Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Monica Sembiring, Miss Indonesia 2024 dari Sumatera Utara

Ia menaruh perhatian khusus untuk isu pemberdayaan perempuan

Zikra Mulia Irawati

Monica Sembiring resmi dinobatkan sebagai Miss Indonesia 2024. Ia merupakan perwakilan dari provinsi Sumatera Utara. Penyerahan mahkota dilakukan langsung pada Rabu (29/5), oleh Audrey Vanessa yang sebelumnya menyandang gelar Miss Indonesia 2022.

Lantas, seperti apa latar belakang Monica Sembiring yang berhasil mengalahkan perwakilan dari 37 provinsi lain ini? Simak rangkumannya.

Biodata Monica Sembiring

instagram.com/monica.kezia

Monica Sembiring lahir dengan nama lengkap Monica Kezia Sembiring, pada Januari 2002. Ia diketahui merupakan anak bungsu dari dua bersaudara.

Akun Instagram pribadi miliknya adalah @monica.kezia. Melihat dari histori unggahannya, akun tersebut tampak sudah digunakannya sejak masih duduk di bangku SMA. Di sana ia kerap membagikan potretnya saat sedang berpelesir ke berbagai negara hingga menghadiri konser sejumlah musisi ternama seperti Coldplay dan NIKI.

Pendidikan dan prestasi Monica Sembiring

instagram.com/monica.kezia

Monica Sembiring pernah bersekolah SMAN 1 Medan dan melanjutkan pendidikannya di Universitas Diponegoro jurusan Teknik Kimia. Dalam salah satu unggahannya, ia membagikan kabar kelulusannya yang dibarengi dengan predikat cumlaude.

Di luar bidang akademik, Monica memiliki prestasi yang tak kalah cemerlang. Ia pernah menjadi Juara Harapan Indonesia Piano Competition tahun 2013, Platinum Award Indonesia National Piano Festival pada tahun 2014, Juara 2 Podcast Campus Indonesia, Juara 3 Medan Cover Face tahun 2018, dan Juara 1 The Best Model Valentine pada 2023. Keren, ya?

Monica peduli isu pemberdayaan perempuan

instagram.com/monica.kezia

Mengutip dari unggahan akun Instagram resmi Miss Indonesia, Monica rupanya menaruh perhatian khusus untuk isu pemberdayaan perempuan di ranah pendidikan, tempat kerja, dan pelestarian lingkungan. Ia ingin menjadi pelopor dengan cara memperluas akses pendidikan bagi perempuan di seluruh negeri, terutama di wilayah pedesaan.

Cita-cita tersebut perlahan sudah ia terapkan di dunia nyata, lho. Monica pernah berpartisipasi dalam pembangunan Desa Seni di Jawa Tengah dan pengadaan teknologi untuk salah satu smart village di provinsi yang sama. Hal ini sejalan dengan mottonya, "love unconditionally, serve tirelessly, and bring light to the darkest corners of the world."

Popbela mengucapkan selamat untuk kemenangannya. Apakah Monica Sembiring merupakan jagoanmu dalam ajang Miss Indonesia 2024, Bela?

IDN Channels

Latest from Working Life