Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Makanan yang Dilarang di Berbagai Negara, Tak Ada Kangkung di AS

Jadi, membuang permen karet di Singapura dikenakan denda?

Audia Natasha Putri

Setiap negara mempunyai kuliner khasnya masing-masing sebagai ikon budaya atau daya pikat untuk menarik para pelancong mancanegara untuk datang. Namun, beberapa negara memiliki peraturan mengenai makanan yang dilarang beredar atau dikonsumsi secara luas. Meskipun, makanan ini tak membahayakan dan rasanya enak.

Larangan ini tak lepas dari beragam alasan; mulai dari kesehatan, sosial, budaya atau lingkungan. Jenis makanan ini biasanya dilarang untuk dikonsumsi hingga larangan impor atau ekspor.

Berikut adalah 11 jenis makanan yang nggak boleh dikonsumsi atau beredar secara luas di negara-negara tertentu.

1. Fugu - Amerika

Islampos

Fugu memiliki racun tetrodotoksin yang mematikan. Apabila tak diolah dengan benar, daging ikan fugu bisa membunuh orang dewasa dalam waktu satu jam. Di Jepang, hanya koki atau chef dengan sertifikat khususlah yang boleh mengolah ikan fugu. 

Karena sampat saat ini belum ada penawar tetrodotoksin, FDA atau Badan Administrasi Pangan Amerika pun menerapkan peraturan keras mengenai larangan bagi restoran yang ingin menyajikan atau menjual ikan fugu di Amerika.

2. Daging kuda - Inggris dan Amerika

Umaimono aomori

Di Italia, daging kuda merupakan santapan lezat, bersanding daging sapi muda dan daging sapi. Namun, daging kuda dilarang di Inggris dan Amerika karena alasan etis dan kemanusiaan.

Hal ini tak lepas dari penetapan organisasi pencinta hewan di dua negara tersebut, yang sudah mensahkan untuk tidak lagi menyembelih kuda dengan tujuan untuk jadi makanan.

3. Kentang goreng - Austria, Singapura, Inggris

Flores Editorial

Makanan yang dilarang berikutnya adlaah favorit banyak orang, yaitu kentang goreng. Senyawa azodicarbonamide yang berfungsi sebagai bahan pengawet dan memperpanjang umur penyimpanan suatu produk makanan. Karena alasan kesehatan dan dapat memengaruhi penderita asma, beberapa negara seperti Austria, Singapura, dan Inggris melarang keras pemakaian zat ini sebagai campuran kuliner. Maka itu, produk olahan kentang goreng yang mengandung azodicarbonamide dilarang beredar di ketiga negara tersebut.

4. Kebab - Venesia

Unsplash.com/Alexander Mils

Kebab menjadi pilihan praktis pengganjal perut bagi kamu yang tak sempat memasak dan sedang dikejar waktu. Persebaran makanan khas Turki ini telah meluas di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Namun karena dianggap menunrunkan nilai budaya dan kesopanan, Venesia telah melarang beroperasinya bisnis kebab negara ini.

"Kami ingin mengerem jenis kegiatan yang tidak sesuai dengan pelestarian dan pengembangan warisan budaya Venesia,” kata kepala pariwisata Paola Mar.

5. Cokelat berbentuk telur - Inggris

BBC.com

Cokelat yang berbentuk telur bisa menjadi ide kreatif untuk menarik perhatian anak-anak. Lengkap dengan mainan menarik di dalamnya, membuat cokelat unik ini banyak diincar oleh anak-anak.

Sayangnya, Pemerintah Inggris menegaskan larangan impor untuk segala produsen cokelat telur ini sejak 1938. Hal ini diupayakan sebagai cara untuk meminimalkan kemungkinan anak-anak tersedak atau mainan yang tertelan  karena tidak mengetahui adanya mainan di dalam cokelat tersebut.

6. Saus tomat - Prancis

CNN International

Sangat familiar dengan saus tomat, namun dilarang di Prancis. Ketika kamu sedang berada di Prancis, jangan harap untuk mendapatkan saus tomat dengan mudah. Langkanya saus tomat di restoran maupun supermarket di Prancis, tak lepas dari keputusan Pemerintah Prancis pada 2011 silam bahwa saus tomat dapat merusak rasa dari hidangan asli Prancis.

Kabarnya, penggunaan saus tomat dilarang keras di kantin sekolah dan kampus di Prancis.

7. Samosa - Somalia

instagram.com/tandoori_flames_

Samosa adalah kudapan gurih berbentuk segitiga yang terbuat dari tepung, daging, dan sayuran. Karena bentuknya yang dianggap sebagai simbol Kristen Holy Trinity, Somalia yang merupakan negara Islam pun melarang peredaran makanan ini. Larangan mengonsumi samosa ini berlaku sejak 2011 saat Somalia dipimpin oleh Al Shabaab yang terkenal ekstrimis.

8. Lele - Indonesia

yummy.co.id

Di Indonesia, kuliner berbahan lele memang selalu laris diburu sebagai teman pengisi perut yang lapar. Saking larisnya, warganet pun membuat guyonan bahwa memulai bisnis lele dianggap lebih menjanjikan ketimbang menjadi pegawai kantoran.

Namun di Desa Madang, Glagah Lamongan, lele masuk dalam daftar hitam makanan yang tak boleh dikonsumsi. Larangan ini tak lepas dari sejarah Bayapati atau bawahan dari Sunan Giri sempat diselamatkan oleh ikan lele saat dikejar warga yang mengira dirinya maling.

Sebagai rasa terima kasih terhadap ikan berkumis ini, Bayapati dan semua keturunannya pun berjanji tidak makan lele. Karena dianggap hewan sakral, orang yang melanggarnya akan mengalami gatal hebat dan keluar bintik putih layaknya lele di tubuhnya.

9. Keripik - Kanada

Cookpad.com

Tak ada yang bisa menolak kelezatan keripik sebagai teman ngemil saat bersantai atau bercengkerama bersama teman. Kecuali di Kanada, di mana ada larangan untuk mengonsumsi keripik.

Perlu digarisbawahi, keripik yang tak boleh beredar dan dimakan oleh publik Kanada adalah keripik dengan kandungan olestra atau pengganti lemak sintetis. Ini karena bahan sintentis makanan tersebut dapat mencegah tubuh menyerap zat dan vitamin, sehingga menyebabkan masalah perut.

10. Permen karet - Singapura

Pinterest.com/Iowa hair enthusiast

Singapura pernah mengimplementasikan larangan penjualan dan impor permen karet pada 1992. Tak tanggung-tanggung, Pemerintah Singapura mengganjar denda berat bagi siapa pun membuang dan memakan permen karet di ruang publik.

Meski demikian, mengunyah permen karet itu sendiri tidak dianggap ilegal. Namun, sebagian wilayah di Singapura mencabut larangan tersebut untuk menggemborkan penjualan permen karet khusus gigi atau nikotin.

Mengonsumsi permen karet dianggap menjadi langkah yang tepat untuk menurunkan angka perokok aktif di negara tersebut.

11. Kangkung - Amerika Serikat

royco.co.id

Di Indonesia, kangkung menjadi sayuran sehat yang biasa diolah dengan cara ditumis. Namun di Amerika Serikat, sayuran ini dilarang beredar dan dibudidayakan secara luas. Kecuali, apabila mengantongi izin valid pembelian dari APHIS atau Badan Pemeriksaan Kesehatan hewan dan Tumbuhan Amerika Serikat.

Prohibisi ini bermula pada 1973  saat kangkung menginvansi secara tak terkontrol di banyak perairan dan kolam di Florida, serta membuat saluran air tersumbat dan menghalangi perahu melintas pada masa itu.

Daftar makanan yang tak boleh dikonsumsi di atas hadir bukan tanpa alasan. Selain demi keamanan para penduduknya, larangan ini hadir karena alasan budaya. Kalau sedang berkunjung ke salah satu negara tersebut, ingat untuk tidak memakan makanan yang dilarang, ya.

IDN Channels

Latest from Food