Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Perbedaan Gyoza dan Mandu, Serupa Tapi Tak Sama

Keduanya diperkenalkan oleh negara lain

Cynthia Claudia

Gyoza dan Mandu merupakan olahan pangsit yang sekilas nampak sangat mirip dari segi penampilan dan tekstur, namun keduanya ternyata memiliki banyak perbedaan

Gyoza berasal dari Jepang sementara Mandu berasal dari Korea Selatan. Keduanya juga berbeda dari segi bahan-bahan yang digunakan, cara memasak, rasa, saus celupnya, dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara Gyoza dan Mandu yang perlu kamu ketahui, Bela. Terutama bagi kamu pencinta kuliner, simak yuk, perbedaannya di bawah ini.

1. Asal-usulnya berbeda

singareas.com

Perbedaan yang pertama adalah asal-usul negaranya. Kedua pangsit ini merupakan menu yang diperkenalkan oleh negara lain.

Melansir Singareas, Gyoza diperkenalkan ke negara Jepang oleh imigran Tiongkok pada abad ke-19. Gyoza yang berasal dari negara Jepang dipengaruhi budaya Tiongkok, terlihat dari adanya pangsit serupa bernama jiaozi yang bentuknya mirp Gyoza.

Sementara Mandu diperkenalkan ke negara ke Korea oleh orang-orang Turki melalui Jalur Sutra pada abad ke-7.

2. Isian dan kulit

unsplash.com/ Matthieu Joannon

Kulit Mandu dan Gyoza terbuat dari bahan-bahan yang sama. namun isian dari kedua pangsit ini terdiri dari bahan-bahan yang berbeda.

Kulit Mandu biasanya lebih tebal dan kenyal dibandingkan kulit Gyoza yang lebih tipis dan renyah.

Isian Mandu bisa berupa daging sapi, babi, ayam, tahu, kimchi, tauge, bihun, dan aneka jenis bumbu dan rempah. Namun, isian gyoza bisa berupa daging babi, ayam, udang, kubis, daun bawang, bawang putih, jahe, dan minyak wijen. 

3. Rasa

yummy.ph

Mandu dan Gyoza memiliki rasa yang berbeda, tergantung bahan dan cara memasaknya.

Mandu memiliki rasa yang lebih kuat dibandingkan Gyoza, karena lebih dominan menggunakan bahan-bahan utama seperti daging, kimchi, dan rempah-rempah.

Gyoza cenderung memiliki rasa yang lebih ringan dan segar dibandingkan Mandu, karena bahan-bahannya utamanya menggunakan sayuran, bawang putih, dan jahe. 

4. Cara memasak

hakka.com.au

Perbedaan yang selanjutnya adalah cara memasaknya. Mandu dan Gyoza bisa dimasak dengan berbagai cara, tergantung tekstur dan rasa yang diinginkan.

Mandu bisa direbus, dikukus, digoreng, atau dipanggang. Mandu yang dikukus juga bisa dijadikan olahan berkuah seperti sup. Sementara Gyoza hanya bisa digoreng, dikukus, atau direbus. Gyoza goreng termasuk yang paling favorit di Indonesia.

5. Nilai gizi

yummy.ph

Mandu dan Gyoza memiliki nilai gizi yang berbeda.

Mandu umumnya lebih tinggi kalori, lemak, dan protein dibandingkan Gyoza, karena lebih banyak daging dan minyak. Namun, Mandu lebih tinggi karbohidrat dan natrium, karena lebih banyak tepung dan kecap.

Itulah perbedaan antara Gyoza dan Mandu yang sekilas nampak sama namun ternyata berbeda. Perbedaan ini wajib kamu pahami agar nggak salah pesan ketika berkunjung ke restoran, Bela. Jadi, apakah kamu sudah pernah coba kedua pangsit populer ini?

IDN Channels

Latest from Food