Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi, Asli Bikin Nagih!

Bahkan ada yang sudah diekspor ke luar negeri, lho!

Aisyah Banowati

Rasanya ada yang kurang jika tidak membawa oleh oleh khas Banyuwangi setelah menghabiskan waktu liburan di kota ini. Kue bagiak dan ladang sabrang merupakan dua jenis oleh-oleh yang paling populer dibawa pulang oleh wisatawan.

Teksturnya yang garing dan renyah saat dimakan membuat banyak wisatawan jatuh hati dengan rasanya yang khas. Selain dua camilan populer tersebut, masih ada banyak pilihan oleh-oleh lainnya, lho! 

Berikut rekomendasi oleh oleh khas Banyuwangi yang wajib kamu bawa pulang.

1. Untir-untir

shopee.co.id/Snack Kiloan Termurah Solo

Sama seperti namanya, untir-untir memiliki bentuk seperti obeng yang berulir. Di dalam bahasa jawa, berulir sama dengan untir-untir sehingga camilan yang satu ini dinamai dengan untir-untir. 

Berbahan dasar tepung terigu, untir-untir punya tekstur renyah dengan rasa manis. Camilan yang satu ini mampu bertahan lama asalkan disimpan di dalam wadah tertutup. Karena praktis dibawa, banyak wisatawan yang membeli untir-untir sebagai oleh-oleh.

2. Tape buntut

instagram.com/budiosing

Tape buntut punya bentuk dan kemasan yang unik. Pertama-tama, bentuk tape buntut menyerupai buntut atau ekor binatang. Kedua, berbeda dengan tape lainnya, tape buntut menggunakan daun kemiri sebagai alat untuk membungkus.

Bahan dasar dari tape buntut adalah beras ketan yang diolah dengan ragi tape kemudian disandingkan dengan kue tetel ketan. Rasa manis dan asam dari tape akan berpadu dengan sempurna bersama tetel ketan yang gurih. Tertarik untuk mencobanya?

3. Pia Glenmore

instagram.com/pia_glenmorebanyuwangi

Penamaan Pia Glenmore diberikan sebab pusat pembuatan pia yang satu ini terletak di kecamatan Glenmore, Selatan Banyuwangi. Pia Glenmore biasanya disajikan pada momen Lebaran, dan menjadi simbol keakraban dan kebersamaan keluarga. 

Awalnya, Pia Glenmore hanya memiliki dua rasa, yakni kacang hijau dan pisang. Namun kini, merek yang telah berdiri sejak tahun 1950 tersebut telah memiliki berbagai varian, termasuk di antaranya rasa stroberi, durian, nanas, dan kacang. 

4. Klemben

shopee.co.id/anugrahariani

Klemben merupakan camilan yang menyerupai bolu namun punya tekstur yang garing dan renyah. Bentuknya yang mirip seperti bunga dan ikan dengan rasanya yang manis membuat klemben memiliki banyak penggemar. 

Biasanya, klemben banyak dicari masyarakat lokal menjelang lebaran. Uniknya lagi, klemben khas Banyuwangi masih dibuat dengan cara tradisional, yaitu dipanggang menggunakan tungku tradisional dengan api yang berasal dari kayu bakar. 

5. Kopai Osing

tokopedia.com/kopaiosing

Kopai Osing merupakan kopi dengan biji robusta terbaik dari Desa Telemung yang terletak di Kaki Pegunungan Ijen. Rasa kopi osing yang unik berhasil membuat kopi ini sampai diekspor ke berbagai negara. Bahkan, tak sedikit pejabat negara yang terlihat mampir ke kedai Kopai Osing langsung.

6. Sale Pisang

shopee.co.id/bolu_anisa

,Pada masanya, di era 1980-an, perkarangan rumah masyarakat di Bayuwangi dipenuhi oleh pohon pisang. Saking banyaknya pohon pisang yang ditanam di daerah ini, kabupaten Banyuwangi sampai dijuluki oleh kota pisang.

Berbagai olahan pisang pun dibuat oleh masyarakat, salah satunya sale pisang. Jenisnya pun bermacan-macam, ada sale pisang basah, gulung, dan goreng. Meski mudah ditemukan, namun kabarnya sale pisang khas Banyuwangi adalah yang terenak, lho

7. Banyuwangi Savana Cake

instagram.com/banyuwangisavanacake

Banyuwangi Savana Cake dibuat menggunakan pisang sebagai bahan baku utama. Terdapat lima varian rasa yang merepresentasikan destinasi dan keindahan Banyuwangi, yakni Red Island, Green Bay, Blue Fire, Sunrise of Java, dan Savana Wedi Iren.

Fyi, brand yang satu ini adalah milik penyanyi dangdut Fitri Carlina. Untuk produksinya, mereka memanfaatkan bahan baku yang dibeli langsung di daerah sekitar Banyuwangi yang memang terkenal karena komoditas pisangnya yang melimpah. Untuk harga perkotak dimulai dari Rp55.000. Sudah pernah mencobanya?

Itulah tujuh oleh oleh khas Banyuwangi terkhusus untuk camilan khas dan jenis kopi yang sudah terkenal hingga luar negeri. Dari jenis-jenis camilan di atas, adakah yang sudah pernah kamu coba, Bela?

IDN Channels

Latest from Food