Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Rekomendasi RM Padang Legendaris di Jakarta, Lamak Bana!

Nasi Padang autentik di Jakarta

Audia Natasha Putri

Rumah makan (RM) Padang atau restoran khas Minang memang sudah menjamur di Jakarta. Namun, hanya beberapa yang masuk dalam kategori legendaris karena kelezatannya  yang tidak tertandingi dan popularitasnya sudah menyebar di Jabodetabek.

Mayoritas RM Padang legendaris Jakarta biasanya sudah berdiri selama puluhan tahun dan menjadi langganan para selebriti atau tokoh terkenal lainnya. Sebagian restoran juga menjadi andalan orang Minang yang merantau ke ibu kota, karena punya rasa yang autentik dan khas. 

Berikut adalah rekomendasi rumah makan Padang legendaris di Jakarta yang wajib kamu coba.

1. Sari Bundo

Instagram.com/kanurhafi

Sudah terkenal akan kelezatannya, Sari Bundo merupakan RM Padang legendaris di Jakarta yang menjadi langganan para pejabat hingga presiden, di antaranya; mendiang BJ Habibi dan Susilo Bambang Yudhoyono. Dibuka sejak 1967, Sari Bundo berhasil mempertahankan cita rasanya selama puluhan tahun dan menciptakan kesan tersendiri di lidah pelanggannya.

RM ini pun berekspansi dengan membuka banyak cabang di Jakarta. Rekomendasi menu favorit di Sari Bundo berupa ayam goreng yang terbuat dari ayam kampung muda dengan tekstur lunak dan renyah. Tersedia makanan khas Minang yang bisa kamu nikmati, mulai dari ayam pop, rendang, sate padang, aneka gulai, dendeng balado, dendeng batokok, dan sebagainya.

Lokasi: Jalan Ir. H. Juanda Nomor 27, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat
Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-20.00 WIB
Harga: mulai dari Rp11 ribu/ lauknya

Instagram.com/saribundo_rm

2. RM Sepakat

instagram.com/rm_sepakat

Berdiri sejak 1969, RM Sepakat menjadi restoran Padang legendaris di Jakarta yang terkenal akan kelezatannya yang autentik. Cita rasa khas ini pun tak berubah dan membuat banyak orang jatuh cinta saat mencicipinya. Ada dua cabang RM Sepakat yang bisa kamu datangi, yaitu di Blok M dan Pasar Jaya Mayestik.

Rekomendasi lauk khas di RM Sepakat adalah gulai gajebo alias gulai yang terbuat dari sandung lamur dan dimasak asam padeh. Fyi, gulai gajebo masuk dalam kuliner Minang yang cukup langka dan jarang ditemukan di RM Padang pada umumnya.

Lokasi:

  • Blok M, Jalan Melawai IV Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Pasar Jaya Mayestik, Lantai Semi Basement, Jalan Tebah 3, Kebayoran Baru Jakarta Selatan

Jam operasional: setiap hari pukul 10.00-15.30 WIB (Blok M) dan 08.30-17.30 WIB (Mayestik)

Harga: Rp7 ribu - Rp36 ribu/ menu

3. RM Pondok Djaja

Google Photos

Bila ingin menikmati masakan Padang yang autentik seperti di Tanah Minang, cobalah untuk menjajal RM Pondok Djaja. Salah satu RM Padang tertua di Jakarta ini pertama kali dibuka pada 1969 oleh Sjoffian Chaedir.

RM Pondok Djaja konsisten mempertahankan resep dan cara masak secara tradisional, supaya cita rasanya yang autentik tetap terjaga sepanjang masa. Uniknya, hanya ada satu koki yang memasak semua makanan dari dulu hingga sekarang.

Sebagaimana restoran Padang umumnya, RM Pondok Djaja menampilkan lebih dari 15 menu masakan khas Sumatra Barat pada etalase kaca.

Gerai makanan ini berlokasi di Jl. KH. Hasyim Ashari No.13B 6, RT.6/RW.8, Petojo Utara, Gambir dan buka setiap hari dari pukul 11.00-16.00 WIB.

Instagram.com/njomany

4. RM Surya

Google Photos

Berlokasi tidak jauh dari kawasan Tanah Abang, ada sebuah restoran Padang legendaris yang sudah mewarnai kuliner ibu kota sejak 1960. Adalah RM Surya yang menjajakan makanan Padang dengan resep turun temurun dari keluarga Daswir Gazali.

Menu favorit di RM Surya yang bisa kamu coba adalah rendang sapi dan sambalado ikan teri yang kaya bumbu dan punya kelezatan tiada tara. Selain rendang, ada juga ayam panggang, ayam bakar, dan ayam pop.

Bila bosan dengan nasi Padang yang itu-itu aja, di sini juga tersedia nasi goreng, mi goreng, soto padang, sate padang, dan martabak telur. Lengkap sekali, bukan?

Lokasi: Jl. Bendungan Hilir No.5, RT.10/RW.6, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat

Google Photos

5. Natrabu Minang Restaurant

Google Photos

Tak perlu jauh-jauh ke Sumatra Barat untuk menikmati kuliner Padang enak yang autentik. Mari melipir ke Natrabu Minang Restaurant yang sudah dirintis sejak tahun 1958 oleh pengusaha asal Payakumbuh, Sumatra Barat, Rahimi Sutan. Natrabu sendiri adalah akronim dari perusahaan travel miliknya, yakni National Travel Bureau.

Selain di Jabodetabek, RM Padang ini juga berekspansi cabangnya di Malaysia. Perdana Menteri ke-4 Malaysia, Mahathir Mohamad, menjadi salah satu pelanggannya, lho! Highlight menu di rumah makan ini adalah ayam pop, rendang, gulai otak, gulai kambing, dan gulai tunjang.

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-21.00 WIB

Harga: Rp9 ribu - Rp79 ribu

Daniel Food Diary

6. RM Bopet Mini

Google Photos

Untuk ukuran restoran Padang, RM ini punya penamaan yang nyentrik tanpa menyematkan istilah khas Minangkabau. RM Bopet Mini dikenal masyarakat Jakarta dan sekitarnya sejak 1982, sebagai rumah makan Minang yang legendaris. Mengusung konsep prasmanan, kamu bisa memilih sendiri beragam menu yang tersedia.

Lokasi: Jalan Bendungan Hilir Kavling 1A, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-21.30 WIB (Sabtu sampai pukul 19.00 WIB)

Harga: Rp6 ribu - Rp50 ribu

Google Photos

7. Restoran Garuda

Google Photos

Sebelum membuka lapak di Jakarta, dulunya Restoran Garuda pertama kali dibuka di Medan, Sumatra Utara pada tahun 1976. Beralih ke masa kini, restoran Minang ini sudah mempunyai beberapa cabang di Jakarta, salah satunya berada di Jalan H. Agus Salim Nomor 59, Menteng.

Kamu bisa memesan menu khas yang tersedia seperti sup daging, ayam goreng, ayam gulai, hingga rendang. Keseimbangan rasa antara bumbu Padang dan teknik masak autentik khas Minang, telah menciptakan kenikmatan rasa yang menggiurkan.

Lokasi:

  1. Jalan Cikini Raya Nomor 26, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat
  2. Jalan Haji Agus Salim Nomor 59, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat
  3. Jalan Raya Boulevard Barat Blok LA 1 Nomor 1A, Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading
  4. Jalan Taman Pluit Putra Utara Nomor 16, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara
  5. Jalan Sultan Iskandar Muda Nomor 79D, Kebayoran Lama Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
  6. Jalan Hayam Wuruk Raya Nomor 100, Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat
Google Photos

Jam operasional: setiap hari mulai pukul 08.00-22.00 WIB

Harga: Rp11 ribu - Rp100 ribu

Kamu sudah mencicipi yang mana saja nih, Bela?

IDN Channels

Latest from Food