Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kumpulan Aksesori Kebaya untuk Menyempurnakan Penampilan

Bros hingga kalung

Hafidhza Putri Andiza

Kebaya merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Maka dari itu, kebaya sering digunakan sebagai pakaian untuk acara formal hingga sehari-hari. Namun kebaya rasanya tak lengkap jika tidak menyematkan beberapa aksesori sebagai penyempurna penampilan. Terdapat beberapa aksesori yang bisa kamu gunakan saat mengenakan kebaya. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Selendang

instagram.com/prisia

Selendang merupakan aksesori yang umum digunakan untuk melengkapi kebaya untuk menambah sentuhan elegan dan feminin pada penampilan kebaya. Beberapa kebaya biasa dipadu-padankan dengan selendang motif batik atau selendang polos yang terbuat dari bahan yang lembut dan halus. Memilih selendang dengan warna yang cocok atau kontras dengan kebaya dapat memberikan nuansa yang berbeda dan memperkaya tampilan keseluruhan.

2. Obi belt

instagram.com/happysalma

Obi belt merupakan aksesori yang dapat memberikan sentuhan modern dan unik saat digunakan bersama kebaya. Sabuk ini tidak hanya berfungsi sebagai penahan kain, namun juga sebagai elemen gaya yang menonjolkan lekuk tubuh dan memberikan aksen menarik pada keseluruhan penampilan saat berkebaya. Memadukan obi belt dengan kebaya dapat menciptakan kesan elegan serta menyempurnakan penampilan saat mengenakan pakaian tradisional.

3. Bros

instagram.com/ralineshah

Sudah bukan rahasia jika kebaya paling sering disempurnakan dengan bros sebagai aksesorinya. Bros dapat digunakan untuk mempercantik area tertentu, seperti di bagian kerah atau dada, sehingga memberikan aksen yang menarik dan menyempurnakan gaya berpakaian tradisional ini. Awalnya, bros dapat dibuat dari berbagai macam bahan, seperti logam mulia, seperti emas atau perak, perunggu, kuningan namun kini telah semakin beragam menggunakan material kristal, manik-manik, kayu, keramik, kaca, hingga plastik.

4. Kerongsang

instagram.com/karinanadila8921

Kerongsang adalah sejenis perhiasan tradisional yang sering digunakan sebagai aksesori dalam busana kebaya yang disematkan pada bagian dada. Bentuknya biasanya berupa bros atau peniti besar yang dihiasi dengan batu permata atau manik-manik, yang diperkaya dengan ukiran indah. Fungsi utama kerongsang adalah untuk menyematkan dan merapikan kebaya, sekaligus memberikan sentuhan estetika yang elegan dan klasik. Kerongsang juga menjadi simbol status sosial dan kekayaan, serta mencerminkan kearifan lokal dan warisan budaya Indonesia. 

5. Kalung

instagram.com/therealdisastr

Nggak hanya sebagai aksesori sehari-hari, kalung juga menjadi aksesori yang bisa disematkan di leher saat mengenakan kebaya. Kalung bisa terbuat dari berbagai bahan emas, perak, mutiara, atau batu permata. Selain sebagai penyempurna penampilan, pemilihan kalung yang tepat juga memberikan kesan elegan serta menunjukkan kepribadian pemakainya.

IDN Channels

Latest from Style & Trends