Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Arti Cincin di Jari Telunjuk Wanita

Trend fashion hingga melambangkan status

Anindita Hanadhyas

Cincin yang merupakan aksesori yang saat ini bisa dipakai siapa saja ini sudah dikenakan sejak zaman kuno oleh golongan bangsawan. Masing-masing jari juga memiliki arti tersendiri, seperti jari manis yang secara universal menjadi tempat di mana cincin tunangan disematkan.

Kali ini, Popbela akan membahas deretan arti cincin di jari telunjuk perempuan. Dari mulai status sosial hingga lambang percaya diri, simak di bawah ini.

1. Arti cincin di jari telunjuk sebagai status sosial

instagram.com/fromtinyislands/

Sebagai jari yang dominan, cincin yang dikenakan pada jari telunjuk kanan perempuan bisa menjadi lambang status sosial, seperti kaum bangsawan ataupun jabatan. Nggak hanya posisi cincinnya, simbol status tersebut juga bisa terukir pada cincin yang dipakai.

Jari telunjuk juga bermakna sebagai tujuan, kekuasaan, dan otoritas. Oleh karena itu, cincin pada jari telunjuk ini bisa menjadi cerminan ambisi pemakainya.

Makna lain bagi cincin di telunjuk kiri wanita adalah melambangkan status pernikahan pemakainya yang masih single atau belum menikah. Menarik ya, Bela!

2. Makna memakai cincin di jari telunjuk kanan

pinterest.com

Pada beberapa kebudayaan, jari telunjuk kanan perempuan ini merupakan posisi khusus untuk cincin pernikahan yang akan disematkan pada saat upacara pernikahan. Memakai cincin pada jari telunjuk kanan juga dapat diartikan sebagai keinginan pemakainya untuk punya hubungan spesial.

3. Arti cincin di jari telunjuk kiri

yesstyle.com

Ada masanya di mana mengenakan cincin di jari telunjuk ini khusus hanya untuk bangsawan lho, Bela! Dilansir dari diamondsfactory.co.uk, pada masa itu, tamu akan berlutut dihadapan raja maupun ratu dan mengecup cincin pada jari telunjuk mereka sebagai tanda penghormatan.

4. Makna cincin di jari telunjuk sebagai lambang percaya diri

whowhatwear.com

Seiring perkembangan zaman, mengenakan cincin di jari telunjuk kerap kali dilihat sebagai simbol percaya diri hingga keberanian. Jari telunjuk perempuan menjadi jari yang spesial untuk melambangkan personal style serta kepribadian pemakainya. Mengenakan cincin pada jari telunjuk ini dapat memberikan rasa positif dari kekuatan dan kemampuan diri sendiri.

5. Arti cincin di jari telunjuk perempuan sebagai tren fashion

pinterest.com

Yup! Selain melambangkan otoritas maupun status pernikahan, cincin yang merupakan salah satu aksesori andalan tentunya nggak kelewatan menjadi bagian tren yang sedang hits. Memakai cincin di jari telunjuk bisa menjadi detail yang menambah kesan menarik dan unik dari penampilanmu.

Bentuk cincin yang besar dan nggak biasa seringkali dikenakan oleh para fashionista di jari telunjuk mereka sebagai statement.

6. Sebagai penanda anggota keluarga

pinterest.com

Mungkin belum banyak yang tahu, kalau ada beberapa anggota keluarga yang menggunakan cincin sebagai penanda anggota keluarga. Biasanya untuk cincin ini sendiri dikenakan di telunjuk kanan agar lebih mudah untuk dilihat. Selain itu, biasanya dalam cincin tersebut tertulis nama besar atau nama belakang dari keluarga. 

Jenis cincin ini sering kali dipakai oleh mereka yang berasal dari keluarga kaya maupun berkecukupan. Tidak heran apabila banyak juga yang menjadikannya sebagai salah satu bentuk status sosial. Jadi bagi mereka yang memiliki jenis cincin ini jelas akan menjadi kebanggan tersendiri ketika dikenakan. 

7. Menunjukan kepribadian yang penuh percaya diri

pinterest.com

Terakhir, penggunaan cincin di jari telunjuk juga bisa sebagai penunjuk kepribadian yang dimiliki. Bagi mereka yang memiliki kepercayaan diri dan ambisi tinggi biasanya menunjukannya dengan menggunakan cincin di jari telunjuk. Lebih khusus lagi, jari telunjuk sebelah kanan yang dikenakan cincin adalah penegas dari kepribadian yang dimiliki.

Ini biasanya dilakukan bukan tanpa sengaja, tapi memang sudah terkonsep dari alam bawah sadar. Jadi bagi kamu yang ingin mengecek kepribadian seseorang, tidak ada salahnya mengecek pemakaian cincin di jari telunjuknya. Ini pastinya membuat kamu tidak perlu repot-repot menebak kepribadian yang dia miliki. 

Itulah arti cincin di jari telunjuk kanan dan kiri wanita. Kamu biasa pakai dimana, Bela?

IDN Channels

Latest from Style & Trends