Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Menu Sarapan Pagi Simple, Praktis, dan Mudah Dibuat

Cepat mengolahnya

Nafi' Khoiriyah

Sebelum memulai beraktivitas di pagi hari, setiap orang membutuhkan sarapan untuk mengisi tenaganya. Namun, segala persiapan di pagi hari biasanya membuat orang sering melewatkannya. 

Solusinya, kamu bisa membuat menu sarapan pagi simple. Menu sarapan ini tidak membutuhkan waktu lama untuk pembuatannya dan tentunya enak dan bergizi.

1. Sandwich

pexels.com/Erin Wang

Menu simple yang pertama adalah sandwich. Makanan ini tergolong simple, tapi memiliki kandungan yang lengkap.

Kamu bisa mengisi roti tawar dengan berbagai macam sayur dan daging untuk dijadikan sebagai sandwich. Selain praktis, makanan ini juga bisa dinikmati di mana saja meski sedang buru-buru sekalipun. 

2. Nasi goreng

Unsplash.com/Jie Wang

Menu sarapan pagi simple selanjutnya ini memang selalu jadi andalan untuk orang Indonesia. Kini, ada berbagai macam nasi goreng yang bisa kamu buat untuk membuatnya jadi lebih bergizi.

Namun yang terpenting, cara pembuatan nasi goreng ini sangat simpel dan mudah. Kamu tinggal memasukkan nasi beserta berbagai macam topping ke dalam wajan sebelum akhirnya dibumbui. 

3. Nasi pecel

Instagram.com/kuliner_malang

Kalau ingin yang lebih sehat, pecel adalah pilihan lainnya yang tak kalah menarik. Menu yang satu ini berisi berbagai macam sayuran yang merupakan sumber serat baik untuk tubuh.

Di rumah, kamu tinggal merebus berbagai macam sayuran untuk dicampurkan dengan bumbu pecel yang instan supaya lebih praktis. 

4. Omelette

pixabay.com/mhburton

Selain nasi dan roti, sarapan dengan telur sangat bagus untuk memulai hari. Menu sarapan pagi simple yang selanjutnya ini terbuat dari telur menjadi omelette yang enak.

Cara membuatnya cukup dengan mencampurkan telur dengan susu full cream, lalu kamu bisa menambahkan dengan berbagai macam isian seperti sayur dan smoked beef. 

5. Pancake

pexels.com/Pixabay

Jika kamu tak masalah dengan sarapan yang manis, maka pancake bisa jadi alternatif yang tak kalah mudah.

Pancake ini sebenarnya merupakan kue yang dibuat dari terigu, telur, gula, dan susu. Jadi, rasanya sudah pasti enak. Kamu tiggal melengkapinya dengan sirup dan buah-buahan seperti pisang atau buah lainnya.

6. Salad sayur

yummy.co.id

Menu sarapan pagi simple berupa salad ini tentu sangat menyehatkan. Salad terbuat dari beraneka macam sayuran yang memiliki kandungan antioksidan dan lemak baik di dalamnya. Selain sayuran, kamu juga bisa menambahkannya dengan protein berupa telur atau daging ke dalam salad sayur. 

7. Sereal

pexels.com/Foodie Factor

Tak banyak yang tahu, sereal mengandung vitamin, mineral, dan protein yang cocok untuk sarapan. Kini sudah ada banyak jenis sereal yang bisa dipilih sesuai rasa maupun kandungannya.

Untuk cara menikmatinya, kamu tingggal menuangkan sereal bersama dengan susu. Praktis, bukan?

8. Roti panggang

pexels.com/Engin Akyurt

Kalau memang kamu benar-benar mencari menu sarapan pagi simple yang tidak perlu memasak di kompor, maka buat saja roti panggang untuk disantap. Roti panggang tersebut bisa kamu lengkapi dengan selai ataupun sayuran sebagai pelengkapnya. 

9. Sayur bening bayam

resepkoki.id

Beralih dari menu-menu western, kamu tetap bisa memasak dengan simple di pagi hari seperti memasak sayur bening daun bayam.

Sayur ini bukan hanya praktis pembuatannya saja, tetapi juga sangat bergizi. Kamu bisa menikmatinya dengan tempe atau tahu supaya makin nikmat. 

10. Smoothie buah

freepik.com/ gdolgikh

Terakhir, smoothie buah-buahan seperti pisang dan buah naga akan menjadi sarapan yang nikmat. Sarapan ini juga bisa dibawa ke mana saja dengan dimasukkan ke dalam botol.

Untuk membuatnya, kamu bisa mencampurkan buah-buahan beku dengan yogurt atau yang lainnya. 

Itu dia macam-macam menu sarapan pagi simple untukmu dan keluarga di rumah. Kamu nggak perlu menghabiskan waktu lama untuk membuatnya, tapi semua anggota keluarga tetap bisa menikmatinya.

IDN Channels

Latest from Food