Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Makanan Khas Belanda, Enak dan Menjadi Inspirasi Kuliner Indonesia

Tahukah kamu perkedel terinspirasi dari frikadel?

Audia Natasha Putri

Belanda terkenal sebagai negara visioner dengan teknologi modern yang mutakhir di zaman serba dinamis ini. Negara yang bertempat di Benua Eropa ini juga populer dengan hamparan kebun tulipnya yang indah, beserta kincir angin raksasanya.

Lantas, tak afdol rasanya jika berlibur ke Belanda tanpa menjajal keunikannya. Termasuk makanan tradisionalnya yang autentik dan patut dicoba. Penasaran apa saja makanan khas Belanda yang wajib dicicipi? Selengkapnya, simak dalam artikel berikut, Bela.

1. Waterzooi merupakan sajian sup khas Belanda yang sering disantap saat musim dingin tiba. Bahan utama sup ini menggunakan ikan. Sejalan berkembangnya dunia kuliner, waterzooi sudah bisa diganti dengan berbagai bahan, seperti ayam dan daging sapi.

Instagram.com/19johan

2. Dessert yang sudah tak asing di lidah masyarakat Indonesia aslinya berasal dari Negeri Kincir Angin. Klappertart terbuat dari campuran kelapa, susu, dan telur yang dipanggang dan diberi tambahan topping seperti kismis.

Taste Atlas

3. Hutspot disajikan dengan dengan protein berupa sosis dan daging serta sayuran yang dihaluskan. Sayur yang digunakan adalah wortel, kentang, dan bawang bombay.

Instagram.com/rickskeuken

4. Frikandel sendiri adalah cikal bakal perkedel khas Indonesia yang menggiurkan. Hidangan Ini terbuat dari campuran daging yang dihaluskan dan dibentuk mirip dengan hot dog dan sosis.

Instagram.com/vegan_sassy

5. Oliebollen memiliki bentuk mirip roti goreng atau odading. Rasanya manis dan teksturnya pun empuk saat digigit. Camilan satu ini terbuat dari gandum, susu, telur dan gist yang kemudian digoreng dan ditaburi gula halus.

Instagram.com/christophs_backun

6. Poffertjes adalah kue tradisional khas Belanda yang memiliki tekstur empuk dan halus, serta rasanya yang manis. Jika dilihat sekilas, poffertjes akan nampak seperti pancake.

Instagram.com/melaketovia

7. Bitterballen menjadi jajanan gurih khas Belanda yang mirip dengan kroket. Bedanya, Bitterballen terbuat dari adonan roux yang diberikan ragam isian berupa ayam, sayuran, dan keju.

Jessica Bakery

8. Pannenkoeken atau pancake khas Belanda ini memiliki tekstur lebih tebal dan rasa yang manis. Biasanya disantap sebagai makanan penutup dengan topping berbagai buah seperti pisang, apel dan diberi tambahan keju.

Kroger

9. Sama seperti waterzooi, erwntensoep disantap saat musim dingin tiba di Belanda. Sup hangat dengan kuah kaldu yang kental dan gurih ini juga dikenal sebagai sup ercis.

Watercook

10. Stamppot memiliki rasa dominan gurih dan terbuat dari kentang yang dihaluskan serta dicampur dengan beragam sayuran seperti bayam. Makanan utama ini biasanya disantap dengan sosis asap.

Recipes from Europe

11. Walau terbuat dari ikan mentah, herring memiliki cita rasa gurih dan tekstur yang menyegarkan saat disantap. Olahan unik ini memakai irisan bawang bombai atau acar mentimun sebagai fermentasi untuk "mematangkan" ikan.

BBC

Itulah, 11 makanan khas Belanda yang cocok jadi pilihan wisata kuliner. Tertarik coba yang mana, Bela? 

IDN Channels

Latest from Food