Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

13 Sandwich Enak dari Berbagai Negara, Sekali Gigit Ingin Nambah Terus

Sudah pernah coba yang mana saja, nih?

Audia Natasha Putri

Roti lapis atau populer dengan sandwich sudah ada sejak abad ke-18. Panganan praktis ini menjadi pilihan utama untuk bekal karena pembuatannya yang mudah dan tak butuh banyak waktu.

Mengutip dari The Spruce Eats, sandwich adalah kuliner global yang hadir di banyak negara dengan ragam isian dan cita rasa yang khas serta keunikannya tersendiri. Umumnya sandwich berisikan buah-buahan, sayuran, hingga aneka jenis daging. Terdapat juga jenis sandwich yang menggunakan saus, cream, hingga lelehan keju sebagai olesan penambah rasa.

Dari banyak sumber, inilah 13 jenis sandwich enak dari berbagai negara. Apa saja, ya?

1. Croque monsieur (Prancis)

Realfood.tasco.com

Croque monsieur dapat dikenali dari isiannya berupa daging ham, keju, dan saus bechamel yang terbuat dari tepung, susu, mentega, dan keju. Kombinasi tersebut disusun secara runut dengan urutan roti tawar panggang, ham, keju, saus bechamel, dan ditutup dengan roti lagi.

Jika kamu menambahkan telur di atasnya, maka roti isi khas Prancis ini tidak lagi disebut croque monsieur, melainkan croque madame. 

2. Grilled ham and gouda sandwich (Belanda)

Scrappygreek.com

Sandwich satu ini menggunakan lembaran daging ham dan keju gouda khas Belanda sebagai kondimennya. Keju gouda sendiri adalah jenis keju kuning paling tua di dunia. Biasanya orang Belanda menambahkan bawang bombay tumis untuk memperkaya rasa dan tekstur.

3. Bánh Mì (Vietnam)

Eatingrichly.com

Sandwich asal Vietnam ini memakai roti mirip baguette khas Prancis. Bedanya, roti tersebut terbuat dari campuran tepung beras dan terigu. Alhasil, tekstur rotinya pun lebih tipis dan renyah ketimbang baguette asli. Sedangkan isiannya menggunakan irisan daging panggang, acar wortel, daikon, timun, lobak, dan olesan mayones. Penggunaan baguette tentu tidak lepas dari sejarah penjajahan Prancis terhadap Vietnam di abad ke-20.

4. Choripan (Argentina)

Tara's Multicultural Table

Dalam bahasa Argentina, kata "chori" berarti panggang dan "pan" diartikan sebagai roti kering. Sandwich ini terkenal autentik, lantaran dibuat secara tradisional dengan kombinasi irisan daging sapi dan babi. Adapun choripan memakai roti tawar yang sudah diolesi dengan saus chimichurri dan salsa segar.

Kombinasi rasa gurihnya kontras dengan cita rasa asam yang menyegarkan. Walau demikian, perpaduan rasa ini memantikkan selera makan.

5. Cemita (Meksiko)

196flavours.com

Bertandang ke Meksiko, ada roti isi bernama Cemita yang gurih dan meaty. Roti pelapisnya menggunakan cemita dan torta. Sedangkan isiannya dari daging goreng, alpukat, chipotle, dan saus merah. Sandwich ini punya kalori dan kandungan lemak jenuh yang tinggi. Menyantap sandwich satu ini membuatmu kenyang seharian.

6. Smørrebrød (Denmark)

Saveur.com

Sandwich asal Denmark ini terbuat dari isian seperti ikan, pasta daging, sayuran kemudian ditutup dengan roti beroleskan mentega. Sedangkan pelapisnya menggunakan roti rye yang terbuat dari tepung rye, ragi, dan campuran kacang dan biji-bijian. Panganan ini menjadi pilihan sehat bagi kamu yang sedang diet, karena tinggi protein dan kaya serat.

7. Tramezzini (Italia)

Sugar Love Spices

Masih dalam kawasan Eropa, Tramezzini merupakan sandwich asal Italia yang biasa dihidangkan dengan secangkir teh. Kudapan ini terbuat dari panini panggang yang berisikan daging slice, sayuran, keju, atau ayam cincang. Walau disajikan dalam porsi kecil, roti isi ini sangat mengenyangkan, lho.

8. Grilled Cheese (Amerika Serikat)

Natasha's Kitchen

Jenis sandwich khas Amerika Serikat ini sudah tersohor dan punya banyak penggemar di seluruh dunia. Berisikan aneka keju yang diolesi oleh mentega di bagian luar dan dalam, serta warna rotinya cokelat keemasan. Teksturnya leleh dan lengket, namun tetap bercita rasa gurih dari menteganya.

Sayangnya, grilled cheese menjadi pantangan buat kamu yang punya riwayat penyakit kolestrol. Lantaran, kandungan lemak jenuh dan kolestrol dari kejunya sangat tinggi.

9. Fruit Sando (Jepang)

Just One Cook

Lumrahnya sandwich punya rasa gurih dengan isian daging dan sayuran. Tapi tidak dengan fruit sando khas Jepang yang menggunakan krim dan potongan buah sebagai kondimen utamanya. Rasanya manis dan menyegarkan, serta biasa disajikan dingin. Sebuah kudapan praktis buat bekal kamu di kantor.

10. Smorgastarta (Swedia)

Delicious.com

Perbedaan menyolok antara Smorgastarta dengan sandwich pada umumnya terletak pada cara penyajiannya. Roti isi tradisional khas Swedia ini disusun menyerupai kue, dengan lapisan roti rye yang diisi dengan salad, telur, salmon asap, dan udang.  Semuanya kemudian akan dilapisi dengan frosting yang terbuat dari sour cream dan diberi hiasan.

11. Grilled kielbasa sandwich (Polandia)

Youtube.com/Talking & Glubbin' Media

Kunci kelezatan sandwich khas Polandia ini terletak pada kielbasa panggang dengan guyuran saus barbecue. Kielbasa sendiri adalah sosis khas Polandia berbahan dasar aneka daging. Selain kielbasa, sandiwch ini juga berisikan kondimen lain berupa sayuran dan bawang bombay.

12. Cucumber Tea Sandwich (Inggris)

Lemon Tree Dwelling

Dinamakan tea sandwich karena appetizer khas Inggris ini biasa disantap saat sedang meminum teh. Salah satu varian tea sandwich paling tersohor di Inggris adalah cucumber tea sandwich yang berisikan potongan timun dan olesan cream cheese dan mayones. Perpaduan sempurna potongan timun yang segar dan renyah, bersatu erat dengan olesan krim keju dan mayones yang creamy.

13. Vada Pav (India)

Cook With Manali

Terbang ke kawasan Asia Selatan, ada India yang terkenal akan Vada pav-nya. Sebuah roti isi yang populer dengan Bombay Burger ini yang terdiri dari bun yang berisikan patty kentang yang gurih. Sebagai pelengkap, Vada pav disajika bersama chutney dan cabai hijau.

Itu tadi 13 sandwich enak dari berbagai dunia. Sandwich mana yang paling menarik perhatian kalian? 

IDN Channels

Latest from Food