Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Menu Bekal Sekolah SD sampai SMA, Praktis dan Lezat

Simpel cara bikinnya

Nafi' Khoiriyah

Memikirkan menu bekal sekolah anak terkadang cukup membingungkan. Apalagi jika anak sudah bosan dengan menu-menu yang diberikan. Sebagai alternatifnya, kamu bisa variasikan berbagai olahan menu bekal sekolah supaya tidak terlalu basic. 

Di bawah ini ada 10 menu makanan yang bisa kamu jadikan alternatif menu bekal sekolah. Mulai dari olahan ayam sampai spaghetti, lihat resep selengkapnya dalam artikel berikut ini, ya!

1. Ayam mentega

yummy.co.id

Olahan ayam memang ada banyak sekali macamnya, tetapi ayam mentega adalah salah satu olahan yang enak dan kekinian. Anak-anak pasti akan suka karena cita rasanya yang gurih dan tidak pedas. 

Kamu cukup menyiapkan ayam dengan bawang putih dan bawang bombai. Lalu bumbui dengan kecap manis, garam, kecap inggris, gula pasir, dan mentega. Masak dengan sedikit air sampai bumbu meresap sebelum dibawakan menjadi bekal. 

2. Spaghetti

yummy.co.id

Menu bekal sekolah selanjutnya yang sangat simpel yakni spaghetti bolognese. Meskipun simpel, tetapi menu ini disukai oleh anak-anak. Kamu bisa membuatnya dengan spaghetti, kornet, sosis, dan keju. 

Lalu buat bumbu bolognese dengan tomat, saus sambal, saus tomat, lada, bawang bombai, dan bawang putih. Jangan lupa tambahkan garam dan gula secukupnya sebelum dicampur menjadi satu. 

3. Udang crispy

sasa.co.id

Pilihan protein lainnya yang bagus untuk anak selain ayam adalah udang crispy. Udang ini akan jadi lauk yang enak dan cocok pula jadi camilan. 

Cara membuatnya cukup dengan melapisi udang dengan telur dan tepung bumbu serbaguna, lalu jangan lupa campurkan dengan bumbu halus. Bumbu halus yang dimaksud adalah bawang putih, kaldu bubuk, merica, dan sejumput garam. 

4. Butter rice

yummy.co.id

Membawakan bekal nasi putih saja sering kali tidak habis dimakan oleh anak. Nah, butter rice ini bisa jadi alternatif supaya mereka makin lahap saat makan. 

Menu bekal sekolah yang satu ini mencampurkan antara beras putih dengan wortel, jagung pipil, smoked beef, margarin, lada hitam, penyedap rasa, dan air. Semuanya dimasak ke dalam rice cooker sampai matang. 

5. Chicken katsu

frisianflag.com

Banyak orang yang suka dengan menu lauk chicken katsu. Menu yang satu ini juga tidak terlalu sulit pembuatannya, yakni dengan bahan utama ayam fillet, tepung terigu, dan tepung roti saja. 

Sementara itu, bumbu yang dibutuhkan adalah garam, susu, paprika bubuk, dan telur. Perpaduan tersebut akan membuat rasanya jadi lebih gurih dan creamy. 

6. Tumis brokoli

endeus.tv

Selain proteinnya yang harus diperhatikan, jangan sampai lupa membawakan bekal sayuran. Salah satu sayuran yang digemari anak adalah brokoli. 

Cukup olah brokoli menjadi tumis saja dengan mencampurkannya bersama bawang putih, saus tiram, garam, merica, dan minyak wijen. Masak semuanya menjadi satu, tapi jangan terlalu matang. 

7. Beef teriyaki

resepkoki.id

Beef teriyaki akan jadi ide menu bekal sekolah menarik kalau kamu punya banyak daging di rumah. Resep ini pun mudah dibuat dengan bahan utama daging sapi. 

Untuk bumbunya, siapkan biji wijen sangrai, bawang putih, bawang bombai, daun bawang, dan margarin. Namun sebelumnya, marinasi dulu daging dengan aneka jenis kecap, lada, gula, garam, dan bawang putih supaya lebih kaya rasa. 

8. Salad sayur

yummy.co.id

Memberikan bekal berupa tumis mungkin terlalu membosankan untuk anak. Mereka lebih suka dengan sajian menu yang modern seperti salad sayur. 

Meski begitu, pembuatan menu bekal yang satu ini tidak terlalu sulit. Kamu cukup mengiris berbagai jenis sayuran dulu lalu campurkan dengan saus salad yang paling anak-anak suka. 

9. Sosis asam manis

masakapahariini.com

Salah satu menu bekal sekolah yang simpel, enak, dan mudah dibuat adalah sosis asam manis. Resep ini akan membuat anak-anak tidak bosan dengan sosis yang digoreng saja.

Untuk membuatnya, sosis yang akan diolah dicampurkan dengan bawang putih cincang, bawang bombai, saus tomat, gula pasir, lada putih, dan margarin. Masak semuanya menjadi satu sampai matang sempurna. 

10. Mac and cheese

resepkoki.id

Menu yang terakhir adalah mac and cheese yang gurih dan lezat. Anak-anak pasti akan suka, apalagi untuk mereka yang suka dengan olahan keju. 

Cara pembuatannya juga tidak terlalu sulit, yakni dengan mencampur makaroni yang sudah direbus dengan smoked beef, margarin, bawang bombai, tepung terigu, keju, merica, susu, dan parsley. 

Variasi menu bekal sekolah di atas akan membuat anak makin lahap saat makan di sekolah. Bukan hanya untuk anak SD saja, kamu juga bisa membawakan bekal untuk anak yang sudah duduk di bangku SMP atau SMA, lho!

IDN Channels

Latest from Food