Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Cara Memperbaiki Ritsleting Tas yang Dol, Anti Ribet!

Tips dan trik memperbaiki ritsleting tas yang rusak

Wahyu Fitri Utami

Ritsleting tas yang tiba-tiba rusak memang cukup menjengkelkan. Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan kerusakan pada ritsleting. Misalnya saja karena tidak pernah dilumasi, ritsleting bengkok, ataupun karena gigi atau penahanannya yang hilang.

Alih-alih langsung membeli yang baru, ada baiknya kamu memperbaiki ritsleting yang rusak tersebut. Memperbaiki ritsleting yang dol atau rusak tidaklah sulit, asalkan kamu mengerti caranya.

Jika masih bingung, berikut cara memperbaiki ritsleting tas yang dol. Yuk, simak!

1. Gunakan pensil tulis

freepik.com

Jika ritsleting macet atau tidak mau bergerak, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah melumasi ritsleting dengan grafit yang ada pada pensil tulis. Pensil tulis terbuat dari grafit yang secara umum mengandung minyak alami.

Grafit pada pensil biasanya terdiri dari lapisan karbon yang licin, sehingga dapat tergelincir dengan mudah. Kamu bisa menjadikan grafit sebagai pelumas dengan cara digoreskan atau digosokkan ke jalur ritsleting.

Berikut langkah-langkah memperbaiki ritsleting macet menggunakan pensil tulis:

  1. Siapkan stik grafit khusus yang akan digunakan sebagai pelumas. Namun, jika tidak memiliki stik grafit khusus, kamu dapat menggunakan pensil HB yang lebih mudah dijumpai di rumah.
  2. Setelah itu, gerakkan stik grafik atau pensil tulis ke atas dan bawah pada gigi ritsleting yang dol atau rusak.
  3. Langkah terakhir adalah menggerakkan kepala ritsleting ke atas dan ke bawah sampai ritsleting yang dol tersebut bisa bergerak dengan lancar lagi di sepanjang jalur gigi ritsleting.

2. Gunakan sabun cuci

freepik.com

Alternatif lain yang bisa kamu coba untuk memperbaiki ritsleting dol ialah menggunakan sabun cuci. Sabun cuci jauh lebih licin dibandingkan dengan pensil tulis sehingga dapat membantu menggerakkan ritsleting yang dol.

Berikut tata cara memperbaiki ritsleting dol menggunakan sabun cuci:

  1. Siapkan sabun cuci atau detergen, lalu tuangkan sedikit ke atas piring kecil.
  2. Tuangkan air dengan perbandingan yang sama dengan jumlah detergen yang kamu tuangkan ke atas piring. Setelah itu, aduk hingga merata.
  3. Selanjutnya celupkan korek kuping atau bola kapas ke dalam larutan sabun.
  4. Setelah dicelupkan, ambil bola kapas yang telah dibasahi larutan sabun kemudian balurkan ke gigi ritsleting atau stop yang macet.
  5. Setelah dirasa cukup, sisihkan bola kapas. Selanjutnya, cobalah untuk membuka ritsleting secara perlahan-lahan. Jika ritsletinghanya bergeser sedikit demi sedikit, kembalikan ritsleting ke posisi semula.
  6. Kemudian, ulangi langkah-langkah di atas hingga ritsleting dapat digerakkan kembali dengan lancar.

3. Gunakan petroleum jelly sebagai pelumas

freepik.com

Cara memperbaiki ritsleting tas yang dol ternyata bisa dengan menggunakan petroleum jelly sebagai pelumas. Cara menggunakannya pun terbilang mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan petroleum jelly, kemudian tarik ritsleting perlahan-lahan hingga dapat meluncur dengan lancar lagi di gigi ritsleting.

4. Gunakan lip balm atau lipstik

freepik.com

Jika ketiga cara sebelumnya belum berhasil juga, coba gunakan alternatif lain dengan lip balm atau lipstik. Siapa sangka lip balm dan lipstik yang selama ini kamu gunakan ternyata bisa memperbaiki ritsleting yang rusak, lho! Lip balm atau lipstik ini akan sangat membantu ketika ritsleting tasmu tiba-tiba rusak saat berada di luar.

5. Gunakan lilin atau krayon

freepik.com

Selain lip balm dan lipstik, lilin juga dapat digunakan untuk memperbaiki ritsleting yang rusak. Jika tidak ada lilin, krayon juga dipercaya dapat digunakan sebagai pelumas untuk mengatasi ritsleting yang dol.

6. Gunakan pinset atau tang

freepik.com

Untuk kasus ritsleting tas yang terpisah atau mencuat terbuka, dibutuhkan cara khusus dalam penanganannya. Ritsleting yang mencuat terbuka bisa disebabkan karena gigi ritsleting yang bengkok. Gunakan pinset atau tang berujung runcing untuk meluruskan gigi yang bengkok.

Carilah gigi ritsleting bengkok dan gunakan pinset atau tang untuk menarik gigi tersebut agar lurus. Hati-hatilah ketika menarik ritsleting agar tidak menarik gigi hingga keluar dari pita ritsleting. Setelah itu, buka dan tutuplah ritsleting hingga bisa digunakan kembali.

Demikian enam cara memperbaiki ritsleting yang dol dengan mudah dan anti ribet. Sekarang kamu tidak lagi kebingungan saat ritsleting tasmu dol, deh!

IDN Channels

Latest from Style & Trends