atau dua bagian saja, lalu sekelilingnya dipenuhi dengan aneka macam lauk pauk. Jangan lupa hias dengan timun, wortel, dan kacang panjang pada akhirnya. 

9. Nasi tumpeng hias empat tingkat

pinterest.com

Bagian nasi kuning nggak harus menjadi bagian paling banyak. Justru, memenuhi bagian sisanya dengan lauk akan lebih menarik untuk yang menikmatinya.

Supaya tidak terlalu penuh, buat nasi tumpeng sederhana tapi menarik dengan aneka hiasan sayuran. Selain selada, kamu bisa melengkapinya dengan hiasan timun, wortel, dan sawi putih. 

10. Nasi tumpeng hias 17 Agustus

pinterest.com

Terakhir, buat nasi tumpeng 17 Agustus jadi makin menarik dengan hiasan yang rapi seperti di atas. Mulai dari nasi tumpengnya, akan tampak rapi jika kamu menghias sekelilingnya dengan daun pisang. 

Sebagai hiasan, kamu bisa memakai asparagus dan wortel untuk membuat bunga-bunga dan tangkainya. Tak boleh kelewatan tulisan HUT RI dengan wortel atau timun sebagai sentuhan akhir yang menarik. 

Ide kreasi nasi tumpeng sederhana tapi menarik di atas bisa membuat kelompokmu menang pada saat lomba 17 Agustus. Selain menarik, aneka lauk pendampingnya juga tampak menggugah selera, bukan? 

IDN Channels

Latest from Food