Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Harashta Haifa Zahra, Miss Supranational 2024 Asal Indonesia

Peduli dengan isu pengelolaan sampah!

Zikra Mulia Irawati

Harashta Haifa Zahra terpilih jadi Miss Supranational 2024. Puteri Indonesia 2024 ini menjadi orang Indonesia pertama yang berhasil memenangkan kontes kecantikan tingkat internasional tersebut. 

Atas prestasi membanggakan ini, tak heran jika banyak netizen yang berujung penasaran dengan latar belakangnya. Simak bersama profil Harashta Haifa Zahra di bawah ini, yuk, Bela!

Biodata Harashta Haifa Zahra

instagram.com/misssupranational

Harashta Haifa Zahra lahir di Garut, Jawa Barat pada 5 September 2003. Ia merupakan perempuan keturunan Sunda yang tumbuh besar di Bandung. Ayahnya yang bernama Ginanjar merupakan seorang pengusaha asal Bandung. Sementara itu, ibunya yang bernama Yeni Yuliani berasal dari Garut. 

Pendidikan Harashta Haifa Zahra

instagram.com/harashtata

Harashta Haifa Zahra saat ini menempuh pendidikan di jurusan Teknik Lingkungan, Institut Teknologi Nasional Bandung. Semasa SMA, perempuan yang akrab disapa Tata ini bersekolah di SMA Negeri 2 Bandung dan sudah lulus pada 2020 lalu.

Perjalanan Harashta Haifa Zahra di kontes kecantikan

instagram.com/harashtata

Perjalanan Harashta Haifa Zahra di kontes kecantikan rupanya menempuh jalur yang tidak instan. Ia mengawalinya dari menjadi kontestan di Mojang Jajaka Kabupaten Bandung 2022. Pada ajang ini, ia terpilih menjadi Wakil II Mojang Kota Bandung 2022.

Berlanjut ke tahun 2024, Harashta Haifa Zahra mulai mengikuti proses seleksi Puteri Indonesia 2024. Ia yang terpilih menjadi Puteri Indonesia Jawa Barat 2024, otomatis melaju ke babak nasional. Ia kemudian mengharumkan nama Jawa Barat dengan keluar sebagai penyandang baru titel Puteri Indonesia 2024.

Sebagai pemenang, Harashta Haifa Zahra lalu diajukan sebagai perwakilan Indonesia untuk Miss Supranational 2024. Pada malam penganugerahan yang digelar di Polandia pada 6 Juli kemarin, ia bersaing dengan 68 kontestan dari berbagai negara. Tak disangka, Ia berhasil keluar sebagai pemenang dan menjadi orang Indonesia pertama yang menyabet gelar ini. 

Vokal suarakan isu pengelolaan sampah

instagram.com/harashtata

Selain memiliki paras yang menawan, Harashta Haifa Zahra memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Ia menginisiasi gerakan Mother of Nature yang berfokus pada isu pengelolaan sampah. Tak heran jika akhirnya ia berkuliah di jurusan Teknik Lingkungan.

Meski terkesan sederhana, isu pengelolaan sampah nyatanya masih luput dari perhatian masyarakat. Oleh karena itu, ia bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengelola sampah organik, terutama sampah makanan. Gerakan ini juga mengampanyekan untuk mengurangi food waste.

Selamat karena telah berhasil menyandang gelar Miss Supranational 2024, Harashta Haifa Zahra!

IDN Channels

Latest from Working Life